Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

Apabila Anda sedang hamil dan ingin menemukan cara untuk menenangkan pikiran Anda, mengikuti yoga khusus untuk Ibu hamil adalah jawabannya! Apakah Anda mengetahui bahwa yoga untuk kehamilan sangat bagus untuk pertumbuhan janin bayi dan mental Ibu? Dengan melakukan yoga secara teratur pada saat masa kehamilan, maka Anda dapat memperkuat baik fisik maupun mental tubuh Anda sebelum kelahiran bayi Anda. Selain itu,  pada saat menjalankan proses melahirkan, tubuh Anda akan secara fisik jauh lebih kuat dan siap untuk menjalani prosesnya. Sebelum Anda memulai yoga kehamilan maka Anda harus mengetahui manfaat-manfaat yang dapat Anda dapatkan apabila Anda mengikuti kelas yoga.

Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Foto kelas yoga oleh Bikram Yoga Kuningan
Foto: Kelas yoga oleh Bikram Yoga Kuningan

Dengan berjalannya proses kehamilan, maka stamina tubuh yang dibutuhkan oleh seorang Ibu akan bertambah. Semakin meningkatnya beran badan bayi, maka kekuatan fisik yang harus dimiliki sang Ibu untuk menopang anak tersebut akan terus meningkat. Selain itu, ketika menjalani proses melahirkan, apabila seorang Ibu tidak memiliki kekuatan stamina yang kuat maka Ibu akan beresiko terkena komplikasi. Komplikasi dapat terjadi karena kurangnya stamina atau kekuatan fisik untuk menahan beratnya proses melahirkan. Walaupun dengan operasi caesar, tubuh seorang Ibu harus memiliki daya tahan dan stamina yang kuat untuk dapat menahan tekanan operasi. Dengan melakukan yoga secara teratur, Anda dapat meningkatkan kekuatan fisik di bagian punggung, lengan, pinggul dan pinggang. Selain itu, dengan yoga Anda dapat pula meningkatkan daya tubuh Anda selama dan sesudah hamil. Selain bagus untuk Anda, daya tahan Ibu yang baik juga akan mempengaruhi kesehatan bayi, membuatnya tidak rentan terhadap penyakit.

 Menjaga Keseimbangan

IMG_0839
Foto: Salah satu sesi latihan yoga oleh Real Yoga Indonesia

Seiring dengan berjalannya kehamilan, maka keseimbangan badan seorang wanita akan mulai terasa berbeda karena perut akan semakin membesar. Ibu harus membiasakan badannya untuk menopang dua tubuh yang biasanya hanya harus menopang satu. Selain itu, secara emosional, Ibu juga akan merasa lebih mudah letih dan lelah karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron. Dengan mengikuti yoga kehamilan secara teratur, Ibu akan melakukan pose-pose yang akan membantu dengan pernafasan dan otot badan yang akan memperkuat keseimbangan Ibu baik secara fisik atau emosional.

Mengurangi Ketegangan Pada Tubuh

10436013_687344914633863_2746602877398964323_n
Foto: Kelas yoga oleh Poise Pilates and Yoga Studio

Dengan berjalannya pertumbuhan bayi, maka beberapa bagian tubuh Ibu akan mulai merasa tegang. Bagian tubuh yang dimaksud adalah punggung belakang, dada, pinggul, punggung atas, leher, dan pundak. Sebagian besar Ibu akan memiliki tulang belakang yang lebih melengkung karena perut yang mulai membesar. Pinggul akan menjadi lebih ketat dan tegang karena menahan tekanan dari berat bayi yang berada di perut Ibu. Sedangkan untuk bagian dada, dengan mulai membesarnya payudara baik sesudah dan sebelum kelahiran maka tulang punggung atas, leher, pundak, dan dada Ibu akan menjadi lebih tegang. Dengan melalakukan yoga kehamilan yang teratur, maka ketegangan yang dirasakan di bagian-bagian tertentu tersebut dapat berkurang dan dapat pula menghilang.

Meningkatkan Sirkulasi Tubuh

11892220_1265594193466844_5779409747223884598_n
Foto: Kelas yoga outdoor oleh Yogayogi

Sirkulasi tubuh Anda dapat ditingkatkan dengan memperkuat otot dan sendi melalui pose dan senam yoga. Melakukan yoga yang teratur dan benar dapat memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan mengurangi bengkak yang terjadi pada tubuh Ibu saat masa kehamilan. Selain itu, daya tahan tubuh Ibu juga akan bertambah, sehingga akan tercipta lingkungan kehamilan yang baik untuk sang bayi.

Latihan Pernafasan Dengan Yoga

10345747_990884687605294_5683267434061671813_n
Foto: Sesi yoga oleh Dini Yoga

Memiliki sistem pernafasan yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan proses melahirkan, terutama pada saat kontraksi. Dengan mengikuti kelas yoga untuk kehamilan, maka Ibu dapat mengatur pengambilan nafas dengan benar. Melakukan hal ini dapat membuat tekanan darah dan denyut jantung menjadi lebih teratur dan tenang pada saat menjalani proses persalinan. Selama melakukan yoga, secara tidak langsung Ibu akan mempelajari cara bernafas dengan baik yang memang kadang-kadang menyulitkan. Namun pada saat persalinan, latihan yoga ini akan sangat membantu proses persalinan. 

Temukan Rekomendasi Kelas Yoga di Sejasa.com!

Discover the CoastsHidden surf Spots (6)Tentu saja sebagai orang tua, Anda akan selalu menginginkan yang terbaik untuk bayi Anda. Ternyata mengikuti kelas yoga untuk kehamilan memiliki efek yang sangat besar terhadap kesehatan Anda dan sang bayi. Di Sejasa.com, Anda dapat mendapatkan rekomendasi kelas yoga secara mudah. Temukan rekomendasi kelas yoga sekarang!

Selain kelas yoga, Sejasa.com juga menyediakan berbagai macam penyedia jasa lainnya seperti service AC, instalasi kanopi, catering, dan berbagai macam jasa lainnya!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *