body massage

5 Manfaat Melakukan Body Massage untuk Kesehatan

Body massage atau terapi pijat kini semakin diminati dan semakin meningkat popularitasnya dalam dunia perawatan tubuh. Dulu, body massage hanya dijadikan sekedar alternatif saja, tetapi sekarang menjadi pilahan yang utama dalam perawatan kebugaran tubuh. Setelah diamati, ternyata terapi pijat ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Bahkan efek dari body massage tersebut dapat dirasakan langsung saat dilakukan  proses pemijatan pada tubuh.

Berikut adalah 5 manfaat dari body massage yang perlu Anda ketahui.

Menurunkan Stress

seorang perempuan yang stres karena banyak permasalahan

Stress akibat tekanan pekerjaan bisa menimbulkan dampak yang kurang baik untuk tubuh. Ketika tubuh mengalami stress maka akan melepaskan zat kimia yaitu kortisol. Adanya kortisol yang tinggi akan membuat Anda cepat emosi, cepat lelah. Nah, dengan melakukan body massage maka dapat menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Dengan turunnya kadar kortisol ini, maka aliran darah kembali normal. Hal ini akan membuat Anda akan merasa nyaman dan tidur jadi lebih nyenyak.

Memperlancar Aliran Darah

Salah satu manfaat jangka panjang dari body massage ini adalah memperlancar aliran darah. Namun, manfaat ini tidak akan Anda dapatkan apabila Anda tidak secara rutin melakukan terapi pijat. Pijatan terapis yang sudah profesional akan memijat daerah yang sakit dengan agak kencang, sehingga tekanan yang terus menerus pada tempat yang sama akan menggerakkan aliran darah masuk ke jaringan dan memperlancar aliran darah. Selain itu, beberapa teknik yang lain seperti memutar, menarik, memijat akan bisa menghilangkan asam laktat pada otot tubuh. Sehingga ketegangan pada otot akan menurun.

Memperbaiki Postur Tubuh

Banyak dari kita yang sering mengalami nyeri atau sakit di bagian punggung, leher dan pegal-pegal pada otot. Kenyataannya ini bisa saja berasal dari kebiasaan postur kita yang buruk, seperti saat duduk ataupun tidur. Dengan kebiasaan yang salah ini maka postur tubuh tidak akan sesuai dengan yang semestinya dan itu akan menimbulkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Oleh karena itu, dengan melakukan body massage secara teratur akan dapat memperbaiki postur tubuh Anda. Hal ini akan mengurangi rasa sakit pada badan yang biasa Anda rasakan.

Pijat untuk sakit punggung apakah manjur? Klik di sini untuk penjelasan selengkapnya.

Membantu Meningkatkan Imunitas

Faktanya bahwa seseorang yang mengalami tingkat stress yang cukup tinggi akan rentan terhadap penyakit dan rawan cedera, baik secara fisik ataupun psikis. Hal ini tentunya akan cukup membahayakan, apalagi disertai asupan gizi yang kurang serta pola tidur yang tidak teratur, maka sistem kekebalan tubuh akan turun. Untuk inilah kita butuh melakukan body massage. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan terapi pijat yang teratur, sistem  kekebalan tubuh akan meningkat. Pada akhirnya, hal ini bisa meningkatkan sel darah putih dalam tubuh yang akan melindungi kita dari berbagai penyakit.

Pelemasan Otot

Tujuan dari pijat tubuh adalah untuk menghilangkan sumber rasa sakit dari tubuh, dengan menghilangkan ketegangan pada otot-otot tubuh, meningkatkan fleksibilitas dan memberikan relaksasi pada otot yang mengalami cidera serta meningkatkan kebugaran tubuh. Terapi pijat akan membantu tubuh melepaskan hormon endorphin (hormon penghilang rasa sakit) yang selajutnya akan diikuti dengan pelepasan hormon dopamin dan serotonin yaitu hormon yang membuat kita gembira. Keseimbangan hormon ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan fisik dan emosional yang mana akan dapat menenangkan syaraf. Hal tersebut mampu meningkatkan kualitas hidup.

Itulah beberapa manfaat melakukan body massage, yang mana apabila bisa dilakukan dengan teratur akan menyehatkan secara fisik maupun mental. Bagi Anda yang membutuhkan layanan body massage dapat memesannya di sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Anda dapat menemukan terapis pijat terbaik dan profesional. Layanan Massage Sejasa melayani pijat tubuh dan dengan variasi layanan yang lainnya seperti reflexology, face acupressure serta scrub.

layanan Massage Sejasa tersedia untuk kebutuhan pijat panggilan
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *