tukang ac

Selain Perbaikan AC, Ini 3 Hal yang Dikerjakan Oleh Tukang AC

Pernahkah Anda mendapati AC di rumah atau kantor, tiba-tiba tidak berfungsi? Saat mendapati hal tersebut maka biasanya kita akan mencari penyebabnya terlebih dahulu. Setelah mengetahui penyebabnya, maka kita akan memanggil tukang AC untuk memperbaiki AC yang mengalami kerusakan tersebut.

Namun, sebaiknya memanggil tukang AC tidak hanya saat AC mengalami kerusakan saja. Ada beberapa alasan Anda perlu memanggil tukang AC walaupun AC tidak mengalami kerusakan. Ini dapat dilakukan sebagai upaya merawat AC rutin agar unit AC berumur panjang. Artikel ini akan membahas hal-hal yang umumnya dikerjakan oleh tukang AC.

Tugas Tukang AC

Memasang AC

Memasang AC tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk memasang perangkat AC diperlukan pengetahuan yang luas dan pengalaman. Untuk menentukan letak AC dibutuhkan ketepatan dan ketelitian. AC yang dipasang pada tempat yang tidak tepat, akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari, misalnya sering terkena debu. Bahkan, penempatan AC yang salah bisa menyebabkan kebocoran freon. Memasang AC memerlukan sudut kemiringan yang tepat, karena akan berkaitan dengan air kotor yang akan mengalir melalui saluran pembuangan. Bila posisi AC salah, maka air kotor tersebut akan mengalami kebocoran dan akan membuat air mengalir ke bawah dan akan mengotori lantai.

Oleh karena itu, ketika Anda akan memasang AC pilihlah tukang AC yang sudah berpengalaman. Umumnya, tukang AC yang sudah berpengalaman saat sebelum memasang AC akan memeriksa kondisi AC terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar pemilik AC terhindar dari produk yang cacat, sehingga Anda akan terhindar dari kerusakan AC yang tidak wajar. Selain itu, dengan menggunakan jasa tukang AC yang berpengalaman, maka proses pemasangan AC akan berjalan lancar dan cepat sehingga Anda bisa segera menggunakan AC tersebut.

Mencuci AC

Mencuci AC memang bisa dilakukan oleh pemiliknya sendiri. Namun, cuci AC bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang gampang-gampang susah. Pencucian AC biasanya dilakukan tiga bulan sekali. Karena harus dilakukan secara berkala, maka biasanya pemilik AC akan memanggil tukang AC untuk membersihkan unit AC. Untuk membersihkan AC, dibutuhkan pengetahuan tentang komponen-komponen AC. Misalnya, bagian filter dan bagian indoor. Pengetahuan tentang bagian-bagian ini harus betul-betul dikuasai dan dipahami. Karena apabila Anda tidak paham tentang bagian dari AC dan memaksa untuk membersihkannya, justru AC menjadi kurang berfungsi dengan maksimal.

Pencucian AC ternyata memiliki waktu yang berbeda, karena terkait dengan komponen AC yang memiliki usia pemakaian yang berbeda. Misalnya, pada bagian filter AC sebaiknya dilakukan pencucian dua minggu sekali. Mengingat filter adalah bagian AC yang memiliki kerja berat yaitu menyaring udara yang kotor dalam ruangan. Pembersihan ini dilakukan supaya unit indoor AC selalu bersih sehingga bisa menghasilkan udara yang bersih.

Untuk unit outdoor AC, sebaiknya pencucian dilakukan satu bulan sekali. Hal ini dilakukan supaya unit outdoor selalu dalam keadaan bersih, sehingga kerja mesin AC bisa lebih ringan. Biasanya yang harus disiapkan pada proses pencucian unit outdoor adalah selang kran. Selang tersebut digunakan untuk menyemprot pada bagian kipas dan kondensor. Pembersihan harus dilakukan dengan hati-hati, sehingga sebaiknya Anda menggunakan jasa tukang AC untuk melakukan cuci AC.

Cek Freon AC

tenisi Sejasa sedang mengecek kadar refrigerant atau freon pada AC untuk mengecek penyebab AC tidak dingin

AC yang sudah lama dipasang dan diletakkan pada tempat yang pas, tidak luput dari permasalahan. AC tersebut bisa saja tidak berfungsi dengan baik. Hal ini ditandai dengan udara yang dikeluarkan AC tidak lagi dingin. Padahal AC sudah nyala dan selalu dilakukan pembersihan berkala. Ternyata permasalahan tersebut dikarenakan oleh freon. AC tidak dingin karena kadar freon AC berkurang atau bahkan habis. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan freon oleh tukang AC.

Apabila diketahui kadar freon dalam AC berkurang maka dilakukan penambahan freon. Akan tetapi kalau freon AC tersebut habis maka dilakukan penggantian freon yang baru. Namun sebelum melakukan penggantian freon, harus dicek dulu apakah AC mengalami kebocoran, karena freon yang habis biasanya karena pipa saluran mengalami kebocoran. Sehingga kebocoran tersebut harus ditutup terlebih dahulu baru dilakukan penggantian freon.

Tentunya hal tersebut harus dilakukan oleh tukang AC yang berpengalaman, karena prosedur penggantian freon cukup rumit dan diperlukan kehati-hatian. Bagi Anda yang membutuhkan jasa tukang AC untuk pemasangan, cuci ac, isi atau tambah freon, dan lainnya, temukan di Sejasa.com.

Jika dalam perawatan AC rumah Anda merasa kesusahan, maka dapat menghubungi jasa service AC yang kompeten dan profesional. Anda dapat menemukan jasa perawatan AC di sejasa.com atau Aplikasi Sejasa. Tunggu apa lagi? Segera pesan jasa service AC Sejasa agar AC rumah Anda lebih terawat dan menghasilkan udara yang bersih. Tersedia garansi hingga 30 hari!

layanan service AC Sejasa dengan tukang AC profesional akan membantu untuk perbaikan AC
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *