8 Cara Jitu Menjaga Kebersihan Rumah Selama Musim Hujan

rumah bersih musim hujan

Datangnya musim hujan memberikan pertanda baik bahwa musim kemarau telah berakhir. Meskipun begitu, musim hujan akan membawa beberapa hal yang mungkin menimbulkan ketidaknyamanan bagi pemilik rumah. Diantaranya adalah rembesan air hujan, cipratan tanah, dan hal lainnya yang membuat Anda harus ekstra waspada. Meskipun begitu, Anda harus menjaga kebersihan rumah agar tetap nyaman selama musim hujan.

Tim Sejasa telah merangkum informasi penting sebagai panduan bagi Anda untuk menjaga kebersihan rumah selama musim hujan. Simak dan catat ya!

Menjaga Kebersihan Rumah Selama Musim Hujan

Jika Anda adalah orang yang senang melakukan bersih-bersih, maka Anda tentu tidak akan duduk diam disaat melihat sekitar rumah kotor akibat hujan. Apabila bosan dengan rutinitas bersih-bersih, pastikan untuk menerapkan cara-cara brilian berikut ini.

Tempatkan Rak Sepatu di Dekat Pintu Masuk

Sebagian besar noda akan berasal dari area pintu masuk. Terutama apabila Anda dan anggota keluarga lainnya dari luar rumah dan menggunakan sepatu yang kotor. Dengan meletakkan rak sepatu di dekat pintu masuk, akan membatasi masuknya kotoran dan percikan lumpur ke dalam rumah. Pastikan setiap orang membuka sepatu sebelum memasuki rumah, agar kebersihan rumah lebih terjaga.

Bersihkan Diri Sebelum Memasuki Rumah

Setelah meletakkan sepatu pada rak dekat pintu masuk, Anda perlu membersihkan kaki yang mungkin saja kotor. Anda bisa meletakkan ember berisi air dekat pintu masuk atau lap kaki. Setelah mencuci dan menggosok kaki, Anda bisa masuk rumah dengan tenang.

Pisahkan Pakaian Basah

Apabila Anda dari luar rumah saat keadaan hujan, maka setelah masuk ke rumah pastikan untuk memisahkan pakaian basah tersebut. Langsung rendam pakaian tersebut dengan deterjen, untuk menyingkirkan kuman dan noda yang menempel. Selain itu, hal ini juga baik untuk kebersihan dan kesehatan.

Jaga Rumah Agar Tetap Kering

Musim hujan akan menghadirkan kelembaban yang mungkin menyesakkan. Lantai basah mampu mengundang banyak kotoran dan debu. Oleh karena itu, penting untuk menjaga interior rumah agar tetap kering. Anda dapat membuka jendela setiap kali hujan berhenti, agar sirkulasi udara berjalan baik.

Singkirkan Bau Hujan

Kelembaban selama musim hujan bisa membuat rumah bau. Ini disebabkan oleh pintu dan jendela yang tertutup hampir sepanjang waktu. Selain itu, sinar matahari tidak terlalu kuat untuk mengeringkan, sehingga akan terasa lengket dan mengeluarkan bau tidak sedap. Singkirkan bau tidak sedap ini dengan bahan alami seperti cuka, lemon, baking soda, dan minyak aroma therapi.

Bersihkan Lantai Menggunakan Disinfektan

Musim hujan yang serba lembap akan menguntungkan bagi kuman untuk berkembang biak. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan disinfektan untuk menghilangkan kuman sekaligus menjaga kebersihan rumah.

Periksa Sistem Drainase

rumah bersih musim hujan

Saluran air yang tersumbat bisa memberikan masalah baru selama musim hujan. Untuk itu, lakukan pemeriksaan menyeluruh pada saluran air di rumah. Pastikan air hujan dapat mengalir lancar dan tidak ada hal yang menghalanginya untuk mencegah kebanjiran.

Lakukan Deep Cleaning Mingguan

Membersihkan rumah selama musim hujan mungkin akan merepotkan, terutama bagi Anda yang sibuk bekerja. Anda bisa memanfaatkan waktu di akhir pekan untuk melakukan deep cleaning. Pembersihan menyeluruh sangat penting dilakukan agar rumah bersih sepenuhnya dari bagian depan hingga belakang. Dengan rutin menjadwalkan pembersihan menyeluruh, Anda dan keluarga jadi lebih nyaman dan jauh dari penyakit yang tidak diinginkan. 

Cara-cara di atas merupakan langkah kecil yang bisa memberantas kuman dan kotoran di rumah selama musim hujan. Dalam hal pembersihan, Anda perlu memiliki strategi dan jadwal yang jelas agar bisa diterapkan dengan maksimal.

Menggunakan layanan kebersihan pun tentu akan membantu. Anda bisa lebih hemat waktu dan energi dengan menyewa jasa kebersihan seperti daily cleaning Sejasa. Buat permintaan jasa melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com, dan kami akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa terbaik.

kebersihan rumah selama musim hujan
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.