jasa rumah

5 Jenis Jasa Rumah yang Akan Selalu Dibutuhkan

Sebagai orang yang tinggal di rumah, baik itu rumah milik pribadi ataupun rumah sewaan seperti apartemen dan kos, setiap orang akan membutuhkan jasa tertentu. Demi kenyamanan tinggal di rumah, setiap detail hal di rumah akan butuh dirawat, diperbaiki, hingga diperbaharui. Untuk itu, Anda wajib mengetahui 5 jenis jasa rumah yang umumnya diperlukan demi kemudahan, keamanan, dan kenyamanan tinggal di rumah yang ditinggali saat ini bersama keluarga tersayang. Simak artikel di bawah ini ya!

Kebutuhan Jasa Rumah yang Sering Diperlukan 

Agar rumah tetap nyaman, berfungsi dengan baik saat ini dan di masa depan seringkali memerlukan berbagai jasa rumah yang membantu merawatnya. Terlebih apabila Anda memiliki kesibukan cukup banyak, tentu saja jasa profesional seperti ini sangatlah memudahkan. Berikut beberapa layanannya: 

Jasa Desain Interior 

Desain interior merupakan elemen yang penting dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan fungsional pada area dalam rumah. Jasa desain interior akan membantu pemilik rumah untuk mengatur ruang, memilih furnitur yang sesuai, sehingga menciptakan estetika yang sesuai dengan selera. 

Umumnya, ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh desainer interior. Diantaranya meliputi:

  • Konsultasi Desain
    Desainer interior dapat memberikan masukan, arahan maupun saran tentang bagaimana mengoptimalkan ruang yang ada pada rumah Anda.
  • Perencanaan Ruang
    Dalam hal ini, desainer interior akan membantu dalam merancang tata letak ruangan atau layout yang efisien dan menarik sesuai dengan luasan ruangan yang dimiliki. Jika ada permintaan khusus dari customer, maka desainer akan membantu merancang layout sedemikian rupa.
  • Pemilihan Furnitur dan Dekorasi
    Membantu memilih furnitur, warna cat dinding, pencahayaan dan dekorasi yang sesuai dengan gaya interior dan juga sesuai anggaran yang telah ditetapkan.
  • Desain Custom
    Jika Anda memiliki ide unik, desainer interior dapat membantu Anda mewujudkannya melalui desain custom. Umumnya, desain custom yang diinginkan pemilik rumah berkaitan dengan desain perabotan dan perlengkapan rumah tangga. Misalnya, model lemari pakakaian masa kini yang multifungsi.

Jasa Renovasi 

Renovasi pada rumah merupakan proses perbaikan atau pembaruan rumah yang lebih besar. Ini mungkin diperlukan untuk memperbaiki kerusakan, meningkatkan nilai properti atau hanya mengubah tampilan dan fungsionalitas rumah. Jasa renovasi dapat mencakup beberapa jenis layanan, seperti berikut: 

  • Pembangunan Tambahan
    Dalam hal ini, Anda mungkin butuh menambahkan ruangan baru seperti kamar tidur, ruang tamu tambahan, ruang bermain anak atau ruang kerja.
  • Perbaikan Struktural
    Cakupannya sperti memperbaiki atap, memperbaiki lantai atau keramik, hingg dinding bagian lain dalam rumah yang sudah rusak.
  • Pembaruan Kamar Mandi dan Dapur
    Reovasi jenis ini dilakukan guna meningkatkan kenyamanan dan nilai rumah dengan memperbarui kamar mandi dan dapur apabila dirasa kurang nyaman. 
  • Pengecatan
    Mengganti atau memperbarui cat dinding untuk memberikan tampilan segar pada rumah. 

Jasa Kebersihan

Mempertahankan rumah bersih adalah kunci untuk mewujudkan hunian yang sehat dan memberikan kenyamanan bagi setiap anggota keluarga di dalamnya. Jika terlalu sibuk dengan aktivitas pekerjaan, maka jasa kebersihan profesional dapat membantu Anda menjaga rumah tetap bersih dan rapi. Jasa kebersihan umumnya akan meliputi:

  • Pembersihan rutin
    Jasa kebersihan dapat menjadwalkan pembersihan rutin mingguan atau bulanan, sesuai dengan kebutuhan Anda. Sejasa menyediakan layanan paket berlangganan cleaning yang memiliki banyak pilihan durasi dan sesi. Dengan paket ini, pembersihan rumah jadi lebih praktis, efisien, dan hemat biaya.
    Namun, jika Anda ingin memesan layanan reguler juga bisa. Tersedia pilihan duras mulai dari 1 jam hingga 6 jam. Mitra akan menyediakan peralatan dan cairan pembersih yang lengkap. Pembersihan yang dapat dilakukan oleh penyedia jasa profesional adalah membersihkan lantai dengan vacuum, menyapu, hingga mengepel, membersihkan kamar mandi dan dapur, hingga menata ruangan jadi lebih rapi dan teratur.
  • Pembersihan Khusus
    Layanan jasa ini termasuk pembersihan setelah renovasi, cuci kasur, sedot tungau, cuci sofa atau pembersihan khusus pada ruangan tertentu.
  • Pembersihan Eksterior
    Pembersihan area luar seperti halaman, teras dan fasad rumah.
  • Pembersihan Khusus Hewan Peliharaan
    Jika Anda memiliki hewan peliharaan, ada jasa kebersihan khusus hewan yang dapat membantu pembersihan rumah dari bulu dan kotoran hewan.

Jasa Service Kebutuhan Elektronik

Setiap rumah tentu memiliki elektronik yang membantu memudahkan setiap kegiatan di dalam rumah. Mulai dari pendingin ruangan seperti AC, kulkas, TV mesin cuci, pemanas air, dan banyak lagi. Alat elektronik tersebut tentu digunakan cukup sering, sehingga Anda harus melakukan perawatan rutin agar alat elektronik awet hingga bertahun-tahun ke depan.

  • Service AC
    Jasa service AC profesional akan melayani kebutuhan servis AC seperti cuci, isi freon, dan mengatasi berbagai masalah pada unit AC Anda.
  • Service Kulkas
    Seiring berjalannya waktu, kulkas yang digunakan mungkin akan terasa kurang dingin, atau komponen di dalamnya harus diganti agar bisa berfungsi dengan maksimal. Jasa servis kulkas akan membantu segala perbaikan yang dibutuhkan.
  • Service Mesin Cuci
    Ada berbagai permasalahan yang mungkin terjadi pada mesin cuci. Mulai dari alat pengeringnya yang tidak berfungsi, atau ada kebocoran pada pipa/selangnya. Anda bisa memanggil teknisi service mesin cuci untuk melakukan perbaikan unit mesin cuci.

Jasa Pindahan Rumah

Jasa pindahan rumah menyediakan berbagai layanan yang dirancang untuk membantu Anda melakukan proses pindahan dengan lancar dan efisien. Dengan barang dan furniture cukup banyak, tentunya akan sangat menyulitkan apabila harus membawanya sendiri tanpa bantuan kendaraan angkutan. 

  • Pengemasan Barang
    Jasa pindahan dapat membantu mengemas barang-barang dengan menyediakan box kayu, bahan bungkus dan peralatan untuk pengemasan. 
  • Pengangkutan
    Ini adalah layanan utama dari jasa pindahan. Mereka akan mengangkut semua barang Anda dari rumah lama Anda ke rumah baru.
  • Muat dan Bongkar
    Jasa pindahan akan membantu memuat semua barang dari rumah lama Anda ke dalam truk dan kemudian membongkarnya di rumah baru Anda. 

Selain 5 jasa di atas, masih ada banyak jasa rumah yang diperlukan oleh setiap orang. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari menjaga kebersihan, kenyamanan hingga mengubah struktur dari bangunan melalui renovasi rumah. Temukan berbagai jenis jasa rumah hanya di platform Sejasa.

Anda bisa memilih jenis jasa yang dibutuhkan, kemudian isi form permintaan jasa dengan lengkap. Sejasa akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa profesional yang telah terverifikasi. Layanan Sejasa juga bisa ditemukan di Aplikasi Shopee, pada menu “Pulsa, Tagihan dan Tiket”, lalu pilih “Jasa & Service”.

Share This Article!