7 Titik Refleksi Pada Kaki Berdasarkan Manfaatnya

refleksi kaki

Refleksi kaki merupakan salah satu metode pemijatan refleksi yang praktis. Metode pijatan ini memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari sakit kepala, hingga meredakan flu. 

Untuk bisa merasakan manfaat refleksi kaki secara optimal, Anda perlu tahu dan mengenali sejumlah titik refleksi pada telapak kaki. Tim Sejasa telah merangkum informasinya untuk Anda.

Titik Refleksi untuk Atasi Sakit Kepala

Sakit kepala sering muncul disaat yang tidak menentu. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan refleksi kaki. Caranya adalah dengan menekan lengkung jari kaki hingga ujung jari kaki. Lakukan gerakan memijat dengan bantuan ibu jari tangan.

Titik Refleksi untuk Hilangkan Pegal Kaki

Pegal kali dapat diatasi dengan metode refleksi kaki bagian kiri. Anda dapat mengangkat dan menaruk kaki kiri di atas paha bagian kanan. Kemudian, pijat seluruh bagian kaki mulai dari tumit hingga jempol kaki. Pijat bagian jempol dan jari telunjuk kaki dengan gerakan melingkar. Lalu akhiri dengan gerakan memutar pergelangan kaki guna meregangkan otot kami yang sedang tegang.

Titik Refleksi untuk Kurangi Stres dan Cemas

Siapapun pernah cemas dan merasakan stres saat ada hal-hal yang tidak terduga terjadi. Untuk menguranginya, cobalah cara berikut. Tekuk seluruh jari kaki, kemudian terlihat cekungan di bawah bantalan kaki. Tekan area cekungan tersebut dengan jempol tangan. Letakkan jari tangan sebelahnya pada bagian punggung kaki. Lakukan pemijatan dengan gerakan memutar selama 10 menit.

Titik Refleksi untuk Atasi Kram Akibat Menstruasi

Beberapa wanita akan mengalami kram pada perut saat PMS. Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman dan membuat Anda sulit beraktivitas normal. Anda bisa mengatasi kram ini dengan menekan salah satu lekukan kaki yang berada di tepi permukaan. Menggunakan tangan yang satunya lagi, Anda bisa menekan bagian jempol kaki. Ulangi gerakan ini hingga beberapa kali.

Titik Refleksi untuk Meredakan Flu

Flu adalah penyakit yang mudah menyerang siapapun apalagi dalam kondisi kelelahan. Anda dapat mengatasinya dengan memijat area jempol kaki kanan dan kiri. Titik ini berhubungan dengan saraf yang ada pada hidung dan bisa membantu meredakan flu. Lakukan pemijatan dengan memberikan tekanan ke atas dan bawah jempol selama 15 menit.

Titik Refleksi untuk Nyeri Tubuh

Saat melakukan aktivitas yang terlalu berat, kita bisa merasa nyeri pada seluruh tubuh. Hal pertama yang akan dilakukan adalah duduk di sofa atau kursi yang nyaman sambil bersandar. Anda dapat menggunakan bola golf atau bola lain yang berukuran sama, untuk diletakkan di bawah telapak kaki. Tekan bola menggunakan telapak kaki, kemudian gulingkan bola dari arah jempol hingga tumit. Jika Anda menemukan titik yang sakit, tekan dan injak bola tepat pada titik yang sakit selama 5 menit.

Titik Refleksi untuk Sakit Punggung

Sakit punggung dapat menyerang siapapun dan dapat menimbulkan nyeri. Untuk mengatasinya, berikan pijatan halus pada bagian cekungan yang ada di telapak kaki. Lakukan pemijatan dari arah jempol ke tumit kaki, maksimal 15 menit.

Itulah penjelasan titik refleksi kaki yang dapat dilakukan pemijatan untuk memberikan manfaat bagi kesehatan. Anda dapat mencoba melakukannya sesuai dengan gejala yang sedang dirasakan.

Apabila Anda kesulitan dan tidak ada waktu untuk memijat secara mandiri, Anda bisa menemukan jasa pijat refleksi di Sejasa. Cukup kunjungi website sejasa.com atau  unduh aplikasi Sejasa, Anda dapat menemukan terapis profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Biaya jasa telah terstandarisasi, dan segala perlengkapannya sudah disiapkan oleh terapis Sejasa. Anda cukup menyiapkan matras dan menunggu kedatangan terapis kami di rumah. Sangat praktis dan mudah, kan? Yuk pesan jasa pijat refleksi Sejasa sekarang.

refleksi kaki
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *