Faktor Penting yang Mempengaruhi Biaya Bangun Rumah Tingkat 3 Lantai

rumah tingkat

Membangun rumah tingkat adalah salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan rumah dengan banyak ruangan, tetapi tidak punya lahan alias lahannya terbatas. Anda bisa membuat rumah dengan dua lantai bahkan tiga lantai untuk meningkatkan efisiensi ruangan. Namun, hal penting yang perlu dipikirkan ialah perihal biaya. Ini disebabkan oleh banyak orang yang menganggap bahwa biaya pembangunannya jadi lebih mahal.

Anda perlu memahami, bahwa kenyataannya tidaklah demikian. Ada beberapa hal yang memang mempengaruhi jumlah biaya bangun rumah 3 lantai. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Faktor yang  Mempengaruhi Biaya Pembangunan Rumah Tingkat 3 Lantai

Luas Tanah dan Bangunan

Hal pertama yang tentu saja mempengaruhi adalah berkaitan dengan tanah dan bangunan. Untuk Anda yang menginginkan rumah minimalis namun mewah, maka membutuhkan sekitar 600 meter persegi luas tanah. Sedangkan untuk yang ingin membangun rumah lebih besar lagi, maka butuh tambahan 20 meter persegi. Biasanya rumah dengan 3 lantai tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi, tapi juga dijadikan sebagai kepentingan komersial.

Untuk yang memiliki banyak anggota keluarga. maka rumah dengan tiga tingkat seperti ini juga dibutuhkan. Rumah 3 lantai ini juga bisa mendapatkan garasi yang longgar jadi muat sekiranya 2 hingga 4 mobil untuk masuk ke dalam.

Rumah Dengan Garansi Konstruksi

Anda juga perlu perhatikan dari sisi garansi konstruksi selama proses pembangunan rumah. Rasanya bagian konstruksi akan memberikan garansi 3 bulan untuk kekuatan hasil pembangunan rumah. Maka dalam masa garansi, perhatikan bagaimana kekuatan rumah tersebut dengan meneliti bagian kerekatan tembok, kebocoran pipa dan hal lainnya.

Anda juga pastikan bahwa pembangunan rumah tingkat juga meliputi seperti biaya air, pajak dan juga surat izin. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan biaya pembangunan rumah lebih besar karena tidak hanya untuk bahan bangunan tapi juga biaya tambahan lainnya.

Rumah Tahan Gempa

Indonesia sendiri cukup rawan gempa di beberapa wilayah. Maka dari itu, Anda juga harus memperhatikan material yang dibutuhkan untuk membuat rumah tahan gempa apalagi untuk rumah dengan 3 lantai.

Biasanya kontraktor terbaik akan mengerti untuk membangun hunian yang sudah memiliki standar SNI yang berlaku di Indonesia. Jadi, Anda juga perlu berdiskusi dengan kontraktor mengenai desain rumah yang tahan gempa. Pilihlah jasa kontraktor yang memiliki kemampuan komunikasi baik, sehingga Anda dapat berkonsultasi dan menyampaikan detailnya lebih baik demi proses pembangunan rumah yang maksimal.

Desain Rumah

Desain rumah juga akan mempengaruhi biaya pembuatan rumah untuk konsep lebih nyata pada proses pembangunan. Namun, perlu diketahui bahwa untuk pembuatan desain 3D, Anda memerlukan biaya lagi yang harus dikeluarkan. Pastikan memilih desainer yang memberikan revisi ketika desain tidak sesuai dengan keinginan.

Untuk proses desain rumah agar lebih cepat, maka sebelumnya Anda juga sudah harus punya gambaran tersendiri. Anda bisa membuat sketsa sederhana untuk membantu para desainer mewujudkan desain hunian impian. 

Bagi Anda yang menginginkan pembangunan rumah dengan tiga lantai, maka wajib untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi biaya pembangunan rumah agar bisa menekan biaya. Agar proses pembangunan hunian lebih jelas dan maksimal, sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor bangunan.

Bersama Sejasa, Anda bisa menemukan kontraktor rumah terbaik untuk membangun hunian impian. Anda bisa melihat review pelanggan sebelumnya dan portofolio pekerjaan agar lebih yakin dalam memilih jasa. Buat permintaan jasa sekarang melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

rumah tingkat
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.