pola pemasangan lantai

10 Pola Pemasangan Keramik yang Bisa Buat Rumahmu Terasa Berbeda

Salah satu elemen yang berperan penting dalam estetika ruangan adalah keramik yang digunakan, setuju? Ada beragam motif, jenis dan juga warna keramik yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Akan tetapi, masalah utama yang harus Anda perhatikan adalah tata letak dari keramik yang akan Anda gunakan. Sebagus apapun keramik yang Anda pilih, bila pola pasangnya tidak sesuai, Anda tentu akan kecewa.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana pemasangan keramik sangat mempengaruhi kesan yang akan dihasilkan pada sebuah ruangan. Ini dia 10 pola lantai yang bisa Anda contoh! Keep scrolling!

Straight Lay Pattern

(sumber: apartmenttherapy.com | jagerhaus.us)

Layout ini adalah salah satu layout yang paling sederhana dan banyak digunakan hingga sekarang karena pemasangannya yang mudah. Untuk mendapatkan tampilan ini, Anda hanya perlu memasang keramik berdampingan dalam garis lurus. Pola ini sesuai untuk Anda yang ingin menjadikan elemen selain keramik sebagai highlight dari ruangan. Meskipun tidak terlalu menonjol, tapi terlihat rapi dan bersih kan?

 

Brick Pattern

(sumber: ebay.co.uk | winchesterstiles.com)

Sesuai namanya, tentu saja pola ini mengikuti pola penyusunan batu bata pada umumnya. Setiap keramik persegi panjang dipasang sejajar dengan pusat persegi panjang di atas dan di bawahnya. Uniknya, pola ini bisa Anda gunakan pada dinding rumah Anda yang kurang rata karena pola ini memberikan ilusi keseluruhan yang kohesif! Tak hanya itu, pola bata horizontal akan memberikan kesan lebih luas pada ruangan dan pola bata vertikal juga memberikan kesan tinggi pada ruangan, loh!

 

Diagonal Lay Pattern

(sumber: famousgoods.net | tonsoftiles.co.uk)

Instalasi keramik dengan pola ini mirip dengan pola straight lay, hanya saja keramik dipasang pada sudut 45 derajat yang membuatnya terlihat seperti diamond. Pola ini paling sesuai diterapkan pada ruangan yang kecil untuk memberikan ilusi space yang lebih luas. Yuk coba terapkan pada kamar mandi atau bagian splashback dari dapur Anda!

 

Chessboard Pattern

(sumber: pinterest.com)

Bagaimana dengan pola menyerupai papan catur? Pola ini menggunakan dua warna keramik berbeda yang disusun secara bergantian hingga membentuk pola seperti papan catur. Tiles layout ini memang terlihat elegan dan mewah, tapi Anda harus berhati-hati dalam pemilihan ornamen ruangan lainnya karena pola ini sudah terlihat ‘ramai’. Pilih ornamen yang lebih sederhana dan tidak terlalu menonjol, tapi tetap classy untuk ruangan rumah Anda.

 

Herringbone Pattern

(sumber: decorpad.com | pinterest.com)

Pola herringbone ini termasuk pola keramik yang rumit yang membentuk huruf V. Kabar baiknya, pola ini dapat memberikan ilusi luas pada ruangan dan terlihat sangat high-end. Kabar buruknya, pola ini kurang sesuai digunakan pada permukaan yang terlalu luas karena terlihat memusingkan. Tapi tetap saja, pola ini memberikan efek dinamis pada ruangan Anda karena terlihat seperti ‘penunjuk’ pada suatu arah atau ruangan tertentu! Tertarik kah untuk mencoba?

 

Hexagonal Pattern

(sumber: blog-deco-mansion.com | instagram.com)

Jika Anda bosan dengan sesuatu yang berbentuk persegi, Anda bisa mencoba layout heksagonal ini! Pola ini akan membuat ruangan Anda lebih playful dan tidak terlalu kaku jika dibandingkan dengan straight lay pattern. Anda bisa menggunakan satu warna atau beberapa warna pada pola ini, sesuai dengan palette ruangan Anda.

 

Mosaic Pattern

(sumber: newravenna.photoshelter.com | thespruce.com)

Pola mozaik? Why not! Pola mozaik adalah pola keramik kecil dengan bentuk berulang dengan beragam warna dalam satu permukaan. Anda bisa berkreasi dengan menggunakan warna yang berbeda-beda untuk membentuk gambar atau motif tertentu di bagian backsplash dapur, kamar mandi atau lantai rumah Anda. Untuk menciptakan tampilan ini, Anda dapat menggunakan bentuk keramik persegi atau bentuk bulat seperti uang koin. Selain membuat permukaan terlihat ‘kaya’, pola ini juga memberikan aksen menarik dan juga tekstur bagi ruangan Anda, kan?

 

Striped Pattern

(sumber: archiproducts.com | nicholascjohson.com)

Satu lagi pola yang dapat menciptakan ilusi bagi ruangan rumah Anda: striped pattern! Jika Anda memiliki ruangan yang kecil, Anda bisa gunakan pola ini untuk menciptakan kesan luas dan tinggi pada ruangan. Anda hanya perlu menggunakan keramik dengan dua warna berbeda yang disusun mengikuti garis lurus horizontal ataupun vertikal. Jangan lupa sesuaikan warna keramik dengan warna furnitur Anda, ya!

 

Bordered Pattern

(sumber: thisoldhouse.com | decolover.net)

Anda ingin menggunakan karpet di ruangan tapi kesulitan untuk merawatnya? Coba aplikasikan trik bordered pattern ini! Pola ini memberikan ilusi optik menyerupai karpet, yang bisa Anda kreasikan sendiri motifnya. Anda hanya perlu menentukan ukuran ‘karpet’ yang Anda inginkan dan membuat aksen motif pada permukaannya. Selain terlihat mewah, pola ini juga dapat menjadi pembatas satu ruangan dengan ruangan lainnya.

 

Oversized Pattern

(sumber: tessregandesign.com | minosadesign.com)

Bagi Anda para penyuka desain minimalist dan clean, pola oversized ini adalah pola yang sangat sesuai untuk ruangan Anda! Dengan ukuran keramik yang sangat besar dan berulang ini, ruangan Anda akan terlihat semakin luas dan mulus. Pola ini juga semakin sering digunakan pada desain interior masa kini karena terkesan stylish!

Nah, setelah mengetahui beberapa pola dan tata letak dari keramik, mana yang ingin Anda coba? Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan layout keramik dengan jenis dan ukuran ruangan di rumah Anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan… Selamat berkreasi!

Butuh Jasa Pemasangan Lantai? Percayakan Pada Sejasa.com!

Dapatkan Penawaran untuk Jasa Pemasangan Lantai di Sejasa.com

Pesan Jasa Pemasangan Lantai >>

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *