rumah ramah si kecil

Tips dan Inspirasi Rumah Ramah Si Kecil

Bagi Anda yang berencana atau sudah memiliki anak, ada baiknya untuk mulai memikirkan bagaimana membuat rumah yang tepat untuk anak-anak, khususnya saat umurnya masih balita. Rumah ramah si kecil alias anak tersayang bukan hanya dilihat dari aspek keamanan dan kenyamanan saja. Anda juga harus memperhatikan bagaimana tata ruang yang ceria dan menarik untuk ditempati oleh anak Anda.

Secara naluri, anak-anak memiliki tingkat keingintahuan yang sangat tinggi. Hal itu membuat anak menjadi sangat aktif bergerak dan mencari tahu apa saja yang ada di dalam rumah. Oleh karena itu Anda harus memikirkan konsep rumah yang cocok untuk anak Anda.

Suasana ruang kamar anak

Pengerjaan oleh: A+ Plan Architect and Interior

Usia dini adalah saat yang tepat bagi anak-anak untuk membangun imajinasinya. Ubahlah suasana kamar anak Anda dengan mengkombinasikan warna yang atraktif dan ceria. Anda bisa memulainya dengan mengaplikasikan cat tembok atau wallpaper. Banyak pilihan warna yang bisa Anda padukan. Salah satunya adalah dengan menerapkan motif yang terdiri dari dua warna atau lebih. Susunan warna tersebut mampu menciptakan nuansa yang indah dan bersemangat. Penggunaan motif berwarna ini cocok untuk anak di usia 4-6 tahun.

Anda juga bisa menambahkan beberapa furniture pendukung, seperti boneka, lukisan, lemari sebagai tempat penyimpan buku, hingga bentuk ranjang yang bisa dimodifikasi seperti bentuk mobil dan lain sebagainya. Dengan tambahan furniture ini, anak Anda bisa betah bermain di dalam kamar bersama teman-temannya.

Perhatikan lantai ruang bermain

(sumber: dekoruma.com)

Anak-anak di usia balita cenderung bergerak aktif dan sangat suka berlari. Itulah mengapa Anda perlu memperhatikan lantai rumah Anda. Gunakan karpet yang memiliki permukaan lembut dan empuk. Dengan memakai karpet jenis ini, Anda tidak perlu khawatir anak Anda jatuh atau terpeleset saat berlarian di ruang bermain. Penggunaan karpet yang empuk ini juga cocok untuk bayi yang sedang berlatih jalan. Selain aman, melapisi lantai dengan karpet juga akan memberikan rasa nyaman bagi anak Anda saat bermain di ruangan tersebut.

Peletakan furnitur dan barang pecah belah

Ruang bawah tangga
(Sumber: DesainInterior.me)

Memiliki anak kecil berarti harus ekstra hati-hati dalam menyimpan dan menempatkan barang pecah belah. Tempatkan barang-barang yang terbuat dari kaca, seperti gelas, lampu meja, dan vas bunga, ke rak yang tinggi agar tidak mudah dijangkau oleh anak-anak. Agar meminimalisir dampak buruk dari pecahnya barang-barang, ada baiknya Anda mulai menggantinya dengan bahan yang tidak terbuat dari kaca. Misalnya, menggunakan piring atau gelas yang terbuat dari plastik sebagai alat makan sehari-hari.

Sesuaikan konsep kamar mandi

Pengerjaan oleh: Joen Design

Pertama, konseplah kamar mandi Anda menjadi kamar mandi kering. Hal ini berfungsi untuk menghindarkan anak Anda dari bahaya jatuh dan terpeleset. Lalu, ubahlah kloset toilet yang relatif lebih pendek agar memudahkan anak Anda untuk belajar buang air kecil secara mandiri. Selanjutnya, berikan akses yang mudah bagi anak Anda untuk menjangkau wastafel agar bisa belajar mencuci tangan dan sikat gigi sendiri

Butuh Jasa Desainer Interior Rumah Terpercaya?

Dapatkan jasa desainer interior untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa desainer interior sekarang! >>

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.