Punya Rencana untuk Renovasi Apartemen? Perhatikan 5 Hal Ini!

renovasi apartemen

Merenovasi atau membangun kembali apartemen bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda harus cermat mempertimbangkan setiap aspek apartemen sebelum memesan jasa renovasi apartemen. Selain itu, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi apartemen Anda. Apa saja itu?

Renovasi apartemen di gedung apartemen seringkali mengharuskan penyewa atau pemilik untuk mendapatkan izin dari pengelola gedung. Meskipun Anda telah membeli unit, hal itu masih menjadi bagian dari properti manajemen.

Renovasi yang memerlukan pembongkaran pipa, saluran, atau kabel tertentu diharuskan untuk mengajukan ijin terlebih dahulu. Setiap manajemen gedung memiliki prosedur yang berbeda, tapi umumnya semua permohonan harus diajukan beberapa minggu sebelum renovasi. Terutama jika unit apartemen terdekat sudah terisi penuh. Setelah itu, pihak pengelola gedung akan mengirimkan pemberitahuan kepada setiap pengguna di lantai tempat renovasi dilakukan.

Pemilik unit harus melengkapi formulir pengajuan dan menyerahkan spesifikasi bahan yang akan digunakan. Selain menyampaikan deskripsi material, pemilik apartemen sebaiknya melakukan review material dan kontraktor oleh koordinator renovasi apartemen untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi pada saat perbaikan. Di sisi lain, jika renovasi apartemen Anda dalam skala renovasi kecil yang tidak perlu melepas pipa, saluran, atau kabel, biasanya hanya perlu memberi tahu pengelola gedung tanpa mengisi formulir pengajuan.

Pertimbangan Sebelum Renovasi Apartemen

Kebutuhan Ruang

Hitunglah kebutuhan ruang untuk setiap orang yang tinggal di apartemen, serta data aktivitas berdasarkan ruang yang tersedia. Jika apartemen disewakan, pemilik dapat menghemat uang dan menyediakan kebutuhan keluarga, seperti unit 1 kamar, unit 2 kamar atau studio, tergantung jenis apartemen. Selain itu, kita tidak boleh lupa untuk mempertimbangkan kebutuhan stop kontak pada setiap ruangan.

Gunakan Material dengan Harga Terjangkau

Renovasi apartemen tidak selalu menggunakan material yang mahal. Anda dapat menemukan perlengkapan perbaikan dengan harga terjangkau dan kualitas tinggi di toko perbaikan rumah. Contohnya, perbaikan dinding dapat dilakukan dengan wallpaper sebagai pengganti cat. Selain mudah dan cepat dipasang, wallpaper hadir dalam berbagai pola dan warna yang menarik.

Jika Anda ingin mengganti model pintu atau jendela, material PVC bisa menjadi solusinya. Pintu dan jendela PVC umumnya tersedia dalam berbagai model seperti geser, lipat, lipat, selain harganya yang terjangkau. Material ini akan memberikan tampilan minimalis pada apartemen Anda.

Siapkan Alur Aktivitas

Ruang di apartemen sangat terbatas, sehingga alur aktivitas juga terbatas dibandingkan tinggal di hunian. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan furnitur yang tepat di apartemen, dan furnitur multifungsi akan sangat membantu Anda menghemat banyak ruang. Misalnya, menggunakan furnitur sebagai penyekat akan memberikan kesan ruangan yang luas.

Perhatikan Instalasi Listrik, Air dan Lainnya

Saat melakukan renovasi apartemen, penting untuk mengetahui lokasi kabel listrik dan pipa di apartemen Anda. Pembongkaran harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak kabel atau pipa yang ada. Jika Anda ingin memperbaikinya kembali, jangan lupa untuk membuat kabel dan perpipaan sederhana.

Membuat Unit Fokus

Misalnya, Anda bisa menjadikan dapur sebagai unit fokus apartemen karena dapur modern didesain jauh lebih baik sekarang. Juga dapur, tentu saja, rata-rata merupakan elemen integral bagi pemilik apartemen. Membuat dapur terbuka akan membantu menambah ruang. Jika Anda memiliki peralatan dan lemari yang bagus, ini juga akan meningkatkan estetika ruangan.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan saat akan renovasi apartemen, agar terwujudnya hunian yang nyaman. Bagi Anda yang membutuhkan jasa renovasi apartemen ataupun renovasi rumah, bisa membuka website Sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Temukan jasa renovasi apartemen yang berkualitas dan berpengalaman. Transaksi mudah dan aman dengan SejasaPay.

renovasi apartemen
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.