Atasi Cat Dinding yang Mengelupas dengan Cara Mudah Ini!

Apakah cat dinding rumah Anda mengelupas? Bukan hanya Anda, banyak sekali yang juga mengalami hal ini. Masalah pengelupasan cat tembok atau flaking memang sangat sering terjadi. Hal ini menyebabkan estetika rumah Anda pun menurun. Tentu saja Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Mengapa Cat Dinding Mengelupas?

(sumber: fotosearch.com)

Sebelum Sejasa.com membahas cara mengatasi cat dinding yang mengelupas, ada baiknya Anda mengetahui dahulu faktor penyebabnya. Nah, hal-hal berikut ini bisa menyebabkan cat dinding di rumah lebih gampang terkelupas!

Kondisi tembok belum benar-benar kering saat dicat

Penggunaan dempul atau plamir dinding yang mutunya rendah, sehingga pada saat dicat, dempul atau plamir tersebut terangkat atau tidak bisa bertahan lama. Campuran semen dan pasir yang kurang pas atau proses pengeringan dinding yang belum cukup umur, menyebabkan tembok masih mengandung garam alkali yang tinggi. Jika ini terjadi, maka Anda harus merenovasi ulang tembok rumah karena masalahnya sudah menyangkut konstruksi rumah.

Tidak menggunakan cat dasar

Pengecatan pada permukaan yang mengandung debu, kotoron, atau minyak sehingga daya rekat cat menjadi berkurang. Lapisan cat lama tidak dikerok terlebih dahulu, sehingga terkelupas oleh lapisan cat baru yang mutunya lebih tinggi. Atau bisa juga karena pengecatan dilakukan di atas cat yang lama sudah mengapur, sehingga mudah mengelupas.

cat dinding mengelupas

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Cat Dinding Mengelupas?

cat dinding mengelupas
(sumber: supercleaningdubai.com)

Bila Anda sudah tahu penyebabnya di atas dan bisa mengira-ngira apa sumber masalah dinding Anda, kini saatnya Anda mengetahui cara mengatasinya!

Perbaiki sumber kebocoran

Anda dapat memanggil tukang untuk mengerok lapisan cat yang terkelupas sampai permukaan, kemudian bersihkan permukaan dari debu dan kotoran. Baru kemudian melapisinya dengan cat dasar/primer coat. Biarkan cat dasar tersebut mengering secara sempurna sebelum diakhiri dengan finishing coat. Namun bila memang sumber kebocoran karena tembok yang bermutu rendah, apa boleh buat, Anda harus merombak ulang tembok tersebut agar Anda tidak mengalami masalah yang sama berulang kali.

Pilih cat tembok yang berkualitas

Cat yang berkualitas bisa dilihat dari daya rekat dan elastisitasnya. Semakin kuat dan semakin elastis cat tersebut, hasil pengecatan semakin awet dan tahan lama sehingga tidak perlu terus-menerus melakukan pengecatan ulang. Untuk dinding eksterior, sangat penting untuk menggunakan cat tembok yang weatherproof. Sedangkan, untuk tembok interior, gunakan cat yang mengandung akrilik agar mendapatkan hasil yang maksimal! Yuk, perbaiki cat dinding Anda sekarang!

Butuh Jasa Pengecatan Terpercaya?

cat dinding mengelupas

Dapatkan jasa pengecatan oleh tukang harian untuk mengerjakan proyek rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa pengecatan dinding rumah Anda sekarang! >>

Share This Article!

4 thoughts on “Atasi Cat Dinding yang Mengelupas dengan Cara Mudah Ini!”

  1. Sejasa sangat berguna untuk kami2, da ngkatkan terus kualitas dan keamanan sata bekerja dilokasi, itu yang paling penting buat kami para lansia seperti kami2

  2. siyafri noersy.

    Saya mau rehab rumah via sejasa tp komunikasi&jumpa langsung tdk bisa. Gemana caranya bisa kita ketemu langsung?! Saya domisili PKU Riau

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *