Bahaya! Ini 7 Hal yang Tidak Disarankan Saat Dekorasi Kamar Anak

dekorasi kamar anak

Setiap orang tua pasti memikirkan untuk membuat kamar tidur khusus bagi anaknya yang sudah mulai tumbuh besar. Hal ini tentu berhubungan dengan desain dan dekorasi yang akan diterapkan nantinya. Mendekorasi kamar anak sedemikian rupa hingga terlihat lucu, ceria dan menyenangkan juga suatu kesenangan tersendiri bagi orang tua.

Namun, dengan kesenangan itu, jangan sampai Anda mengabaikan keselamatan anak. Plafon yang kuat dan dengan warna cat plafon yang cerah harus menjadi salah satu pertimbangan dalam dekorasi kamar tidur anak.

Ada 7 hal yang tidak disarankan bagi Anda ketika saat ingin dekorasi kamar tidur anak. Hal ini dikarenakan tidak mengutamakan keselamatan bagi anak Anda. Berikut ulasan selengkapnya.

7 Hal  yang Tidak Disarankan Saat Dekorasi Kamar Anak

dekorasi kamar anak

Memasang stop kontak terbuka

Hal pertama yang sangat tidak disarankan adalah dengan memasang stop kontak terbuka di kamar anak. Ini tentu sangat membahayakan, pasalnya anak-anak belum mengetahui apakah barang itu bahaya atau tidak untuk dibuat mainan.

Stop kontak yang dibiarkan terbuka, memungkinkan  untuk dibuat mainan atau keisengan oleh anak-anak. Hal tersebut dikarenakan daya imajinasi dan rasa ingin tahunya yang tinggi akan segala hal di sekitarnya.

Memakai furnitur kaca

Melakukan dekorasi kamar dengan memakai furnitur yang terbuat dari kaca dan sejenisnya, juga sangat berbahaya. Furnitur atau aksesoris dari kaca sangat tidak disarankan karena bisa berpotensi pecah dan akan melukai anak. Alangkah baiknya furnitur yang Anda jadikan dekorasi adalah furnitur yang ramah anak atau furnitur yang memang khusus digunakan untuk kamar tidur anak.

Memberi karpet tanpa karet slip

Jika ingin memberi dekorasi pada kamar tidur anak, pastikan itu tidak membahayakan. Seperti halnya pemberian karpet. Anda harus mengerti detail karpet yang aman bagi anak. Bukan hanya melihat dari sisi lucunya saja, namun pilihlah karpet yang memiliki pegangan anti selip.

Kegiatan dan tingkah laku ana-anak belum bisa dikondisikan. Jadi jika karpet tidak memiliki pegangan anti slip, maka akan memungkinkan terjadinya gesekan atau gundukan yang menyebabkan anak terjatuh.

Ruangan yang sangat terbuka

Mendesain kamar dengan ruangan yang sangat terbuka juga tidak disarankan. Ruangan terbuka ini misalnya jendela dengan ukuran besar, yang memastikan anak dapat keluar melaluinya. ini juga berpengaruh dalam hal kemungkinan maling masuk ke ruangan tersebut.

Jika memang Anda menginginkan ruang yang terbuka demi sirkulasi udara yang baik, alangkah baiknya jika kunci yang digunakan adalah kunci yang benar-benar rapat dan aman, sehingga anak tidak bisa membukanya.

Tidak memberi tempat penyimpanan barang

Barang-barang di kamar anak tentu sangat banyak sekali, mulai dari mainan, boneka, buku, dan lain sebagainya. Sangat tidak mungkin jika Anda tidak memberi tempat untuk menyimpannya.

Menyediakan area atau tempat tersendiri untuk mainan di kamar tidur, dapat melatih anak untuk disiplin dan teratur sejak dini. Dengan begitu, anak akan terbiasa dengan hidup rapi dan bersih.

Tidak memberi ruang beraktivitas

Selain tempat untuk beristirahat, kamar tidur juga dapat dijadikan sebagai tempat bermain dan belajar. Jangan sampai Anda tidak memberinya ruang untuk hal tersebut. Umumnya, anak-anak akan lebih mengasah kreativitas mereka di tempat pribadi yang nyaman seperti kamar tidur.

Ruang berkreativitas ini bisa Anda sesuaikan dengan hobi anak. Sebagai contoh, jika anak gemar menggambar, maka beri ruang untuk mereka berimajinasi. Selain itu, adanya papan tulis untuk corat-coret juga sangat penting adanya.

Memakai cat tanpa pelindung noda dan bakteri

Pemakaian cat plafon anti noda dan bakteri memang tidak begitu diperhatikan oleh para orang tua. Kebanyakan orang menganggap semua cat itu sama. Padahal, pengaplikasian cat anti bakteri dan noda sangat bermanfaat bagi kesehatan anak. Hal tersebut mengantisipasi adanya corat coret di dinding yang mengakibatkan debu dan noda menempel lebih banyak.

Menggunakan cat dengan warna favorit juga bisa dijadikan pilihan. Pastikan warna yang dipakai untuk cat dinding dan cat plafon senada, sehingga mampu memberi kesan nyaman pada anak.

Jika Anda sedang kesulitan memikirkan bagaimana dekorasi kamar anak dan desain yang aman, Sejasa akan memberi solusi. Anda dapat menemukan penyedia jasa profesional yang akan membantu mendesain atau melakukan renovasi kamar anak. Kunjungi website sejasa.com atau aplikasi Sejasa sekarang. Dapatkan kemudahan dalam mendekorasi kamar idaman anak Anda.

dekorasi kamar anak
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.