Harga Service Kulkas Terbaru dan Terlengkap Bulan Ini

harga service kulkas

Kulkas rusak baik itu pada bagian indoor, outdoor, maupun kerusakan sparepart akan sangat memusingkan pemilik rumah. Sebagai alat elektronik vital di dapur, kulkas harus selalu berfungsi dengan baik. Jika tidak, persediaan makanan dan bahan masakan akan segera membusuk dan tidak dapat digunakan. Tapi, sebelum memperbaikinya, ada baiknya Anda mengetahui harga service kulkas terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat memilih penyedia jasa dengan bijak. Berikut rincian harga service kulkas yang diterapkan bila memesan jasa servis kulkas di Sejasa.com:

Harga Service Kulkas

DAFTAR HARGA SERVICE KULKAS

 

Jasa

Harga

Biaya Kunjungan dan Pengecekan*

Rp 75.000,-

Biaya Jasa Service dan Pergantian Sparepart

Rp 100.000,-

Ganti Filter, Pentil, Isi Freon, Flushing (1 Pintu)

Rp 250.000,-

Ganti Filter, Pentil, Isi Freon, Flushing (2 Pintu)

Rp 350.000,-

Las Per Titik

Rp 70.000,-

Pembersihan Unit Kulkas Mini

RP125.000,-

Pembersihan Unit Kulkas 1 Pintu/ Showcase 1 Pintu

Rp175.000,-

Pembersihan Unit Kulkas 2 Pintu

Rp275.000,-

Pembersihan Unit Kulkas Side by Side / Showcase 2 Pintu

Rp400.000,-

Biaya Apartemen

Rp20.000,-

*Biaya akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa
** Biaya tidak termasuk pergantian sparepart, hanya jasa service terkait.
     Biaya jasa tambahan dan garansi sparepart didapatkan dari penyedia jasa

 

Teknisi jujur dan berpengalaman dari Sejasa siap membantu Anda. Tersedia garansi 30 hari!

harga service kulkas

Layanan Service Kulkas yang Tersedia di Sejasa

Pengecekan dan Kunjungan

Bila kulkas bermasalah, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengecek keadaan kulkas. Pengecekan pada kulkas berfungsi untuk mencari tahu penyebab kerusakan pada kulkas. Ada beberapa cara untuk mengecek kulkas, tergantung kerusakannya. Bila kulkas mati, bagian yang harus dilihat adalah colokan listriknya. Bila kulkas tidak dingin, bagian yang harus diperiksa ialah pengatur suhu, aliran udara, serta panas kulkas.

Selain itu, seluruh kabel pada bagian kulkas juga akan dilihat. Teknisi akan memeriksa apakah ada bagian kabel yang terputus akibat gigitan tikus atau hal lainnya. Setelah kabel, teknisi AC juga akan melakukan pengecekan terhadap kompresor kulkas. Apabila tidak bekerja, maka AC membutuhkan reparasi. Perlu diperhatikan, biaya pengecekan di atas hanya dikenakan bila Anda tidak jadi menggunakan layanan servis lainnya.

Service Pergantian Sparepart

Kerusakan pada kulkas dapat disebabkan oleh komponen kulkas yang rusak atau sudah tua. Bila komponen tersebut tidak dapat diperbaiki, terpaksa harus dilakukan penggantian spare part. Beberapa contoh sparepart kulkas yang biasa mengalami kerusakan ialah timer, thermo-fuse, fan-motor, thermo-defrost,  cooper-strainer, serta kompresor kulkas. Harga spare part ini bervariasi, mulai dari sekitar Rp50.000 hingga Rp600.000.

Penyedia jasa service kulkas biasanya juga menyediakan spare part kulkas. Terdapat jenis spare part yang universal, yakni dapat digunakan untuk segala merk kulkas. Namun, ada juga spare part yang dijual khusus untuk merk kulkas tertentu. Pergantian spare part pada umumnya tidak dapat langsung dilakukan pada kunjungan pertama. Hal ini dikarenakan teknisi belum mengetahui spare part mana yang harus diganti.

Ganti Filter, Pentil, Isi Freon, dan Flushing

Filter kulkas merupakan alat yang berfungsi untuk menyaring udara melewati serat alami dan saringan karbon aktif. Oleh karena itu, filter dapat menyingkirkan bau tidak sedap dan mempertahankan aroma asli makanan lebih lama.

Filter yang sudah terlalu kotor akan mengakibatkan penyumbatan pada pipa kapiler sehingga membuat kulkas menjadi tidak dingin. Bila filter kulkas sudah tidak berfungsi maksimal, tentu alat ini harus diganti.

Pentil ialah alat yang berfungsi ketika pengisian freon pada kulkas. Pentil berperan sebagai jalan masuknya freon.

Berbeda dengan AC yang sudah memiliki pentil, kulkas tidak dilengkapi dengan pentil. Oleh karena itu, pentil harus dipasang setiap kali freon diisi. Pentil dipasang dengan cara mengelasnya ke pipa saluran freon. Seperti AC, kulkas juga membutuhkan freon untuk menjaga suhu di dalamnya tetap dingin. Apabila kulkas sudah tidak dingin, pengisian freon perlu dilakukan.

Pengisian freon pada kulkas sebaiknya juga dilakukan oleh orang yang ahli. Dibandingkan pipa kapiler AC, pipa kapiler kulkas berukuran lebih kecil. Oleh karena itu, dibutuhkan ketelitian ekstra untuk mengisi freon ke kulkas. Apabila cara pengisiannya salah, kulkas tidak akan dingin.

Flushing merupakan tindakan untuk membersihkan semua jenis kotoran dari jalur pipa freon. Tindakan ini dilakukan setelah kulkas mengalami kebocoran di pipa-pipa atau evaporatornya. Kebocoran tersebut membuat oli pada kompresor naik ke jalur pipa dan mengendap pada evaporator.

Endapan ini membuat sirkulasi freon menjadi tidak lancar meskipun masalah kebocorannya telah diatasi. Oleh sebab itu, dibutuhkan tindakan flushing.

Las Kebocoran

Kebocoran pada bagian evaporator kulkas membuat kulkas tidak mampu membekukan barang-barang yang diletakkan di dalamnya. Masalah ini dapat disebabkan oleh penggunaan benda tajam ketika membersihkan kulkas.

Kebocoran pada pipa evaporator ini dapat diatasi dengan teknik pengelasan. Pengelasan kebocoran pada pipa evaporator ini biasanya akan dihitung berdasarkan jumlah titik yang mengalami kebocoran.

harga service kulkas
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *