Home » HomePage » 5 Ragam Tumpeng Favorit

5 Ragam Tumpeng Favorit

Makanan yang “Indonesia Banget”? Jelas tumpeng jawabannya! Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tumpeng yang menjadi tradisi perayaan di acara besar maupun kecil. Tak hanya karena kelezatannya, kehadiran tumpeng juga membawa diyakini membawa berkah dan keberuntungan. Yuk, kenali model tumpeng yang selalu menjadi favorit masyarakat Indonesia! 

Tumpeng merupakan sajian nasi yang berbentuk kerucut dengan aneka lauk pauk yang ditempatkan dalam sebuah nampan atau tampah besar. Masyarakat Jawa biasanya menggunakan tumpeng pada acara-acara perayaan dan syukur kepada Tuhan, baik acara pernikahan, ulang tahun, peresmian, atau pengajian. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tradisi “tumpengan” justru dilakukan oleh mayoritas orang Indonesia, tak terbatas pada masyarakat Jawa saja.

Dalam tradisi “tumpengan”, biasanya pucuk tumpeng dipotong untuk diberikan kepada orang yang paling penting atau terhormat. Mungkin Anda lebih sering melihat tumpeng dengan nasi kuning, namun sebenarnya nasi yang digunakan bermacam-macam mulai dari nasi putih biasa hingga nasi uduk. Begitu juga dengan lauk pauknya, tidak ada aturan yang baku.

Apakah Anda sedang berencana untuk menggunakan tumpeng untuk acara Anda? Ternyata ada banyak sekali model tumpeng di Indonesia. Di bawah ini adalah 5 model tumpeng favorit di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda!

Tumpeng Pernikahan

Model Tumpeng Pernikahan
Foto: Tumpeng Pernikahan dari Akalpa Catering

Ternyata selain adanya kue pernikahan, orang Indonesia akan melengkapi pernikahannya dengan tumpeng. Tumpeng pernikahan ini berbentuk tabung bertumpuk dengan ujung tetap dalam keadaan runcing yang memperlihatkan sebuah kesuburan. Selain itu, ada beberapa hal yang harus ada seperti jajanan lima warna serta untaian kacang panjang mengelilingi tumpeng.

Tumpeng Robyong

Model Tumpeng Robyong
Foto: Tumpeng Robyong dari Nandyca Catering & Party Service

Kreasi nasi tumpeng ini khusus digunakan untuk upacara dalam khitanan, pernikahan adat Jawa, dan hajatan lainnya yang bersifat sukacita. Ciri khas tumpeng ini di ujung atas tumpeng terdapat telur ayam utuh, terasi bakar, bawang merah utuh, dan cabai merah yang semuanya ditusuk seperti satai menggunakan bilah dari bambu. Lalu di sekelilingnya ditancapi sayur-sayuran sehingga terkesan meriah. Cantik dan lezat sekali tumpeng robyong ini!

Tumpeng Nujuh Bulan

Model Tumpeng Nujuh Bulan
Foto: Tumpeng Nujuh Bulan dari Akalpa Catering

Tumpeng nujuh bulan digunakan pada syukuran kehamilan tujuh bulan. Ini adalah ragam tumpeng yang sangat unik. Yang membuatnya unik dibandingkan tumpeng-tumpeng lainnya adalah adanya 7 tumpeng di dalam satu nampan. Tumpeng ini terdiri dari 1 tumpeng kerucut besar di tengah yang dikelilingi 6 buah tumpeng kecil lainnya.

Tumpeng Tumbuk

Model Tumpeng Tumbuk
Foto: Tumpeng Tumbuk dari Cindelaras

Bosan dengan cake ulang tahun yang itu-itu saja? Nasi tumpeng bisa menjadi pilihan untuk melengkapi perayaan ulang tahun Anda atau kerabat. Tidak ada yang bisa mengalahkan keunikan dan ciri khas tumpeng yang “Indonesia banget”, bukan? 

Ternyata ada juga tumpeng yang dibuat khusus untuk memperingati ulang tahun di umur tertentu. Tumpeng ini disebut dengan tumpeng tumbuk yang memang dibuat dibuat khusus untuk perayaan ulang tahun ke-64. Umur  ke-64 dianggap istimewa menurut orang etnis Jawa dan Tionghoa. Mengapa? Angka 8 dipercaya sebagai angka keberuntungan dan 64 adalah hasil perkalian 8 dan 8.

Ragam tumpeng ini berisi dengan banyak lauk yang dibentuk lucu dan menarik serta adanya kacang panjang yang dikepang dari puncak hingga alas tumpeng yang membuat tumpeng ini eye-catching. 

Tumpeng Megana

Model Tumpeng Megana
Foto: Tumpeng Megana dari Rempah Catering

Tumpeng megana ini cocok sekali untuk Anda yang doyan masakan pedas! Penggunaan urap dan sayur-sayuran lebih “terasa” pada tumpeng megana dibandingkan jenis tumpeng yang lain. Sekeliling tumpeng megana dihiasi urapan bumbu megana, ikan asin, dan bumbunya pun harus pedas. Dalam adat Jawa, tumpeng megana dipasang ketika sedang merayakan “wetonan”, alias hari kelahiran versi Jawa. Unik sekali, ya?

Dapatkan Jasa Catering di Sejasa.com!

Model Tumpeng

Tergiur memesan tumpeng untuk hidangan pada acara Anda? Kini Anda dapat menggunakan jasa catering di Sejasa.com dan Anda dapat memesan tumpeng yang sesuai kebutuhan atau budget Anda.

Untuk lebih meyakinkan Anda dalam memilih jasa catering yang akan menyediakan nasi tumpeng, Anda dapat membaca halaman business profile yang mencakup portofolio hasil pekerjaan dan review dari customer yang sudah menggunakan jasa mereka. Kirimkan permintaan jasa catering Anda dan dapatkan penawaran! 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.