jasa perbaikan atap

Lakukan Perawatan dan Perbaikan Atap, Hati Tenang Saat Musim Penghujan

Atap rumah merupakan salah satu bagian dari bangunan rumah yang fungsinya sangat vital. Atap rumah akan melindungi bagian rumah yang lain dan juga penghuninya dari terik panas dan guyuran hujan. Terik sinar matahari dan guyuran hujan yang deras, maka kondisi atap rentan dengan kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus rutin melakukan perawatan dan perbaikan atap rumah.

Saat musim penghujan datang, atap yang bocor tentu akan sangat mengganggu para penghuni rumah. Kebocoran atap akan menyebabkan ketidaknyamanan saat berada di rumah. Maka dari itu, Anda harus memastikan kondisi atap rumah Anda tidak mengalami kerusakan. Jika tidak, maka akan berdampak buruk pada area lainnya di rumah, seperti dinding rembes.

Untuk memastikan kondisi atap rumah selalu dalam keadaan baik, maka Anda harus rutin melakukan pengecekan. Apabila ditemukan tanda kerusakan pada bagian atap, segera lakukan perbaikan atap. Apabila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan kerusakan yang terjadi akan semakin parah.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk perbaikan atap:

Atur Posisi Genteng

jasa perbaikan atap

Atap yang bocor bisa terjadi karena posisi genteng yang tidak benar. Bisa saja karena hembusan angin yang kencang, genteng akan melorot dari posisi semula. Segera perbaiki apabila Anda menemukan genteng pada atap rumah Anda yang bergeser dari tempatnya.

Penggantian Genteng yang Rusak

jasa perbaikan atap

Dengan sering terkena panas matahari dan guyuran hujan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka bisa jadi ada genteng yang mengalami keretakan atau bahkan pecah. Anda harus segera mengganti genteng yang mengalami kerusakan dengan genteng yang baru. Sehingga saat hujan tidak terjadi kebocoran.

Penambahan Plastik

Sebelum pemasangan atap, bisa juga ditambahkan lapisan plastik. Hal ini berguna untuk melindungi dari tetesan air hujan atau sampah yang masuk pada celah-celah sempit. Sehingga tetesan air masih bisa tertahan oleh lapisan plastik tersebut.

Bersihkan Talang Air

Talang air yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab kebocoran. Sampah dari daun-daun yang berasal dari pohon yang ada di sekitar rumah Anda, apabila tidak segera dibersihkan maka akan menghambat aliran air hujan pada atap rumah Anda. Lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan talang air atap rumah Anda dalam keadaan bersih.

Tambahkan Cat Anti Air

Dengan kemajuan teknologi maka sekarang ini sudah banyak tersedia cat dengan lapisan anti air. Lapisi seluruh bagian atap rumah Anda dengan lapisan anti air sehingga atap aman dari kebocoran saat musim penghujan. Lebih baik lagi kalau Anda melakukan pelapisan anti air ini hingga dua kali untuk hasil yang lebih maksimal.

Potong Pohon yang Tinggi di Sekitar Rumah

Kadang tanpa disadari keberadaan pohon tinggi di sekitar rumah akan ikut berperan terhadap kerusakan atap rumah. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Pohon yang tingginya melebihi atap rumah Anda tentu daunnya akan banyak yang berjatuhan ke atap rumah Anda.

Apabila tidak segera dilakukan pembersihan, maka daun-daun tersebut akan membusuk dan akan membuat atap rumah Anda menjadi cepat lapuk. Hal itu juga akan membuat aliran air hujan yang turun tidak bisa lancar karena kotoran daun akan menyumbat saluran air.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk perbaikan atap rumah. Lakukan perawatan dan pengecekan secara berkala untuk mencegah kerusakan pada atap rumah Anda. Bagi Anda yang mungkin akan melakukan perbaikan atap dalam waktu dekat, Anda bisa menemukan layanan jasa perbaikan atap di Sejasa.

Download aplikasi Sejasa atau pesan Jasa tukang atap melalui website sejasa.com. Anda akan menemukan penyedia jasa berpengalaman dan profesional untuk mengatasi permasalahan atap rumah.

Pengerjaan akan lebih terjamin dengan layanan Project Controller. Transaksi akan lebih aman dengan rekening bersama SejasaPay. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Sejasa untuk dapatkan segala keperluan perawatan dan perbaikan rumah dengan cepat, mudah, dan praktis.

jasa perbaikan atap
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *