merenovasi dapur

5 Tips Mudah Merenovasi Dapur Rumah

Ketika Anda ingin merenovasi dapur, selalu pikirkan bahwa Anda harus mencintai dapur tersebut untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, pilihlah desain dapur yang timeless. Desain dapur tidak harus mencolok, tapi gunakan desain yang fungsional. Membuat dapur yang fungsional memang bukan perkara yang mudah, terutama untuk seorang ibu rumah tangga, dapur Anda merupakan representasi dari diri Anda. Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan dapur impian? Simak tips mudah merenovasi dapur di bawah ini:

Fokus Pada Gaya yang Simple

Pantry___Bar_Cam01
Foto: Dapur oleh iCad Interior Designer and Builder

Sebelum mulai merenovasi dapur, coba untuk mengorganisir dan mengatur kembali barang-barang yang Anda butuhkan dan barang-barang yang sudah tidak dapat digunakan kembali agar dapur Anda akan selalu terlihat rapi dan tidak mengundang binatang seperti tikus untuk datang. Memiliki banyak peralatan di dapur tidak selalu menunjukkan Anda adalah koki yang baik. Melainkan, kondisi tersebut dapat menunjukkan sisi Anda yang dapat dikira jorok atau berantakan. Atur kembali barang-barang yang Anda butuhkan di dapur Anda sebelum membeli lemari baru. Dapur seharusnya menjadi tempat yang membuat aktivitas sehari-hari Anda menjadi lebih mudah. Barang-barang di dapur Anda pun harus berada di tempat yang mudah dijangkau. Gunakan kabinet yang kuat untuk menyimpan peralatan memasak Anda. Atur kembali peralatan dan sortir penempatan dari segi kebutuhan untuk mengurangi kesulitan pada saat Anda memasak. 

Pilih Perabot yang Aman

merenovasi dapur
Foto: Dapur gaya minimalis oleh KENT Interior Architect Consultant

Ketika sedang memilih perabot untuk dapur Anda ketika merenovasi dapur, selalu ingat siapa saja yang berada di rumah Anda. Apabila Anda memiliki anak kecil, belilah perabot yang tidak memiliki ujung yang tajam. Pilihlah perabot yang memiliki ujung yang tumpul. Selain untuk keamanan keluarga, perabot yang tumpul dapat memberikan perasaan yang nyaman. Selain itu, beli lemari yang tidak terlalu tinggi dan mudah untuk diakses oleh setiap anggota keluarga, karena apabila Anda atau anak Anda membutuhkan sesuatu di tempat yang terlalu tinggi, resiko kejatuhan barang menjadi lebih tinggi yang akhirnya dapat membahayakan keluarga Anda. Letakkan makanan dan bumbu-bumbu di bagian bawah dan tengah lemari. Untuk peralatan masak, selalu letakkan di bagian bawah lemari untuk mempermudah akses dan menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Untuk peralatan memasak, maksimumkan anggaran untuk membeli kompor, karena kompor merupakan peralatan inti dari dapur Anda. Gunakan budget Anda untuk membeli kompor yang aman dan memiliki daya tampung gas yang terbuat dari bahan yang kuat dengan selang yang tidak mudah renggang. 

Penempatan Perabot yang Tepat

545488_447756251922516_1967943435_n
Foto: Dapur gaya minimalis oleh KENT Interior Architect Consultant

Dalam merenovasi dapur, bagaimana dan di mana Anda meletakkan perabotan Anda sangat berpengaruh terhadap energi yang ada di dapur Anda. Untuk tempat sampah, letakkan dua tempat sampah di tempat yang berbeda. Untuk di dalam dapur sendiri, gunakan tempat sampah kecil yang mudah dibersihkan. Tempat sampah yang besar sebaiknya diletakkan di luar rumah dan jauh dari dapur untuk menjaga kualitas makanan Anda. Selain itu, jangan pernah lupakan keselamatan Anda dan keluarga, letakkan pisau jauh dari jangkauan anak-anak seperti di dalam lemari khusus. Letakkan makanan atau snacks anak-anak di tempat yang mudah dijangkau mereka. Jangan letakkan kompor di bawah jendela karena angin yang melewati tidak bagus untuk feng shui dapur Anda. Kompor sebaiknya diletakkan di tengah ruangan dekat wastafel. Letakkan satu meja pemisah antara kompor dan wastafel. Selain aman, akses Anda menuju air akan menjadi lebih mudah apabila terjadi kejadian yang berbahaya.

Pilih Bahan Material yang Sesuai

01-Heni_s_Kitchen
Foto: Dapur bertema kayu oleh LOMAF Architect & Interior Designer

Sudahkah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari material yang digunakan untuk dapur Anda? Ada empat material yang sering digunakan di dapur:

  • Marbel: Apabila Anda memiliki dapur yang tidak ada jendela, gunakan bahan marbel untuk menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman. Selain materialnya yang elegan, marbel sangat mudah untuk dibersihkan, mempermudah aktivitas Anda di dapur.
  • Kayu: Untuk sensasi lebih alami, gunakanlah perabotan yang terbuat dari kayu. Walau lebih sulit untuk dirawat karena Anda harus menggunakan pembersih khusus, kayu memiliki bau yang khas yang dapat menciptakan suasana dan sensasi yang lebih alami di dapur Anda.
  • Plastik: Hindari plastik di dapur Anda karena plastik sangat mudah terbakar dan bahannya pun tidak ramah lingkungan.
  • Porselen: Gunakan material porselen untuk lantai karena mudah untuk dibersihkan dari bahan makanan, materialnya yang sangat kuat dan harganya juga terjangkau.
Foto: Dapur oleh Artwork 77 Interior
Foto: Dapur oleh Artwork 77 Interior

Ketika merenovasi dapur Anda, selalu pikirkan ruang yang Anda butuhkan untuk bergerak ketika sedang memasak. Pastikan ruangan yang Anda miliki antara kompor, meja, wastafel, dan kulkas cukup besar untuk mengurangi resiko ketumpahan, kejatuhan atau bahaya lainnya. Terutama dengan adanya anak kecil, Anda membutuhkan ruangan yang cukup untuk menciptakan jarak antara anak-anak dan peralatan dapur ketika Anda sedang memasak. Selain itu, ruangan dapur dapat lebih mudah dibersihkan dan dirapikan tanpa resiko terbentur atau terjatuh.

Temukan Rekomendasi Renovasi Dapur di Sejasa.com!
renovasi dapur

Dapur merupakan tempat yang sangat penting untuk Anda dan keluarga. Selain untuk menjadi tempat untuk aktivitas memasak, dapur juga menjadi salah satu tempat yang dituju, karena seringkali dapur juga tergabung dengan ruang makan.

Kunjungi Sejasa.com sekarang dan dapatkan penawaran penyedia jasa renovasi rumah terpercaya. Buat penawaran renovasi dapur Anda di Sejasa.com sekarang!

 

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *