Tertarik untuk Bangun Mezzanine? Simak 4 Tips Ini!

Memiliki rumah dengan lahan kecil bisa diakali dengan pembuatan mezzanine, lho! Mezzanine adalah sebuah ruang yang terletak di antara lantai dan plafon. Biasanya mezzanine dibuat pada rumah bertingkat yang berfungsi menambah ruangan tanpa perlu repot-repot merombak rumah. Tertarik membangun mezzanine di rumah? Sejasa.com punya tips yang menarik untuk disimak sebelum membangun mezzanine. Cek di sini!

Luas Ruangan untuk Mezzanine

Tips mezzanine 1
Sumber: Pinterest

Jika Anda memiliki space ruangan yang kecil, sebaiknya tidak membuat mezzanine yang terlalu besar. Hal ini hanya akan membuat rumah semakin sesak dan padat. Sebelum membuat mezzanine, perhatikan dulu luas ruangan di rumah mu, ya!

Material

Tips mezzanine 2
Sumber: Pinterest

Pemilihan material tidak kalah pentingnya loh, untuk memastikan ketahanan dari bangunan mezzanine. Material dalam membuat sebuah mezzanine sangat beragam, misalnya kayu, baja ringan, atau dak beton, yang bisa disesuaikan dengan konsep desain rumah. Beberapa orang juga memilih material kaca untuk memberikan kesan luas, terbuka, dan terang. Pilih material yang tebal agar mampu menopang beban benda-benda di ruangan tersebut.

Fungsi Mezzanine di Rumahmu

Tips mezzanine 3
Sumber: decoredo.com

Selain estetika dari ruangan rumah, Anda harus menetapkan fungsi dari mezzanine tersebut untuk apa. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan fungsinya dengan denah rumah Anda, apakah sesuai atau tidak. Ruangan dapat ditujukan untuk pribadi misalnya tempat tidur tambahan. Karena ruangannya terbuka dan tidak memiliki pintu, sirkulasi udara menjadi lancar sehingga cocok untuk beristirahat. Ruangan tersebut bisa juga difungsikan sebagai ruangan keluarga, ruang kerja, dan lain-lain. 

Perhatikan Jarak Atas dan Bawahnya

Tips mezzanine 4
Sumber: Pinterest

Pastikan ruang di atas dan bawah mezzanine Anda memadai. Ruang di atas harus cukup untuk Anda berdiri dan bergerak. Ruang di bawah juga harus demikian. Idealnya, mezzanine dibangun dengan tinggi di atas 2,7 meter dan tidak lebih dari 3 meter. Bila tidak memungkinkan, tidak masalah asal fungsi ruang terpenuhi.

Nah, 4 hal dalam pembuatan mezzanine tadi bisa dijadikan patokan sebelum Anda membangun mezzanine. Meski ukuran rumah Anda terbatas, bukan jadi alasan bagi Anda untuk tidak memiliki tempat tinggal yang nyaman!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *