Penyebab Kulkas yang Tidak Dingin Beserta Cara Service Kulkas

service kulkas

Lemari es atau yang biasa disebut dengan kulkas merupakan alat elektronik yang kehadirannya terbilang wajib di setiap rumah. Dengan beragam kegunaannya, kulkas menjadi peralatan yang terus berfungsi selama 24 jam di rumah. Namun, akan menjadi masalah yang besar ketika kulkas mengalami masalah pada fungsi utamanya yaitu pendingin. Service kulkas merupakan solusi yang tepat disaat kulkas sudah tidak lagi dingin. Pengecekan dan perbaikan oleh teknisi diperlukan agar kulkas dapat berfungsi kembali seperti sedia kala.

Selain sebagai pendingin, kulkas juga sangat berguna bagi ketahanan dalam penyimpanan stok makanan, minuman, serta sayur-sayuran. Oleh karena itu, keberadaan kulkas yang berfungsi dengan maksimal akan sangat memudahkan Anda. Simak penjelasan mengenai penyebab dan cara service kulkas pada artikel di bawah ini.

Mengapa Kulkas Tidak Dingin?

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan kulkas tidak dingin lagi. Beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu:

Kebocoran freon

Freon merupakan komponen utama agar kulkas Anda menjadi dingin. Apabila komponen ini bocor, maka supply freon untuk kulkas tentu akan berkurang dan menyebabkan kulkas lama-kelamaan menjadi tidak dingin lagi.

Tersumbatnya filter kulkas

Filter kulkas yang tersumbat menyebabkan sirkulasi freon menjadi tidak lancar.

Kerusakan pada bagian listrik

Hal ini bisa terjadi karena rusaknya kabel colokan kulkas ke listrik atau stop kontak yang rusak. Kabel rusak mungkin disebabkan oleh gigitan hewan. Inilah yang menyebabkan listrik tidak mengalir ke seluruh bagian kulkas, sehingga kulkas tidak berfungsi dengan baik.

Kerusakan pada kompresor

Kompresor pada kulkas merupakan komponen yang memastikan proses pendinginan dalam kulkas berjalan dengan baik. Apabila kipas freezer menyala, namun kulkas tidak dingin, maka bisa jadi kompresor kulkas mengalami kerusakan.

Kotornya kumparan kondensor pada kulkas

Kumparan kondensor kulkas merupakan alat yang digunakan untuk merubah gas refrigerant bertekanan tinggi menjadi cairan.  Cara ini dilakukan dengan menghilangkan panas dari refrigerant ke temperatur atmosfer sehingga menyebabkan suhu kulkas menjadi dingin. Namun, apabila kumparan kondensor kotor, maka dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin.

Bunga es yang terlalu tebal

Tebalnya bunga es pada kulkas akan membuat lubang angin tertutup. Inilah yang membuat kondisi udara di dalam kulkas jadi tidak dingin. Pastikan untuk membersihkan bunga es yang tebal dengan membiarkan kulkas terbuka dan meletakkan kipas angin menyala di depannya.

Kebiasaan menyimpan makanan panas

Menyimpan makanan dalam kondisi panas di dalam kulkas akan menyebabkan suhu di dalam kulkas menurun, akibat berinteraksi dengan suhu panas makanan. Inilah yang membuat kulkas tidak dingin lagi.

Bagaimana Cara Service Kulkas yang Sudah Tidak Dingin?

Setelah Anda mengetahui penyebab kulkas Anda tidak dingin. Maka Langkah selanjutnya adalah melakukan service atau memperbaikinya. Berikut beberapa Langkah untuk service kulkas yang sudah tidak dingin lagi.

  1. Pertama-tama, Anda harus melakukan identifikasi dimanakah letak kerusakan pada kulkas.
  2. Apabila kerusakan terjadi pada bagian pipa atau kompresor, akan lebih aman jika Anda memanggil jasa service kulkas. Hal ini dikarenakan apabila memperbaiki bagian tersebut akan membutuhkan alat khusus yang tidak semua orang mempunyai alat tersebut.
  3. Jika penyebab kulkas dingin disebabkan karena bagian listrik, maka Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru.
  4. Agar proses Anda mengecek menjadi mudah, Anda bisa menggunakan multimeter kemudian arahkan pada ohm.
  5. Apabila kerusakan disebabkan oleh putusnya kabel atau rusaknya thermostat, Anda bisa mengeceknya menggunakan multimeter lalu memperbaikinya bila memungkinkan. Namun bila tidak memungkinkan, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Jadi, itu adalah beberapa penyebab dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat kulkas di rumah Anda sudah tidak dingin lagi. Namun, apabila dirasa kerusakannya cukup serius dan Anda tidak mampu memperbaikinya sendiri, sebaiknya panggil jasa service kulkas. Dengan begitu, kerusakan yang ditimbulkan tidak semakin parah dan dapat segera diatasi.

Sekarang Anda tidak perlu bingung dalam menemukan jasa service kulkas terbaik. Melalui aplikasi Sejasa dan website sejasa.com, Anda bisa mendapatkan vendor service kulkas profesional yang akan membantu permasalahan kulkas.

Di Sejasa.com terdapat ribuan penyedia jasa service kulkas yang siap melayani Anda dengan kualitas pengerjaan yang bagus dan tidak diragukan lagi. Selain itu, Anda akan mendapatkan garansi 30 hari. Jadi tunggu apalagi? Buat permintaan jasa sekarang.

service kulkas
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.