Seperti Apa Posisi Duduk yang Benar untuk Kesehatan?

posisi duduk benar

Duduk merupakan posisi yang seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang. Salah satunya dengan kecenderungan duduk dengan posisi asal-asalan dalam waktu yang lama. Padahal, sebuah penelitian menyebutkan bahwa terlalu lama duduk mampu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. Lantas, seperti apa posisi duduk yang benar untuk kesehatan?

Posisi Duduk yang Benar untuk Kesehatan

Semakin berkembangnya teknologi, manusia semakin terikat dengan teknologi dan berbagai perangkat elektronik. Hal inilah yang menyebabkan kita duduk dalam waktu yang lebih lama, sehingga berdampak buruk pada kesehatan.

posisi duduk benar

Sebagai solusinya, pastikan Anda menerapkan langkah-langkah berikut ini untuk bisa duduk pada posisi terbaik.

  • Mulailah dengan duduk di ujung kursi. Putar bahu dan leher ke depan. Perlahan, tarik kepala dan bahu pada posisi duduk tinggi.
  • Dorong punggung bagian bawah ke depan dan menonjolkan lekuk tulang belakang Anda.
    Ini mungkin terasa kurang nyaman di awal, tapi coba untuk menahannya selama beberapa detik.
  • Coba lebih rileks dalam posisi duduk ini. Geser badan kembali ke kursi sampai punggung menempel pada kursi dan pinggul berada di tikungan kursi.
    Sekarang, punggung Anda dalam posisi yang baik.

Faktor Penting yang Memperbaiki Posisi Duduk

Melansir dari healthline, setelah mengetahui posisi duduk yang benar, langkah selanjutnya adalah mengatasi faktor lain yang mempengaruhi posisi duduk. Simak selengkapnya.

Fasilitasi Punggung dengan Kursi yang Sesuai

Kursi dan meja kerja yang ergonomis cocok untuk menopang tubuh Anda dengan baik. Selain itu, kursi ini bisa mengurangi stres dan gesekan pada tulang otot saat duduk.

Solusi selain kursi ergonomis adalah dengan menggunakan handuk kecil yang digulung atau bantal kecil. Ini bisa digunakan apabila kursi kantor tidak memiliki penyangga pinggang.

Saat Anda menyandarkan tubuh ke belakang kursi setelah menemukan postur tubuh yang tepat, letakkan handuk atau bantal di antara kursi dan punggung bagian bawah. Hal ini dapat membantu menjaga postur tubuh yang baik.

Sesuaikan Ketinggian Kursi

Aturlah ketinggian kursi agar kaki Anda sejajar dengan lantai dan lutut sejajar dengan pinggul. Pastikan juga lengan sejajar dengan tanah. Istirahatkan kaki di lantai, atau gunakan sandaran kaki.
Posisikan siku di samping tubuh, lalu rentangkan tangan membentuk tikungan huruf L. Apabila lengan direntangkan terlalu jauh dari tubuh, maka bisa menambah tekanan pada otot lengan dan bahu.

Letakkan Kaki di Lantai

Pastikan berat badan didistribusikan merata di pinggul. Tekuk lutut pada sudut kanan, dan pastikan lulut sejajar dengan pinggul atau sedikit di bawah.

Kaki harus berada di lantai. Apabila menggunakan sepatu hak tinggi, melepasnya akan membuat Anda lebih nyaman. Hindari duduk dengan kaki disilangkan, karena hal ini bisa mengurangi aliran darah yang menyebabkan ketegangan otot.

Jaga Agar Layar Sejajar dengan Mata

Dari posisi duduk, posisikan layar monitor komputer atau laptop tepat di depan Anda. Rentangkan lengan dan sesuaikan monitor hingga berjarak sekitar satu lengan.

Tumpukan buku adalah cara mudah untuk menyesuaikan ketinggian monitor Anda. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih formal, penyangga meja monitor adalah perangkat sederhana yang dapat membantu.

Posisikan Keyboard dengan Benar

Keyboard sebaiknya bearda tepat di depan komputer Anda. Beri jarak 4 hingga 6 inci antara tepi keyboard dan meja, sehingga pergelangan tangan Anda memiliki ruang untuk beristirahat saat mengetik.

Gunakan Mouse di Sebelah Kanan

Mouse sebaiknya berada di permukaan yang sama dengan keyboard dan mudah dijangkau. Saat menggunakan mouse, pergelangan tangan harus lurus. Lengan atas berada di samping, dan tangan harus sedikit di bawah siku.

Istirahat dan Ambil Waktu untuk Berdiri

Duduk dalam waktu lama dapat mengurangi aliran darah dan menyebabkan kelelahan otot. Untuk mencegahnya, sering-seringlah mengambil waktu untuk bersitihat seperti berdiri dari area meja kerja dan bergerak.

Berjalan dan menjauhlah dari meja dan buat darah mengalir dengan sedikit perengangan seperti mengangkat betis dan mengangkat bahu. Jika ada ruangan yang cukup luas, lakukan squat. Istirahatlah satu hingga dua menit dalam setiap 30 menit. Atau setidaknya, bangun dari kursi dan bergerak setiap jam.

Apabila membutuhkan layanan pijat untuk mengatasi punggung dan badan yang kelelahan, Anda bisa memanggil terapis Sejasa. Kami akan datang ke alamat Anda sesuai wakktu yang dibutuhkan. Layanan massage Sejasa meliputi body massage, pijat refleksi, scrub, hingga kerokan. Dikerjakan oleh terapis profesional dan telah terverifikasi. Pesan layanan massage sekarang di aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

posisi duduk benar
Share This Article!