rumah wangi

Cara Buat Rumah Makin Harum dan Segar

Selain bersih dan rapi, faktor lain yang membuat rumah makin nyaman yaitu wangi. Aroma yang cocok dengan selera akan memberikan energi positif, efek relaksasi, dan memberikan kepuasan indera penciuman.  Bagaimana cara membuat rumah jadi wangi? Simak artikel ini.

Harus rapi dan bersih

interior rumah
Qanvast

Sebelum pilih pewangi yang cocok untuk rumahmu, pastikan dulu sumber bau tak sedap telah lenyap. Usaha Anda akan sia-sia kalau baju kotor menumpuk atau tempat sampah jarang dibersihkan. Rumah yang bersih dan rapi adalah tahap awal yang harus dipenuhi. 

Gunakan diffuser dan essential oil

 rumah wangi
Denise Joanne

Diffuser berfungsi menyebarkan uap air halus ke seluruh ruangan. Agar lebih berkhasiat, air diffuser biasa dicampur dengan essential oil. Anda bisa pilih lavender, lemon, atau sesuai selera. Wangi essential oil akan memberikan efek menenangkan sekaligus membuat mood lebih happy!

Didihkan rempah dan buah

Potpourri rumah wangi
I Heart Naptime

Kulit kayu manis tak hanya dimanfaatkan untuk hidangan melainkan untuk pewangi rumah. Kayu manis yang dididihkan bersama cengkih, kulit jeruk, dan kulit apel akan menghasilkan aroma manis yang membuat Anda nyaman. Suka aroma segar? Didihkan kayu manis, vanilla, dan kulit lemon untuk wangi segar dan bersih.

Letakkan bunga segar dalam rumah

bunga rumah wangi
INGREDIENTS LDN

Bunga segar tak hanya sedap dipandang tapi juga sedap dihirup. Bunga buket atau bunga dalam pot punya fungsi dekoratif dan bisa dijadikan pewangi ruangan yang natural. Jenis-jenis tanaman cocok untuk kebutuhan ini di antaranya:

  • Lavender 
  • Geranium
  • Gardenia
  • Wisteria
  • Mawar
  • Sweet alyssum, dan lainnya

Tabur baking soda pada karpet

 karpet carpet
Chris Loves Julia

Ingat tips ini kalau ingin ruangan beraroma segar: taburkan sedikit baking soda pada karpet, tunggu 15 menit, lalu vakum seperti biasa. Percaya deh, karpet akan bebas bau! Baking soda mampu berguna sebagai deodoran yang menempel pada karpet. Harganya  juga murah jadi bisa segera dipraktikkan di rumah. 

Sebarkan lilin beraroma di sekitar rumah

lilin aromaterapi rumah wangi
Best Products

Alternatif diffuser yang juga banyak digemari adalah lilin aromaterapi. Nah, ada tips penting yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Untuk menjadikan rumah jadi harum, sebarkan lilin di beberapa titik dalam rumah tapi jangan dinyalakan. Tempatkan lilin di dekat rak tumpukan linen atau kain. Kain ini akan menyerap aroma lilin. Jadi, wanginya seperti baru selesai dicuci. Ingin lilin berkualitas tinggi? Pilih lilin beeswax yang mampu memberikan efek relaksasi. 

Buat potpourri

potpourri rumah wangi
Fresh Ideen

Potpourri adalah campuran bahan-bahan alami yang dikeringkan seperti bunga, rempah-rempah, dan essential oil. Potpourri ini cukup mudah untuk dibuat di rumah. Gunakan wadah selain plastik seperti toples bahan logam atau bahan kaca wanginya awet. Letakkan di ruang keluarga atau kamar tidur. Cara membuat potpourri bisa dilihat di sini.

Pakai kombinasi lilin, bunga kering, dan rempah

candle in a bowl of dried herbs
The Spruce

Pewangi ini mirip potpourri namun ditambah lilin untuk menyebarkan wangi ke seluruh penjuru ruangan. Masukkan lilin kecil atau tealight candles, bunga kering, dan rempah dalam sebuah mangkuk. Anda bisa menempatkannya di kamar mandi, kamar tidur, atau di mana pun yang Anda inginkan untuk menikmati keharuman lembut dari pewangi ini.

Panggang kue

panggang biskuit kue
Happy Money Saver

Layaknya berjalan melewati toko kue lalu mencium wangi kue yang baru keluar dari oven, begitu juga ketika Anda memanggang kue di rumah. Tak ada yang bisa menandingi aroma biskuit yang baru matang. Memuaskan lidah, perut, dan indra penciuman juga! Kalau sedang tidak ingin memasak kue, panggang rempah-rempah dalam wadah atau campuran air dengan beberapa tetes essential oil dalam mangkuk panggang. 

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *