5 Inspirasi Desain Ruang Tamu Trendi dan Kekinian

desain ruang tamu

Menambahkan dekorasi untuk desain ruang tamu tidak akan sulit jika anda menginginkan desain yang sederhana dan minimalis. Ruang tamu menjadi wajah bagi rumah Anda, tamu serta kerabat yang datang akan menginjakkan kaki pertama kali di ruangan ini. Oleh karena itu, penting untuk memberikan kesan tersendiri pada interiornya.

Tidak melulu memikirkan soal desainnya saja, hal penting lainnya adalah untuk mengetahui bagaimana menciptakan ruang tamu nyaman meski mungkin ruangannya kecil. Anda juga bisa mendapatkan banyak referensi model ruang tamu yang bisa dijadikan acuan untuk mengaplikasikannya di rumah. Dapatkan inspirasinya pada artikel ini.

Inspirasi Desain Ruang Tamu

Berikut ini beberapa inspirasi desain ruang tamu yang bisa Anda coba terapkan. Ada perpaduan warna yang tidak biasa, hingga nuansa unik dan menarik lainnya.

Nuansa Biru Pastel

Untuk Anda yang menyukai ruang tamu dengan cat dinding berwarna putih, maka bisa mencoba warna lainnya yang lebih menghidupkan ruangan yaitu nuansa biru pastel. Anda bisa menempatkan sofa dengan ukuran sedang berwarna biru pastel, untuk mengesankan rumah yang nyaman dan damai.

Tambahkan karpet dengan warna senada baik yang modelnya polos maupun bermotif. Lalu, Anda bisa gunakan ornamen furnitur dengan warna putih tapi menggunakan aksen kayu untuk membuat suasana lebih hangat.

Nuansa Ochre

Berikutnya ada ruang tamu yang bernuansa terang namun memberikan energi bagi siapapun yang sedang berada pada ruangan tersebut. Ochre merupakan pilihan warna yang berenergi untuk menciptakan kesan ruang tamu yang hangat dan bersemangat.

Anda bisa memilih sofa dan gorden dengan warna ochre. Selain itu, tambahkan bantal sofa yang empuk dengan motif ataupun warna netral.

Tema Rustic

Ruang tamu dengan tema rustik saat ini juga populer, karena dapat memberikan kesan ruang tamu yang lebih estetik. Tema rustik sendiri terkesan polos namun bermotif. Untuk membuat tema rumah jadi tidak terlihat monoton, maka Anda bisa menambahkan aksen-aksen warna yang terlihat lebih muda seperti misalnya merah muda atau warna krem. Tambahkan pula hiasan dinding untuk mempercantik suasana ruang tamu.

Ruang Tamu Tema Open Space

Bagi yang memiliki ruang tamu dengan ukuran tidak terlalu besar dan lebih terkesan sempit maka Anda bisa menggunakan konsep open space. Konsep ini lebih menekankan penggabungan antara beberapa ruangan. 

Dalam hal ini, Anda bisa menggabungkan antara ruang tamu dan ruang makan di rumah tanpa adanya sekat atau dinding. Konsep terbuka ini membuat ruang tamu lebih terkesan luas dan juga efisien dalam menggunakan setiap ruangan yang ada di rumah.

Ruang Tamu Gaya Bohemian

Anda juga bisa menambahkan sentuhan kesan gaya bohemian untuk ruang tamu. Ini akan membuat ruangan sangat nyaman dan juga punya nilai estetika yang tinggi. Anda bisa memilih warna-warna netral untuk dinding ruang tamu lalu tambahkan perabotan yang terbuat dari rotan.

Selain itu pilih ornamen yang punya warna netral pula untuk menyesuaikan tema ruangan. Agar terlihat sedikit lebih berwarna, Anda juga bisa menambahkan tanaman artifisial atau tanaman hidup berwarna hijau.

Dari beberapa inspirasi di atas, mana yang menarik dan akan Anda terapkan di rumah? Masing-masing konsep punya ciri khas dan daya tarik tersendiri. Anda dapat memilih konsep yang sesuai dengan selera serta konsep rumah secara keseluruhan. Penting pula untuk menyesuaikan dengan ukuran ruang tamu dan perabotan yang ada. Anda akan lebih mudah mengatur dan menatanya agar lebih cantik.

Apabila masih bingung memilih desain pada ruang tamu, maka Anda bisa menggunakan desainer profesional. Melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com, Anda akan mendapatkan rekomendasi jasa interior desainer terbaik dan profesional. Anda pun bisa melihat review dan portofolio hasil pekerjaan yang telah diselesaikan oleh penyedia jasa.

desain ruang tamu
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *