Tips Renovasi Model Rumah Sempit Jadi Lebih Lega

model rumah

Teruntuk Anda yang memiliki model rumah yang sempit namun ingin mengubahnya menjadi lebih lega, maka perlu adanya renovasi. Umumnya, masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan, mengalami permasalahan untuk tempat tinggal yang sempit karena memang tidak punya budget banyak untuk beli lahan yang luas. Untuk itu, Anda bisa melakukan renovasi pada beberapa bagian rumah agar terlihat lebih luas dan lega untuk nyaman ditempati para penghuni rumah.

Melakukan renovasi rumah sempit dan mungil menjadi lebih fungsional memerlukan beberapa tips khusus. Nantinya setelah renovasi, tentu saja Anda bisa mendapatkan rumah dengan kesan yang lebih lapang.

Renovasi Model Rumah Sempit

Berikut ini beberapa inovasi model rumah sempit yang dapat Anda jadikan referensi. Simak sampai habis ya.

Cat Dinding Warna Cerah

Anda bisa menerapkan warna cerah untuk cat rumah agar terkesan lebih luas dan lapang, apalagi untuk bagian interior. Cara ini terbilang cukup klasik namun masih tetap efektif dan efisien. Anda bisa memilih warna cerah yang aman seperti warna putih pada ruangan rumah yang kecil.

Sebaiknya hindari penggunaan warna cat yang gelap karena dapat membuat rumah yang kecil menjadi semakin sempit. Penyebabnya adalah warna cat yang gelap akan menyerap sumber cahaya yang masuk.

Furnitur Multifungsi

Anda juga bisa menerapkan penggunaan furnitur yang multifungsi sebagai solusi untuk model rumah sempit. Beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan meja dengan laci atau kabinet yang multifungsi yang juga bisa difungsikan sebagai lemari. Meja multifungsi ini bisa ditemukan di toko-toko offline maupun online.

Furnitur multifungsi ini dapat membuat ruangan lebih hemat apalagi untuk rumah yang kecil. Perabotan multifungsi juga bisa diaplikasikan untuk kamar, yakni penggunaan ranjang kasur yang bagian bawahnya dijadikan sebagai laci.

Perhatikan Pencahayaan

Untuk rumah yang sempit, maka perlu adanya pencahayaan yang baik. Anda bisa menggunakan dekorasi lampu gantung atau lampu dramatis, untuk membuat efek ruangan yang mungil menjadi lebih lega.

Berikan pula pencahayaan yang cukup pada setiap ruangan rumah, baik kamar maupun ruang tamu, keluarga bahkan area ruang makan. Pencahayaan yang cukup terutama pada malam hari bisa membuat ruangan rumah jadi lebih luas.

Pengurangan Sekat dan Pintu

Rumah yang sempit akan membuat Anda kurang leluasa untuk bergerak, maka dari itu lakukan renovasi dengan pengurangan sekat dan pintu pada rumah. Sekat antar ruangan dapat membuat ruangan rumah menjadi terlihat sangat sempit.

Jika Anda tetap ingin mengaplikasikan sekat, Anda bisa menggunakan partisi dengan celah atau lubang. Jadi, antara satu ruangan dan ruangan lainnya tetap berkesinambungan.

Jendela dan Tirai Besar

model rumah
house-nerd

Penggunaan jendela dan tirai besar juga dapat membuat ruangan rumah yang sempit jadi semakin luas. Jendela yang besar terutama jika dibuat menghadap keluar akan membuat ruangan punya intensitas cahaya masuk yang lebih maksimal. Anda bisa menambahkan tirai yang besar dan tinggi untuk membuat kesan langit-langit rumah jadi lebih tinggi pula untuk ruangan yang kecil.

Nah, jadi sekarang tentu Anda sudah tahu tips renovasi model rumah sempit menjadi terlihat lebih luas dan lega. Semoga tips ini juga dapat membantu Anda untuk merenovasi rumah yang sempit dengan budget terbatas. Karena proses renovasinya hanya untuk bagian-bagian tertentu dan dilakukan secara efisien.

Untuk Anda yang ingin melakukan renovasi rumah, maka pastikan untuk memilih jasa kontraktor yang profesional. Sejasa dapat membantu Anda untuk menemukan jasa kontraktor bangunan dengan pengalaman dan portofolio terbaik. Dengan begitu, pengerjaan proyek rumah Anda jadi lebih terjamin. Pembayaran aman dan nyaman dengan rekening bersama SejasaPay. Kunjungi sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa sekarang.

model rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.