rumah bocor

Cara Mencegah Rumah Bocor Saat Musim Penghujan

Saat musim hujan tiba, salah satu permasalahan yang kerap ditemui adalah rumah bocor atau atap bocor. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan berbagai hal untuk menghindari terjadinya rumah bocor saat hujan. Karena apabila terjadi kebocoran, tentunya cukup mengganggu para penghuni rumah.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya rumah bocor saat musim penghujan. Hal ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Anda bisa melakukannya sendiri atau memanggil tukang untuk memperbaikinya disaat libur, jadi bisa sekaligus mengawasi pekerjaan tukang tersebut.

Cara Mencegah Terjadinya Rumah Bocor

Membersihkan Talang Air

Cara pertama untuk mencegah terjadinya rumah bocor adalah dengan mengecek dan membersihkan talang air. Sampah dedaunan yang menumpuk pada saluran talang air. Sehingga hal ini menyebabkan air menggenang dan merembes, yang kemudian menyebabkan kebocoran. Sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin, minimal satu bulan sekali untuk mengecek dan membersihkan talang air dari tumpukan sampah dedaunan.

Perhatikan Pohon yang Ada di Sekitar Rumah

Jika memiliki pohon yang cukup besar di sekitar rumah Anda, maka sebaiknya dilakukan pemangkasan saat menjelang datangnya musim hujan. Hal ini dilakukan untuk menghindari apabila terjadi cuaca yang cukup buruk saat turun hujan, sehingga tidak sampai mengakibatkan jatuhnya cabang atau ranting yang cukup besar sehingga bisa merusak atap rumah Anda. Selain itu dengan melakukan pemangkasan, maka bisa menghindari jatuhnya dedaunan ke atap rumah Anda sehingga tidak terjadi penimbunan sampah dedaunan.

Mengganti Atap yang Sudah Lapuk

Cara berikutnya adalah dengan melakukan penggantian pada atap yang sudah lapuk. Akibat sering ditempa dengan panas dan terpaan air hujan, dan usia atap yang sudah cukup lama maka akan menyebabkan atap menjadi lapuk. Oleh karena itu dengan melakukan penggantian atap yang lapuk dengan atap yang baru adalah hal yang paling tepat. Sehingga saat datang musim hujan, Anda tidak khawatir lagi dengan kebocoran.

Atur Kemiringan Atap Rumah

Jangan lupa untuk memperhatikan kemiringan atap rumah Anda.  Apabila atap terlalu landai maka akan menyebabkan aliran air kurang lancar dan berpotensi menyebabkan terjadinya genangan air. Apabila terjadi genangan air tentunya akan menyebabkan kebocoran pada atap rumah. Aturlah sudut kemiringan rumah sekitar 25-40 derajat, sehingga air dapat mengalir dengan lancar dan tidak sampai menyebabkan terjadinya rumah bocor.

Memasang Lapisan Waterproof

Cara selanjutnya untuk mencegah terjadinya rumah bocor adalah dengan menggunakan lapisan anti bocor atau yang biasa dikenal dengan istilah waterproof. Lapisan ini akan membantu mengurangi risiko terjadinya rumah bocor saat hujan. Lakukan pelapisan anti bocor pada atap rumah Anda sesuai dengan yang direkomendasikan. Biasanya dilakukan dua kali pelapisan dengan interval sekitar 4 jam setiap lapisan. Sekarang ini sudah banyak tersedia lapisan anti bocor dari berbagai merk di toko bangunan sekitar rumah Anda. Pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa perbaikan rumah seperti kebocoran, Anda dapat mengunjungi website Sejasa.com atau aplikasi Sejasa untuk menemukan jasa tukang yang berkualitas. Tukang Sejasa akan melakukan pengecekan, perbaikan, hingga pemasangan atap pada rumah Anda. Isi form permintaan Jasa Pertukangan sekarang dan dapatkan penawaran terbaik.

rumah bocor
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *