Manfaat Menguasai Bahasa Asing

Memasuki era globalisasi dan menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), Indonesia akan menjadi melting pot bagi masyarakat dari berbagai negara dengan latar belakang bahasa dan budaya yang berbeda. Agar tidak kalah di negeri sendiri, Anda harus mampu membekali diri agar siap bersaing dengan pekerja asing. Mempelajari lebih dari satu bahasa akan memberikan kesempatan yang jauh lebih besar untuk diterima di perusahaan internasional. Banyak perusahaan-perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia seperti Jepang, Jerman dan Cina. Oleh karena itu, kesempatan Anda untuk diterima di perusahaan tersebut akan terbuka lebih lebar jika Anda menguasai bahasa asing. Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan memiliki jenjang karir berskala global. Berikut adalah manfaat-manfaat mempelajari berbagai bahasa asing.

Bahasa Inggris

Foto: Peserta les Bahasa Inggris di Leavco
Foto: Peserta les Bahasa Inggris di Leavco

Tentu saja bahasa yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terutama masyarakat ibu kota yang setiap harinya dapat melihat iklan, billboard, acara TV, atau produk yang menggunakan Bahasa Inggris. Membiasakan penggunaan Bahasa Inggris sejak usia muda akan membuat anak terbiasa melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris, sehingga ketika dewasa ia dapat dengan mudah berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. 

Mengapa penting sekali mengusai Bahasa Inggris? Seperti yang kita ketahui negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat, Inggris Raya, dan Singapura menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Hal ini membuat penggunaan Bahasa Inggris di dunia semakin meningkat, mengingat negara-negara tersebut menguasai perekonomian dunia. Oleh karena itu, hampir seluruh perusahaan internasional akan meminta hasil sertifikasi bahasa seperti TOEFL atau IELTS sebagai salah satu kualifikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan tersebut. 

Bahasa Mandarin

Foto: Proses belajar mengajar di Guru Les Mandarin
Foto: Proses belajar mengajar di Guru Les Mandarin

Sebagai salah satu pusat perekonomian terbesar di dunia, ketika saham Cina anjlok, maka hampir setiap negara merasakan imbasnya. Hal ini membuat Cina dikukuhkan sebagai negara ekonomi kedua terbesar di dunia. Dari semua bisnis yang dimiliki atau dikuasi, ada satu hal yang tidak dapat dikesampingkan, yaitu kebutuhan atas komunikasi. Sebagian besar perusahaan internasional Cina akan sangat mempertimbangkan calon karyawan yang dapat berkomunikasi dengan Bahasa Mandarin dan bahasa negara tempat Ia bekerja. Sebagai contoh, perusahaan Cina di Amerika akan lebih memilih karyawan yang dapat berbicara bahasa Inggris dan Mandarin dibanding karyawan yang hanya bisa Bahasa Inggris.

Selain itu, seperlima umat manusia di dunia ini menggunakan Bahasa Mandarin yang merupakan bahasa ibu dari 873 manusia. Berdasarkan data ini, Bahasa Mandarin merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia setelah Bahasa Inggris. Beberapa negara yang menggunakan Bahasa Mandarin selain Cina diantaranya adalah Indonesia, Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Bahasa Jepang

Foto: Suasana les bahasa di Leavco
Foto: Suasana les bahasa di Leavco

Sebagai pasar dari produk teknologi dan motor yang potensial dunia, Indonesia dipenuhi dengan perusahaan dari Jepang. Setiap tahunnya, perusahaan ini menyerap lebih dari 5000 karyawan baru untuk menjalankan produksi dan penjualan. Apabila Anda dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Jepang, maka kesempatan Anda untuk diterima di perusahaan-perusahaan bergengsi milik Jepang ini akan terbuka lebar. Kepopulerannya membuat Bahasa Jepang lebih mudah untuk dipelajari. Anda dapat belajar dari lagu, film, komik, anime, makanan, dan pop culture negeri sakura ini. Jepang juga merupakan salah satu negara sahabat yang banyak menjalin kerjasama dalam berbagai bidang dengan Indonesia. Setiap tahunnya, lebih dari 1000 mahasiswa Indonesia dikirim ke negara tersebut untuk mengikuti program beasiswa ke universitas-universitas ternama di Jepang. Salah satu kualifikasi untuk mengikuti program ini adalah dengan memiliki kemampuan berbicara dan menulis bahasa Jepang dengan baik. Bercita-cita pergi ke Jepang? Sudah saatnya Anda mempelajari Bahasa Jepang secara mendalam!

Bahasa Jerman

Foto: Suasana les privat Bahasa Jerman di Leavco
Foto: Suasana les privat Bahasa Jerman di Leavco

Apakah Anda mengetahui bahwa Bahasa Jerman merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di benua Eropa? Selain digunakan oleh 83 juta penduduknya, Bahasa Jerman juga merupakan bahasa resmi untuk negara Swiss, Austria, Luxemburg dan Liechtenstein. Negara Jerman sendiri merupakan negara dengan perekonomian terkuat ketiga di dunia. Oleh karena itu, menguasai Bahasa Jerman akan membuka banyak sekali pintu kesempatan karir untuk Anda. Survey membuktikan bahwa kebanyakan perusahaan di Amerika lebih memilih karyawan yang bisa berbicara dan menulis dalam Bahasa Jerman. Bagaimana tidak? Lebih dari 700.000 pekerja merupakan orang Jerman dan 30.000 lainnya merupakan orang asing yang bisa berbahasa Jerman.

Selain untuk kesempatan karir, menguasai Bahasa Jerman memberikan Anda kesempatan untuk melamar beasiswa kuliah S1 atau S2 di Jerman secara gratis. Rata-rata universitas di Jerman memiliki peringkat dan kualitas terbaik di dunia. Setelah selesai menjalani kuliah Anda di Jerman, bukan tidak mungkin Anda akan diberi tawaran bekerja oleh perusahaan-perusahaan internasional Jerman yang sudah memiliki kantor di seluruh dunia. Untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Jerman, Anda dapat mengikuti les privat Bahasa Jerman di rumah.

Temukan Rekomendasi Les Bahasa Asing di Sejasa.com!

Discover the CoastsHidden surf Spots (15)

Belajar bahasa baru memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi dengan guru yang tepat dan menyenangkan, bahasa apapun menjadi lebih mudah untuk dipelajari! Hasil yang Anda dapatkan juga akan memuaskan. Kunjungi Sejasa.com dan buat penawaran untuk guru les bahasa asing sekarang juga!

Selain guru les bahasa asing, Sejasa.com juga menyediakan berbagai macam penyedia jasa lainnya seperti service AC, instalasi kolam renang, catering, dan banyak lagi!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *