menghilangkan bau kulkas

4 Cara Praktis dan Sederhana Menghilangkan Bau Kulkas

Permasalahan bau kulkas yang tidak sedap merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan setiap orang. Bau kulkas yang busuk membuat kita cenderung tidak nyaman. Selain itu, bisa merusak kualitas bahan makanan dan minuman di dalamnya. Untuk itu, Anda harus segera menghilangkan bau kulkas dengan cara yang tepat.

Lalu, sebenarnya apa yang harus dilakukan untuk menghilangkau bau tidak sedap pada kulkas? Anda bisa temukan jawabannya pada artikel ini.

Cara Praktis Menghilangkan Bau Kulkas

menghilangkan bau kulkas

shutterstock

Anda dapat menghilangkan bau kulkas yang tidak sedap tanpa menggunakan pembersih berbahan kimia yang keras. Cukup dengan melakukan cara-cara praktis dan sederhana ini, dijamin bau kulkas akan teratasi dengan baik. Simak langkah-langkahnya yuk.

Cara 1: Mengatur suhu kulkas

Suhu di dalam kulkas sangat penting. Jika terlalu hangat maka dapat mendorong berkembang biaknya mikroba sehingga mempercepat rusaknya makanan.

Mengatur suhu kulkas adalah tips paling sederhana.Idealnya, kulkas harus berada dalam suhu antara 37-40°Fahrenheit atau sekitar 4°C hingga 5°C. Sedangkan untuk suhu freezer harusnya diantara -18°C dan -17°C atau 0-4°Fahrenheit.

Cara 2: Periksa pintu kulkas

Kebanyakan orang cenderung lupa bahwa makanan atau minuman yang berada di rak pintu kulkas cepat rusak. Semakin tingginya frekuensi pintu kulkas dibuka, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan rusaknya bahan makanan di bagian pintu kulkas.

Meskipun tanggal kadaluarsanya masih beberapa minggu atau beberapa bulan lagi, susu, telur, dan bahan lainnya mungkin sudah menjadi sarang kuman.

Cara 3: Gunakan bahan-bahan alami

menghilangkan bau kulkas

shutterstock

Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai upaya menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas. Diantaranya yaitu:

  • Kopi bubuk
    Tuang sejumlah kopi bubuk pada wadah kecil dan kering, kemudian letakkan di sudut kulkas. Ini berfungsi untuk menyerap bau tidak sedap. Umumnya, bau tersebut akan hilang dalam beberapa hari.
  • Baking soda
    Campuran baking soda dan air kerap dipakai sebagai pembersih yang efektif untuk hampir seluruh permukaan di rumah.
    Untuk mengatasi bau kulkas, Anda bisa menggunakan spons lebab dan baking soda untuk membersihkan semua permukaan kulkas. Cara lain ialah dengan menaruh baking soda dalam wadah kecil, dan letakkan di sudut kulkas untuk menyerap bau.
  • Lemon
    Letakkan irisan lemon di dalam kulkas. Jangan lupa ganti jika kondisinya sudah mulai layu dan tidak segar. Lemon mampu menyerap aroma tidak sedap serta menggantinya dengan aroma segar. Selain lemon, Anda bisa menggantinya dengan kulit jeruk
  • Cuka
    Asam cuka yang kerap dipakai dalam pembersihan di rumah juga bisa digunakan untuk kulkas. Cuka dapat enetralkan semua bau tidak sedap. Tingkat keasaman pada cuka mampu menghancurkan sisa tumpahan makanan di kulkas. Anda bisa memasukkan cuka dan air hangat ke dalam botol spray. Kemudian semprotkan ke dalam kulkas, dan lap dengan kain bersih.
  • Vanila
    Vanila bisa digunakan untuk mengatasi bau kulkas dengan cara merendamkannya pasa kapas. Setelah itu, tinggalkan rendaman kapas dan ekstrak vanilla tersebut di dalam kulkas. Ini berfungsi untuk menetralkan bau di dalam kulkas dan menimbulkan aroma lezat.

Cara 4: Lakukan pembersihan

Jika kulkas Anda masih berbau setelah melakukan cara 1-3, maka saatnya untuk mulai membersihkan kulkas secara meneyeluruh.

Untuk sementara, simpan makanan Anda ke dalam wadah pendingin yang didalamnya terdapat es. Setelah itu, bersihkan area kulkas secara menyeluruh. Mulai dari membersihkan tumpahan, tetesan air, dan seluruh rak penyimpanan. Jangan hanya area yang terlihat yang dibersihkan, tapi area tersembunyi seperti di sudut-sudut kulkas pun harus dibersihkan.

Jika setelah langkah pembersihan masih ada bau yang tersisa, maka sudah saatnya memanggil teknisi. Bau busuk bisa jadi berasal dari area bawah lemari es. Kadang filter air yang rusak atau habis menyebabkan bau yang tidak sedap. Bahkan, mungkin saja terjadi penumpukan di dalam sistem drainase kulkas.

Setelah kulkas bersih dan tidak berbau, masukkan kembali semua bahan makanan dan minuman. Rapikan dan atur kembali kulkas Anda agar tertata dengan baik.

menghilangkan bau kulkas
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *