Catat! Ini 12 Bahan Alami untuk Hilangkan Bau Tidak Sedap di Rumah

bau tidak sedap

Bagaimana jika di rumah tercium bau tidak sedap? Anda tentu sangat tidak nyaman dan segera mencari sumbernya dengan cepat. Bau tidak sedap yang ada di rumah merupakan masalah umum yang dirasakan setiap pemilik rumah, sehingga tidak perlu disesali. Solusinya adalah dengan mengecek seluruh area rumah dan menggunakan bahan alami yang berfungsi menetralisir bau tidak sedap tersebut. Sebagai cara yang efektif dan efisien, Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa item dari 13 bahan alami ini.

12 Bahan Alami untuk Hilangkan Bau Tidak Sedap

Bau yang sangat mengganggu bisa membuat frustasi pemilik rumah, maupun tamu yang mungkin saja datang ke rumah Anda. Aroma ini di rumah bisa muncul dari pakaian, karpet, dapur, saluran air, hingga campuran lainnya yang tercium karena kelembapan. Ketika mulai menyadari adanya bau, segera gunakan bahan alami ini.

Lemon

Aroma lemon yang segar mampu mengatasi bau tidak sedap. Anda bisa memotong lemon menjadi dua bagian dan meletakkannya di area rumah yang tidak terlihat. Cara ini bisa menyegarkan sekaligus menjadi pengharum udara ruangan di rumah Anda.

Baking Soda

Baking soda merupakan bahan alami yang mampu menghilangkan bau busuk di berbagai tempat. Penggunaan baking soda bisa menetralkan pH, sehingga menetralisir aroma tidak sedap. Anda bisa menaruh baking soda pada wadah kecil terbuka sebagai penetralisir aroma di dalam kulkas.

Untuk karpet yang bau, Anda bisa menaburkan sedikit baking soda di atas permukanya. Biarkan semalaman, kemudian vakum keesokan paginya. Teknik sederhana ini bisa membantu mengatasi bau tidak sedap pada karpet. apabila bau tidak sedap tercium pada sepatu, Anda bisa mengatasinya dengan menaburkan soda kue pada koran lalu membungkusnya, kemudian masukkan ke dalam sepatu. Cara ini bisa menyerap bau busuk dan tidak menyebarkan bau ke sudut lain di rumah Anda.

Cuka

Cuka yang diletakkan dengan wadah terbuka akan menghilangkan bau tidak sedap. Anda bisa menyimpannya di sudut mana pun di rumah, terutama di sekitar tempat bau tersebut berasal. Selain menghilangkan bau, cuka juga ampuh sebagai keperluan bersih-bersih, seperti membersihkan meja dapur dan kaca shower.

Aroma asap rokok pun bisa diatasi dengan bantuan cuka. Anda bisa mengambil handuk tangan dan menuangkan sedikit cuka. Kemudian, berjalanlah dengan handuk beraroma cuka tersebut di sekitar rumah untuk mendeteksi sumber bau asap. Perlahan, bau asap rokok akan menghilang dengan bantuan cuka.

Vodka

Cara ini bisa diterapkan dengan menggunakan botol semprot kecil yang telah diisi dengan sedikit air, vodka, dan minyak esensial apapun. Letakkan botol dimanapun Anda mendeteksi bau tidak sedap. Cara yang satu ini mampu menghilangkan bau tidak sedap terutama pada kamar tidur, karena akan menyerap bau dan cepat menguap. Selain itu, ini akan meninggalkan aroma segar di akhir.

Campuran Baking Soda dan Cuka

Kedua bahan ini efektif menghilangkan bau busuk. Untuk area tertentu sepeti kamar mandi yang seringkali menimbulkan bau menyengat, Anda bisa mengkombinasikan cuka dan soda kue. Buat campuran yang terdisi dari sedikit cuka, baking soda, minyak esensial apapun, dan air secukupnya. Masukkan semua bahan ke dalam botol semprot, kemudian simpan di kamar mandi. Campuran ini mampu menyegarkan aroma kamar mandi dan mengatasi bau dengan cepat.

Minyak Esensial atau Minyak Atsiri

Minyak atsiri dapat dipergunakan bersama air untuk mengatasi bau pada lantai. Gunakan beberapa tetes minyak atsiri ke dalam ember berisi air yang akan digunakan untuk membersihkan lantai. Perlu dicatat, bahwa menambahkan minyak secara berlebihan bisa membuat lantai jadi licin.

Kopi

Ampas kopi sangat bagus untuk menghilangkan bau tidak sedap. Disaat Anda mencium sesuatu yang tidak enak, Anda bisa mengambil bubuk kopi di mangkuk kecil dan meletakkannya di area tersebut. Perlahan, Anda akan menyadari bahwa bubuk kopi telah menyerap bau dan bisa meninggalkan ruangan dengan aroma kopi yang menenangkan.

Arang

Arang mampu menyerap bau kuat, sehingga bisa jadi pilihan untuk mengatasi bau tidak sedap di rumah. Anda abisa menempatkan potongan arang pada sudut atau area tertentu di rumah. Namun, pastikan Anda menggunakan arang alami dan bukan yang mengandung cairan.

Koran

Wadah plastik bisa menimbulkan bau yang mengganggu. Sebagai solusinya, Anda bisa meremukkan beberapa lembar koran dan memasukkannya ke dalam wadah plastik tersebut. Selain itu, trik ini juga berfungsi untuk menghilangkan bau pada wadah selain yang berbahan plastik.

Oat

Selain sehat dan lezat, oat juga dapat menghilangkan bau tak sedap. Ambil semangkuk oat, lalu simpan di tempat yang bau. Ini bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasi bau busuk dan menjadikan udara lebih segar.

Garam

Garam adalah disinfektan yang baik dan penghilang bau busuk. Spons yang digunakan untuk membersihkan peralatan makan akan kotor dan mengeluarkan bau busuk. Ini bisa terjadi karena adanya bakteri yang tumbuh. Anda dapat merendam spons dalam air garam selama maksimal 3 jam, lalu mencucinya hingga bersih.

Kapur

Kapur bisa menjadi penghilang bau lembap yang berlebihan. Misalnya, pada bagian dalam lemari terasa lembap, sehingga membuat pakaian bau. Menyimpan kapur dalam lemari mampu menyerap kelembapan dan menjaga area sekitarnya bebas bau.

Itulah 12 bahan alami yang mampu mengatasi bau tidak sedap di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya!

bau tidak sedap
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.