7 Penyebab AC Tidak Dingin Meski Sudah Dinyalakan

Pada waktu-waktu tertentu terutama siang hari yang terik, menyalakan AC seakan menjadi obat yang meredakan panas. Namun, mengapa AC tidak dingin meski sudah dinyalakan? Ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui agar AC dapat diberikan perawatan yang sesuai. Simak informasi berikut ini.

Filter AC tersumbat

penyebab ac tidak dingin
Freepik

Filter AC yang tersumbat membuat aliran udara dingin jadi terhambat. Sumbatan ini diakibatkan karena tumpukan kotoran dan debu dari AC yang jarang dibersihkan. Untuk menghindari penumpukan debu maka filter AC perlu dicuci secara rutin misalnya 3 bulan sekali.

Jumlah refrigerant yang tidak mencukupi

Freon refrigerant penyebab ac tidak dingin
Getty Images

Jika jumlah refrigerant atau yang lebih dikenal dengan freon tidak mencukupi akan menghasilkan udara yang kurang dingin. Kurangnya freon dalam AC disebabkan karena adanya kebocoran di pipanya. Anda perlu melakukan perbaikan AC berupa penambahan freon ketika hal ini terjadi.

Kondensor yang kotor

kondensor ac kotor penyebab ac tidak dingin
Parker

Kondensor AC berfungsi sebagai pendukung agar udara yang dihasilkan oleh AC jadi dingin dengan mengubah wujud gas refrigerant menjadi cair (kondensasi) serta menurunkan suhu temperature refrigerant. Panas yang ada pada refrigerant dilepaskan ke udara bebas dengan dibantu kipas motor AC.

Kondensor ini letaknya di luar ruangan dan bisa mengalami penumpukan kotoran. Kotoran ini mempersulit aliran udara yang akan dikeluarkan. Kerjanya menjadi kurang efisien, udara AC yang dikeluarkan tidak sedingin seharusnya.

Kompresor rusak

kompresor ac
One Hour Air Conditioning & Heating

Meski terlihat mirip, kondensor dan kompresor memiliki fungsi yang berbeda. Kompresor berupa motor yang bekerja untuk mengompres refrigerant dan mengalirkannya melalui evaporator dan koil kondensor. Jika proses pendinginan pada kondensor buruk maka AC tidak akan mengeluarkan udara dingin. 

Ketika kompresor bermasalah, maka perlu dilakukan pergantian. Klaim garansi untuk kompresor jika masih berlaku. 

Kesalahan pengaturan thermostat 

thermostat remote ac
Getty Images

Untuk mendapatkan angin dingin, atur thermostat dengan benar. Caranya adalah dengan menggunakan mode “cool” yang ada pada remote AC. Atur suhu pada rentang suhu 22-25℃ agar ruangan dingin tanpa terlalu boros listrik.

Suhu ruangan yang terlalu tinggi

suhu tinggi panas gerah
Talk Business

Dalam bekerja, AC memiliki batas optimal pengaturan suhu yang memungkinkan AC beroperasi secara efektif. Kalau suhu sekitarnya terlalu tinggi, maka proses pendinginan menjadi kurang maksimal. Pada kondisi udara yang terlampau panas di luar yang membuat mesin mencapai batas maksimalnya, kompresor dapat mati seketika.

Ukuran AC tidak sesuai

ac dalam ruangan
H&H Air Conditioning

Kesalahan yang kerap diabaikan adalah pembelian AC berdasarkan budget, bukannya sesuai kebutuhan ruangan. Memang AC dengan ukuran PK kecil harganya relatif terjangkau, namun tetap tidak efektif jika tujuannya diletakkan di ruangan yang luas. Jadi, pilihlah AC sesuai ukuran ruangan. Semakin besar ruangan, maka semakin besar pula ukuran AC.

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.