back pain sakit nyeri punggung

Pijat untuk Sakit Punggung, Apakah Manjur? Ini Jawabannya

Pijat menjadi alternatif pengobatan sakit di punggung. Apakah hasilnya efektif? Apa jenis pijat yang tepat untuk mengatasinya? Artikel ini akan membahas tuntas tentang sakit punggung dan bagaimana pijat dapat mengurangi rasa sakitnya.

Pengertian

Sakit punggung adalah nyeri yang dirasakan di sepanjang tulang belakang yaitu dari leher belakang hingga tulang ekor. Ketika seseorang terkena sakit punggung, otot dapat mengalami nyeri dengan sensasi seperti terbakar atau tertusuk. 

Bila sudah menjalar ke bagian kaki, sakit ini akan lebih parah apalagi ketika berdiri, berjalan, menekuk badan, atau mengangkat beban.

Sakit punggung dapat disebabkan oleh aktivitas atau kondisi tubuh tertentu. Hal ini dapat dialami oleh siapa saja, bahkan anak muda. Semakin menua, peluang terjadinya nyeri punggung akan meningkat.  

Penyebab nyeri punggung

Secara umum, nyeri pada bagian punggung bukan suatu kelainan, melainkan gejala dari berbagai jenis penyakit. Akan tetapi, jika tidak diketahui penyebabnya secara pasti, gejala ini akan semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nyeri ini dapat muncul karena ruas tulang belakang bermasalah. Termasuk juga jaringan di sekitarnya, seperti otot, saraf, serta pembuluh darah. Gangguan organ juga dapat memengaruhi terjadinya sakit punggung, misalnya gangguan ginjal.

Beberapa penyebab timbulnya sakit punggung yaitu:

  • Mengangkat beban berat
  • Postur tubuh yang buruk
  • Jatuh
  • Kurang olahraga
  • Beraktivitas sambil duduk secara terus-menerus
  • Otot tegang atau keseleo bagian ligamen
  • Duduk terlalu lama
  • Terlalu lama membungkuk saat beraktivitas 
jasa pijat panggilan body massage

Manfaat pijat untuk sakit punggung

Pijat dapat bermanfaat untuk mengurangi nyeri punggung. Dalam konteks penyembuhan sakit punggung, pijat memberikan beberapa khasiat seperti:

  • Mengurangi atau menghilangkan rasa sakit
  • Memberikan sensasi rileks pada otot tegang
  • Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh
  • Meredakan stres 
  • Mempercepat pemulihan 
  • Pelengkap penyembuhan tradisional, seperti minum obat pereda nyeri dan kompres es/air panas

Penelitian tentang pijat

Sebuah penelitian diterbitkan oleh Universitas Kentucky dan Universitas Indiana dalam jurnal Pain Medicine tahun 2017. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pijat dapat membantu orang-orang yang mengalami nyeri punggung bawah. 

Dengan mengajak 104 partisipan yang menderita gejala ini, masing-masing orang mendapatkan treatment selama sekitar lebih 12 minggu. Partisipan mendapatkan sesi terapi 10 kali selama periode tersebut. 

Hasilnya, sebanyak 50% partisipan mengungkapkan bahwa mereka membaik. Tujuh puluh lima persen di antaranya menyatakan kondisi mereka tetap membaik setelah 24 minggu.

Dalam negeri ada penelitan dari Universitas Airlangga yang melakukan penelitian terhadap efektivitas pijat dalam upaya penyembuhan nyeri punggung bawah. Studi ini menerapkan pijatan Swedish, akupresur serta herbal selama 12 kali serta pemberian herbal kunyit selama 42 hari. Hasilnya, pasien merasa lebih nyaman dan rasa nyeri punggung bawah berkurang. 

Pijat untuk sakit punggung 

Apa jenis pijat yang cocok untuk sakit/nyeri punggung? Ada berbagai macam jenis pijat yang dapat dipilih untuk meredakan nyeri punggung dan tubuh secara keseluruhan. 

Tipe Swedish adalah yang paling umum digunakan sebagai terapi. Jenis pijatan ini melakukan penekanan pada tubuh secara lembut dan lama dengan bantuan minyak atau losion.

Jenis pijat lain untuk masalah ini misalnya:

  1. Shiatsu massage: pijat ala Jepang yang menitikberatkan pada area yang membutuhkan pijatan dan penekanan pada saraf tertentu.
  2. Trigger point massage: semacam body massage dengan memfokuskan area otot yang mengalami tegang.
  3. Deep tissue massage: pijat seluruh tubuh dengan memberi penekanan agar tegang di jaringan ikat dan otot dapat berkurang.

Pijat yang tepat untuk sakit punggung atas

Secara spesifik, sakit punggung ini dirasakan pada bagian leher dan bahu. Jenis pijat yang cocok untuk nyeri punggung atas yaitu trigger point therapy. Nyeri pada bagian ini berasal dari simpul otot di sekitar tulang belikat. Teknik pijat tersebut menargetkan simpul otot yang menjadi sumber nyeri.

Trigger point therapy berguna untuk mengembalikan ketidakseimbangan pada otot, mengurangi rasa sakit, serta mempercepat penyembuhan. Terapis akan meregangkan otot lalu memberi tekanan pada simpul otot. Tekanan yang tepat akan meredakan otot tegang sekaligus menyembuhkannya.

Pijat yang tepat untuk sakit punggung bawah

Nyeri pada punggung bawah kerap dialami oleh banyak orang. Biasanya, keluhan ini diatasi dengan Swedish dan deep tissue massage. Namun, tak jarang orang memilih teknik pijat Shiatsu demi menghilangkan nyeri punggung bawah.

Deep tissue menargetkan lapisan otot dalam dan jaringan ikat. Tipe ini sering digunakan untuk otot tegang yang kronis, nyeri otot, gangguan postur, dan ketegangan yang berulang.

Oleh sebab titik penyembuhan berada pada jaringan otot dalam, pasien dapat mengalami ketidaknyamanan. Bahkan badan justru mengalami nyeri sebelum benar-benar sembuh.

Shiatsu massage menjadi alternatif meredakan nyeri punggung bawah karena hasilnya efektif. Pada teknik ini, terapis akan memberi penekanan pada bagian tubuh yang berbeda secara ritmis. Titik fokus Shiatsu adalah meridian tubuh, jalur lalu lintas energi dalam badan kita, untuk meningkatkan aliran energi yang menyembuhkan.

Uniknya, pada sesi terapi, pasien tetap menggunakan baju. Namun, hal tersebut tidak mengurangi khasiatnya sebab tekanan pijatnya akan terasa hingga bagian dalam.

Kesimpulan

Pijat mungkin dapat membantu meredakan rasa nyeri pada punggung dalam jangka pendek. Akan tetapi, apabila Anda berencana untuk melakukan sesi pijat dalam waktu yang cukup lama, konsultasikan ke dokter terlebih dulu dan gunakan jasa prosefional. Pesan jasa pijat profesional dan lokal sesuai lokasi Anda.

jasa pijat panggilan body massage
Referensi

Back pain https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/back-pain/symptoms-causes/syc-20369906

Got Back Pain? Types of Massages That Can Help https://www.mymoonstonemassage.com/got-back-pain-types-of-massages-that-can-help

Is Massage Therapy Effective for Treating Low Back Pain? https://www.sapnamed.com/blog/is-massage-therapy-effective-for-treating-low-back-pain/

Journal of Vocational Health Studies www.e-journal.unair.ac.id/index.php/JVHS Massage Therapy for Back and Neck Pain https://www.verywellhealth.com/massage-for-neck-and-back-pain-89164

Pengertian Nyeri Punggung https://www.alodokter.com/nyeri-punggung

Trigger Point Therapyhttps://www.physio.co.uk/treatments/physiotherapy/manual-therapy/trigger-point-ther

What is causing this pain in my back? https://www.medicalnewstoday.com/articles/172943

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.