sejasa 1 million homes served break even point

Satu Juta Rumah Terlayani dan Siap Menuju Jutaan Lainnya!

Sebuah pencapaian yang mengagumkan dari platform penyedia jasa terbaik di Indonesia satu ini. Di masa sulit seperti pandemi COVID-19, Recommend Group justru berhasil mencapai break even point sekaligus memenuhi kebutuhan 1 juta rumah.

Kilas balik ke 2015, ketika awal berdirinya Sejasa sebagai bagian dari PT Recommend Group sebagai sister company dari Recommend.my di Malaysia. Saat itu, jangkauan serta layanan masih terbatas di wilayah Ibukota dan sekitarnya. Penyedia jasanya pun belum sebanyak saat ini. Segenap tim internal tak henti-hentinya menciptakan inovasi demi memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Sejak saat itu, jumlah permintaan terus meningkat yang awalnya terdiri dari ratusan jadi mencapai ratusan ribu pesanan. Sejasa dapat melayani seluruh Indonesia, dengan pasar terbesar di area Jabodetabek. Kini, startup bidang jasa ini tengah berekspansi untuk membangun pasar yang lebih besar di kota-kota lain, seperti Bandung, Makassar, dan Surabaya.

Seiring berjalannya waktu, jumlah mitra dan jenis kategori layanan perbaikan serta perawatan rumah semakin bertambah dari segi kuantitas dan kualitasnya. 

Pada tahun lalu, COVID-19 dinyatakan sebagai wabah penyakit global. Pembatasan sosial gencar dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Akibatnya, perekonomian bidang jasa sempat mengalami kemerosotan. Dampaknya pun sangat terasa bagi para mitra Sejasa di berbagai bidang pekerjaan.

Tak patah arang, seluruh timnya tetap berupaya untuk membangkitkan ekonomi di sektor serupa di tengah masa-masa sulit. Segala usaha dikerahkan dengan tanpa mengorbankan satu pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. 

Layanan Daily Cleaning Sejasa – Instagram @ruma.ciel

Berbagai cara telah dilakukan seperti membuka beberapa kategori jasa baru. Sebut saja kategori bersih-bersih yang meliputi Daily Cleaning, Sedot Tungau, Cuci Sofa, dan yang terbaru yakni Sejasa Style. 

Sejasa Style merupakan layanan perawatan tubuh dari ujung rambut hingga kuku kaki. Layanan tersebut di antaranya Hair Care, Eyebrows & Lash, Nail, dan Waxing. Kategori ini menyasar ke kalangan anak muda yang ingin tampil bergaya melalui perawatan secara eksklusif dan aman. 

Platform ini pun berhasil mengembangkan aplikasi khusus pelanggan yang dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play. Dengan begitu, pengguna iOS maupun Android dapat menikmati pengalaman memesan jasa dengan lebih praktis dan cepat. Para pelanggan pun dapat memesan servis dari Sejasa melalui aplikasi Grab pada menu Clean & Fix. 

Recommend Group melebarkan sayap bisnisnya secara konstan dengan tak membatasi kolaborasi yang masih berjalan bersama beberapa pihak. Termasuk halnya Sejasa yang saat ini sedang dalam proses integrasi dengan beragam platform ternama lainnya.

Meskipun berada di tengah masa sulit, tim Sejasa serta Recommend.my mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas lingkup internal dan eksternalnya. Prosesnya memang tidak mudah, tapi hasilnya berbuah manis.

Terbukti dengan prestasi yang diraih setahun setelah pagebluk muncul. Recommend Group mampu mencapai titik impas atau break even point di bulan Maret 2021. Pada beberapa bulan pertama setelah adanya wabah COVID-19, tidak sedikit startup yang gulung tikar akibat krisis ekonomi. 

Recommend Group dalam acara Startup World Cup 2017

Selain membuka kategori jasa baru dan partnership, perusahaan ini juga menciptakan inovasi dan menerapkan model bisnis yang berbeda. Langkah tersebut mampu membangkitkan bidang usaha di tengah situasi yang terbilang keruh. Dengan konsistensi ini, maka tak heran jika Recommend Group bisa meraih jutaan pengguna bahkan break even point meski ada startup sekelasnya yang terpaksa tutup.

Hal ini menjadi bukti nyata bahwa bisnis penyediaan jasa dapat bertahan sekaligus tumbuh walau sempat terjadi keterpurukan di berbagai aspek. Selanjutnya, Sejasa dan Recommend.my menargetkan untuk terus meningkatkan keuntungan di semester kedua tahun ini melalui berbagai partnership strategis, ekspansi ke kota lain, penambahan kategori, dan peningkatan fitur-fitur baru di aplikasi.

Terlebih lagi, startup tersebut berhasil memenuhi kebutuhan 1 juta rumah. Permintaannya beragam mulai dari jasa service barang elektronik, pertukangan, hingga beberapa kategori layanan terbaru pada startup ini. Tak tanggung-tanggung, semakin ke sini jumlah transaksi yang diperoleh mencapai 10 juta dollar AS per bulannya!

Tim internal Recommend Group

Performa tersebut menunjukkan antusiasme tinggi dari masyarakat terhadap layanan platform ini. Sejasa sangat menghargai sambutan baik dari masyarakat Indonesia maupun Malaysia, baik dari sisi pelanggan maupun vendor. Tanggapan positif tersebut akan menjadi bekal motivasi untuk meningkatkan layanan secara keseluruhan.

Adanya kelesuan terutama di bidang ekonomi, tidak serta merta menyurutkan semangat tim untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Berkat kolaborasi dan kooperasi yang solid antarindividu serta kelompok internal, akhirnya mampu mengantarkan Sejasa menjadi sebuah platform penyedia jasa terdepan di Indonesia serta Recommend.my di Malaysia.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.