5 Strategi Dalam Membuat Denah Rumah untuk Pemula

denah rumah

Untuk yang berencana membuat rumah, tentunya Anda memiliki denah rumah impian yang ingin direalisasikan dalam bentuk konsep denah sebenarnya. Namun, mungkin Anda akan merasakan kendala di mana Anda sebagai orang awam dan tidak tahu cara membuat denah yang benar. Padahal, sebenarnya Anda hanya perlu mengetahui beberapa strategi dalam pembuatan denah terutama untuk para pemula dengan cara yang mudah. Simak penjelasannya pada artikel ini

Membuat Denah Rumah Mudah

Bagi Anda yang pemula, berikut ini strategi sederhana dalam membuat denah rumah yang tentu saja mudah dipelajari oleh siapapun.

Model Rumah

Penentuan model rumah ini maksudnya adalah, apakah Anda ingin membuat rumah 1 lantai atau bertingkat. Rumah satu lantai ataupun bertingkat tentu saja bisa dibangun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemiliknya. Namun, untuk membuat sketsa maka Anda perlu mengetahui model rumah ini sendiri.

Dalam pembuatan rumah dengan satu lantai, Anda bisa menggabungkan semua ruangan hanya pada satu layout saja. Sementara untuk rumah dengan dua lantai dan seterusnya, maka Anda harus memiliki beberapa layout yakni untuk lantai 1, hingga lantai-lantai berikutnya yang harus digambar secara terpisah. Setelah itu, baru Anda bisa menentukan ruangan apa saja yang harus ada di lantai bawah dan lantai atas.

Banyak Ruangan

Pembuatan denah juga harus punya konsep, di mana Anda mengetahui terlebih dahulu berapa banyak ruangan yang dibutuhkan pada rumah tersebut. Terutama Anda harus mengetahui berapa jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi, ruang keluarga, dapur dan juga garasi. Setiap orang tentu punya kebutuhan yang bervariasi dan tergantung dari keinginan masing-masing.

Ada juga rumah yang membutuhkan banyak ruangan tambahan untuk kebutuhan khusus seperti misalnya ruang studio atau perpustakaan bagi yang suka membaca dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, jika Anda ingin membangun rumah untuk ditinggali oleh keluarga besar maka kebutuhan ruangan di rumahnya akan semakin berbeda.

Ukuran Setiap Ruangan

Setelah mengetahui berapa jumlah ruangan, hal penting lainnya adalah ukuran setiap ruangan agar lebih mudah dalam pembuatan denah rumah. Tiap-tiap ruangan yang di rumah tentu saja punya ukuran yang berbeda-beda, karena setiap ruangan punya kebutuhan tersendiri. Seperti yang paling mudah diperhatikan adalah untuk ruangan kamar tidur utama, ukurannya akan berbeda dengan ruang kamar tidur anak atau kamar-kamar lain.

Anda yang menginginkan kamar dengan penggunaan kamar mandi yang dilengkapi shower atau bathtub tentu punya ukuran berbeda dengan kamar yang hanya punya kamar mandi kecil. Ukuran untuk garasi rumah juga berbeda tergantung dari berapa jumlah kendaraan yang dimiliki. Atau juga bisa dibuat garasi yang besar karena memang berencana ingin menambah beberapa kendaraan di masa depan.

Zonasi Ruangan

Selanjutnya penting juga untuk mengatur yang namanya zonasi ruangan. Zonasi sendiri artinya adalah pengaturan letak ruangan sesuai dengan fungsi dari ruangan tersebut. Misalnya untuk penempatan kamar mandi diluar, sebaiknya jauh dari ruang tamu karena akan tidak nyaman ketika nanti ada tamu yang datang.

Dalam menentukan zonasi ruangan, maka paling penting adalah mengetahui mana area privasi dan area umum yang ada di dalam rumah. Zonasi ini juga sangat membantu untuk tidak mengganggu aktivitas anggota keluarga di dalam rumah, satu sama lain.

Penggabungan Ruangan Dalam Denah Rumah

Setelah beberapa poin diatas, kini Anda tentu sudah bisa menggambar denah rumah dasar. Caranya yaitu dengan menggabungkan semua ruangan yang tadinya sudah dibuat perencanaan, namun perlu diketahui bahwa denah ini masih cukup mentah dan perlu diperbaiki lagi. Menggambar denah dasar, biasanya hanya sebuah garis-garis sederhana untuk menggambarkan bentuk rumah nantinya.

Untuk yang kebingungan dengan pembuatan denah rumah, Anda bisa mencontek alternatif denah rumah terbaik lewat internet atau bisa langsung konsultasi dengan arsitek dan desainer. Dalam menemukan arsitek atau desainer profesional terdekat di kota Anda, saat ini bisa memanfaatkan platform Sejasa. Melalui aplikasi Sejasa dan website sejasa.com, Anda akan lebih mudah dalam menemukan referensi arsitek dan desainer dengan portofolio terbaik. Hunian impian akan terwujud bersama Sejasa.

denah rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.