4 Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Sebelum Membuat Denah Rumah

denah rumah

Dalam proses membangun rumah, membuat denah rumah adalah hal yang sangat penting. Meskipun banyak dari kita adalah orang awam dalam hal ini, setidaknya proses ini akan membuat kita lebih paham mengenai rumah. Dengan mengetahui detail denah rumah, Anda bisa tahu seperti apa kebutuhan rumah yang akan dibangun dan bisa berdiskusi dengan desainer atau arsitek bangunan.

Sebagai orang awam, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam pembuatan denah rumah. Apalagi jika hunian yang akan dibangun dengan konsep minimalis, maka Anda harus paham cara memanfaatkan lahan rumah dengan maksimal. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut.

Poin Penting Sebelum Membuat Denah Rumah

Sebelum membuat denah rumah, pastikan Anda telah merencanakan hal detail lainnya yang berkaitan dengan proses pembangun rumah, diantaranya yaitu:

Perencanaan Desain

Hal pertama yang penting untuk diketahui dengan benar adalah perencanaan desain rumah. Dengan perencanaan yang matang, Anda tidak akan kesulitan dalam menuangkan ide untuk pembuatan denah rumah. Anda dapat menemukan referensi dari internet, majalah interior desain, atau melalui album Sejasa.

Dengan perencanaan yang matang, mampu menghemat waktu, sehingga proses pembangunan rumah bisa berjalan lancar sesuai timeline. Nantinya, Anda tingga berkonsultasi langsung dengan desainer bangunan untuk mengkonfirmasi apakah denah yang dibuat dapat diimplementasikan untuk hunian yang dibangun.

Survei ke Lapangan

Melakukan survei atau melihat langsung keadaan lahan yang dibangun akan memudahkan Anda memahami secara nyata kondisinya. Dengan begitu, Anda bisa tahu kondisi lahan untuk bangunan secara detail, misalnya ada lahan yang tidak rata. Kemudian, Anda bisa berpikir dan berkonsultasi dengan jasa kontraktor bangunan agar pembangunannya berjalan mulus dengan hasil yang maksimal.

Setelah survei langsung, Anda akan lebih mudah dalam membuat denah. Seperti menentukan tata letak ruangan dan pembatasnya. Anda pun bisa mengukur langsung ukuran tanah dan ukuran ruangan-ruangan yang akan dibangun.

Kebutuhan Penghuni Rumah

Membangun rumah berarti kita berupaya memahami kebutuhan penghuni rumah. Anda harus mengetahui dengan jelas berapa orang yang akan menghuni rumah tersebut dengan detail kebutuhan ruangannya. Jika memiliki banyak anggota keluarga, namun lahannya kurang, maka solusinya adalah membuat rumah bertingkat.

Memiliki rumah bertingkat akan membuat hunian Anda lebih fungsional. Area bawah rumah atau lantai satu bisa dijadikan ruangan keluarga, ruang makan, serta dapur. Untuk di lantai atasnya, Anda bisa memaksimalkan ruangan kamar, kamar mandi, serta area ruang keluarga. Dengan mengetahui detail kebutuhan masing-masing anggota keluarga, akan mempermudah Anda membuat denah rumah.

Anggaran Biaya

Dengan mengetahui detail ruangan yang akan dibangun, maka akan mempengaruhi perabotan apa saja yang akan dipakai. Hal ini akan berdampak pada anggaran biaya. Pastikan untuk memilih perabotan yang minimalis dan fungsional. Jika ada perabotan yang dirasa kurang penting, Anda dapat mencoretnya dari daftar kebutuhan. Sebaiknya, hindari perabotan dan barang-barang yang berlebihan, agar pembuatan denah rumah pun jadi lebih jelas.

Itulah 4 hal penting yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuat denah rumah. Jika masih bingung, Anda dapat mengunjungi Sejasa.com. Kami akan membantu Anda dalam menemukan penyedia jasa interior desain atau kontraktor bangunan terbaik dan berpengalaman di bidangnya. Buat permintaan jasa sekarang melalui aplikasi Sejasa.

denah rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.