3 Cara Mudah Menghemat Energi yang Bisa Anda Aplikasikan

Seluruh dunia sedang mendukung gerakan hemat energi. Indonesia tentunya tidak ketinggalan. Kampanye hemat energi dengan jargon “Gerakan Potong 10 Persen” sudah dicanangkan sejak tahun 2015 silam. Tenang saja, hemat energi tidak serumit yang Anda bayangkan! Ada tiga trik mudah hemat energi yang bisa Anda aplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

Gerakan hemat energi menjadi perhatian pemerintah karena pertumbuhan ekonomi negara dipengaruhi oleh ketersediaan listrik. Apabila pasokan listrik di setiap daerah tersedia, ekonomi di daerah tersebut pun juga dapat tumbuh dan akan menggerakkan sektor industri daerah sehingga memajukan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melalui “Gerakan Potong 10 Persen”, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun berupaya mengajak seluruh masyarakat untuk berhemat dalam pemanfaatan energi listrik.

lampu hemat energi
Sumber: www.esdm.go.id/potong10persen

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa 10 persen? Menurut pemerintah, 10 persen lebih mudah dilakukan daripada membangun sumber energi sebesar 10 persen karena kita butuh membangun setara 10 megawatt (MW) dan membutuhkan dana sekitar Rp 450 triliun untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi daerah yang belum mendapatkan akses listrik, terutama subsidi listrik tepat sasaran bagi masyarakat yang kurang mampu.

Salah satu cara untuk menunjukkan rasa bakti dan cinta pada negara dan lingkungan adalah dengan mendukung pelaksanaan kampanye hemat energi ini. Ada tiga cara mudah untuk menghemat energi yang bisa Anda aplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Simak uraian singkat berikut.

Matikan Listrik Jika Tidak Digunakan

saklar hemat energi
Sumber: www.esdm.go.id/potong10persen

Hal-hal sederhana di kehidupan sehari-hari seperti mematikan lampu dan mencabut peralatan elektronik yang tidak sedang dipakai dapat membantu penghematan energi. Meninggalkan peralatan elektronik seperti microwave, printer, atau TV dalam keadaan tidak benar-benar mati (stand by) akan mengonsumsi listrik sebesar 20 persen dari total pemakaian. Karena itu, setelah Anda menggunakan peralatan elektronik, Anda harus mematikannya.

Selain itu, pemerintah juga menyarankan Anda untuk dapat menghemat listrik dengan menggunakan Lampu Hemat Energi (LHE) di rumah Anda. Lampu ini dapat menghemat energi hingga 80% dan berumur lebih lama hingga 10 kali lipat dibanding tipe lampu biasa.

Gunakan Peralatan Elektronik Hemat Energi

ac hemat energi
Sumber: www.esdm.go.id/potong10persen

Pemerintah menyarankan untuk menggunakan AC yang memiliki Energy Efficiency Ratio (EER) tinggi karena dapat menghemat energi. Selain itu, Anda juga harus mempertahankan temperatur AC pada 24-27º Celcius. Untuk ukuran orang yang tinggal di negara tropis seperti di Indonesia, temperatur 24-27º Celcius jelas tidak terlalu menghadirkan hawa yang sejuk.

Namun, hawa yang tidak terlalu dingin justru bermanfaat buat Anda. Manfaat pertama adalah karena temperatur AC yang tidak terlalu dingin justru dapat menghemat listrik. Kedua, suhu yang dingin tidak bagus untuk kesehatan Anda karena menyebabkan tubuh kekurangan air dan hiportemia. Bahkan dampak terburuknya bisa mengundang kematian yang disebabkan adanya peningkatan kejenuhan konsentrasi karbon dioksida, serta menurunnya jumlah oksigen.

Untuk itu melakukan service AC secara rutin penting tak hanya untuk menjaga performa AC Anda, namun juga berdampak baik untuk kesehatan. Debu dan kotoran yang menumpuk di AC Anda dapat menjadi salah satu penyebab AC tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, cuci AC minimal 3 bulan sekali untuk mencegah penumpukan bakteri.

Anda tak hanya dapat menghemat listrik dari penggunaan AC, namun Anda juga dapat menghemat melalui penggunaan kulkas yang benar. Anda harus memastikan pintu kulkas tertutup rapat dan mengatur suhunya sesuai kebutuhan.

Jadikan Hemat Energi Gaya Hidup Sehari-hari

stiker hemat energi
Sumber: www.esdm.go.id/potong10persen

Ternyata gaya hidup hemat energi tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Anda bisa memasang pesan, stiker, atau poster hemat energi di rumah Anda, seperti di samping saklar lampu, TV, atau mesin cuci, agar semua anggota keluarga dapat selalu ingat untuk mematikan listrik yang tidak digunakan dan menghemat pemakaian elektronik. Lama kelamaan pasti akan menjadi suatu kebiasaan yang positif di rumah Anda. Yuk, ikut berpartisipasi menjaga lingkungan dengan menghemat energi mulai dari sekarang!

Mari Menghemat Energi dengan Melakukan Service Rutin!

Service AC

Service Kulkas

Service Mesin Cuci

Service Lampu

Jagalah seluruh peralatan elektronik Anda pada performa terbaiknya dan pastikan semuanya dapat bekerja dengan baik. Temukan jasa service AC, service kulkas, service mesin cuci, dan service lampu di Sejasa.com. Anda tidak perlu merasa khawatir karena Anda dapat melihat sendiri business profile para penyedia jasa dan membaca review dari customer sebelumnya. Berikan permintaan jasa service Anda sekarang! 

5/5 (3)

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.