Jangan Sembarang Menentukan Desain Rumah Minimalis! Simak Penjelasan Ini

Desain rumah minimalis kini semakin populer dan kerap menjadi pilihan banyak orang, karena tampilannya yang efisien dan fungsional. Siapapun akan menyukai model rumah ini sebab bisa memanfaatkan lahan yang terbatas untuk membuat rumah dengan gaya minimalis. Namun, tahukah Anda saat melakukan desain ada beberapa kesalahan yang dilakukan?

Saat proses pembangunan rumah dengan konsep minimalis, Anda harus memperhatikan setiap detailnya. Satu kesalahan yang terjadi bisa berdampak buruk pada interior dan eksterior rumah Anda. Untuk itu, simak penjelasan di bawah ini dan pastikan untuk menghindarinya ya.

Penempatan Garasi

desain rumah minimalis

Garasi menjadi suatu area penting bagi Anda yang memiliki kendaraan. Memiliki garasi sangat disarankan agar memberikan kenyamanan bagi Anda dan lingkungan sekitar rumah. Pada hunian minimalis, tempatkanlah garasi pada bagian depan agar saat keluar dan masuk tidak lebih mudah.

Selain itu, Anda bisa mengupayakan untuk mengatur garasi dekat dengan ruangan dapur. Hal ini bermanfaat untuk memudahkan Anda dan anggota keluarga lain saat menurunkan barang-barang dari mobil. Terutama saat pulang berbelanja bulanan. Untuk ukuran garasi, bisa disesuaikan dengan jumlah kendaraan yang dimiliki serta barang lainnya yang mungkin akan diletakkan di garasi.

Penempatan Dapur

Dapur menjadi area penting yang sering didatangi di setiap waktu. Beberapa orang mungkin hanya memiliki satu pintu menuju dapur. Padahal, ada baiknya untuk membuat pintu yang langsung mengarah ke dapur, tanpa harus melewati ruang utama. Dengan memiliki pintu khusus ke dapur, Anda bisa lebih mudah masuk ke dalam rumah tanpa melewati ruang tamu.

Mungkin saja, saat Anda memiliki tamu dan sedang mengobrol hal penting, pembicaraannya malah terputus saat ada orang atau anggota keluarga lain yang masuk ke rumah. Hal ini tentu akan sedikit mengganggu.

Penempatan Tempat Tidur

Dalam penataan furnitur kamar, posisi tempat tidur atau ranjang harus dipahami dengan baik. Seperti yang kita ketahui bersama, pada ruangan kamar tidur terdapat beberapa area yang disesuaikan dengan ukuran tanah rumah. Pastikan untuk lebih teliti saat menempatkan tempat tidur.

Sebaiknya, hindari penempatan tempat tidur yang mengarah atau dekat jendela yang posisinya ke arah jalan raya atau area luar rumah. Ini akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Terutama bagi pekerja kantoran yang bekerja dari pagi hingga sore atau bahkan malam hari.

Mengurangi Perabotan yang Berlebihan

Hunian minimalis kerap didefinisikan sebagai rumah yang nyaman dan sederhana. Oleh karena itu, penting untuk meminimalisir penggunaan perabotan yang dirasa tidak perlu. Perlu diingat pula bahwa rumah minimalis bukan berarti monoton dan tidak unik. Anda tetap bisa membuatnya menarik dengan penggunaan perabotan multifungsi.

Perabotan yang dapat dikurangi adalah meja-meja kecil di sudut ruangan yang malah mempersempit ruangan. Anda bisa menggunakan 1 meja saja yang berukuran cukup besar, sesuai luas ruangan. Pastikan dengan penggunaan 1 meja itu dapat memberikan fungsi yang maksimal sebagai penyimpanan barang-barang penting.

Ragu Dalam Memberi Dekorasi

Menambahkan elemen dekorasi pada rumah adalah hal yang wajib. Oleh karena itu, jangan melupakan pemberian unsur dekorasi ini ya! Dekorasi pada interior mampu menghidupkan suasana rumah. Anda bisa memberi sentuhan dekorasi pada pola atau warna yang kontras pada perabotan Anda. Selain itu, Anda bisa juga membuat satu bidang dinding lebih berwarna dengan menata pernak-pernik dinding minimalis. Jika bingung dalam pemberian dekorasi, Anda bisa dapatkan inspirasinya di sini.

Itulah beberapa kesalahan yang wajib dihindari dalam proses desain rumah. Pastikan Anda tidak melakukannya ya, agar pengerjaan proyek rumah lebih lancar sesuai keinginan dan kebutuhan. Jika membutuhkan bantuan dari jasa profesional, Sejasa siap membantu. Anda bisa langsung menuju website sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa. Kami akan memberikan rekomendasi jasa interior designer dan kontraktor bangunan terbaik dan berpengalaman.

desain rumah minimalis
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.