Ini 4 Dampak Buruk Dapur Kotor yang Sering Disepelekan, Segera Renovasi!

renovasi dapur

Membersihkan dapur adalah kegiatan wajib sehari-hari. Hal tersebut penting dilakukan supaya dapur tetap terlihat bersih dan nyaman. Kedua hal itu yang menjadi pemicu semangat kita dalam hal masak-memasak, apalagi jika pembangunan bahkan renovasi dapur sesuai dengan impian kita.

Namun, tidak jarang juga dari sebagian orang yang mengabaikan hal tersebut dikarenakan kesibukan dalam pekerjaan. Hasilnya, dapur menjadi kotor, kumuh dan pastinya menjadi sarang kuman dan bakteri berbahaya. Dapur yang kotor tentu berdampak buruk bagi para penghuninya. Selain memberikan kesan tidak nyaman, dapur kotor juga dapat menjadi sarang penyakit. Berikut 4 hal buruk yang akan terjadi jika Anda mengabaikan kebersihan dan keindahan dapur.

Menjadi Pemicu Berbagai Penyakit Ringan Hingga Berat

Tidak dipungkiri, bahwa tempat yang kotor dapat menjadi pemicu datangnya berbagai macam penyakit. Berikut beberapa penyakit yang mungkin akan menyerang anggota keluarga Anda, jika kondisi dapur tidak diperhatikan.

Diare

Penyebab munculnya diare tentu dikarenakan makanan yang kurang sehat. Kondisi dapur yang kotor dan tidak tertata dengan baik, membuat makanan di dapur kurang higienis. Hal ini bisa dilihat dari tempat dan berbagai perlengkapan memasak yang kurang dijaga kebersihannya.

Maka dari itu, pastikan kebersihan dan keindahan dapur menjadi hal yang utama. Jika dapur terlihat kotor alangkah baiknya untuk segera dibersihkan, jika memang butuh renovasi dapur agar ruangan dapur lebih fungsional maka segera lakukan tindakan demi menjaga kesehatan dan kenyamanan anggota keluarga Anda.

Demam berdarah

Tempat yang kotor dan lembab tentu disukai oleh nyamuk. Salah satu tempat kotor dan lembab itu adalah ruang dapur kita. Tempat yang digunakan untuk menyimpan berbagai makanan dan masakan, serta digunakan untuk mencuci berbagai macam bahan masakan dan cucian kotor, memicu datangnya nyamuk yang berbahaya.

Hepatitis A

Hepatitis A, bukanlah penyakit yang patut diremehkan. Pasalnya jika dibiarkan terlalu lama bersarang di tubuh Anda, maka akan mengakibatkan penyakit yang lebih serius dan berakibat fatal bagi kehidupan Anda. Salah satu pemicu datangnya penyakit ini adalah adanya lalat yang berkeliaran dan singgah di makanan Anda. Kemudian lalat tersebut meninggalkan bakteri yang berbahaya. Maka dari itu benar-benar waspadai makanan Anda.

Menjadi sarang kuman dan bakteri

renovasi dapur

Berbagai tempat di dapur juga dapat menjadi pemicu sarang kuman dan bakteri, berikut penjelasannya:

Tempat sampah

Tempat sampah merupakan tempat berkumpulnya segala macam bakteri yang memicu berbagai macam penyakit. Maka dari itu, segera bersihkan jika sampah sudah mulai menumpuk. Sebaiknya, rutinlah buang sampah Anda ke tempat penampungannya setiap hari. Dengan begitu sirkulasi udara dapur membaik dan menghindari penumpukan kuman.

Wastafel

Wastafel juga menjadi tempat terbaik bagi jamur, kuman dan bakteri berkembangbiak. Pasalnya tempat ini sangat lembab jadi memungkinkan jamur dan kuman berkembangbiak dengan pesat.

Selain itu, cucian piring yang kotor yang tidak segera dibersihkan, akan menjadi sarang kuman dan kecoa. Bau menyengat pun juga akan ditimbulkan olehnya.

Kulkas

Kulkas yang tidak dijaga kebersihannya juga dapat menjadi sarang jamur dan bakteri. Keduanya bisa muncul dari makanan yang tidak dibersihkan terlebih dahulu, bahkan makanan yang dibiarkan membusuk didalam kulkas.

Menimbulkan Ketidaknyamanan Ketika Memasak

Tentu jika suasana dapur kotor, akan memberi dampak buruk bagi kita dalam hal masak-memasak. Dampak buruk tersebut adalah suasana hati yang tidak nyaman dan hasil masakan yang tidak menyehatkan.

Menyebabkan Adanya Sarang Tikus

Sama halnya dengan jamur dan bakteri, tikus juga senang dengan tempat yang kotor. Maka dari itu, jika selesai melakukan aktivitas, terutama yang berhubungan dengan makanan, alangkah baiknya jika segera di bersihkan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya tikus yang berdatangan.

Jadi bagaimana? Keempat dampak buruk di atas, sangat membahayakan bukan? Maka dari itu, segera renovasi dapur kotor Anda menjadi dapur bersih, cantik dan nyaman.  Untuk merenovasinya, Anda dapat mengunjungi website resmi Sejasa.com atau melalui Aplikasi Sejasa untuk menemukan jasa kontraktor berkualitas dan profesional.

Kontraktor dan tukang bangunan yang akan mengerjakan renovasi dapurAnda adalah mereka yang profesional dan telah terverifikasi. Anda juga dapat mengecek review serta portofolio dari pelanggan sebelumnya. Soal keamanan, tidak perlu khawatir! Ada banyak kemudahan yang Anda dapatkan dengan transaksi melalui SejasaPay, yaitu garansi berupa jaminan uang kembali, perlindungan dengan pembayaran bertahap, perlindungan terhadap penipuan.

renovasi dapur
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.