Hemat Biaya Listrik Setiap Bulan dengan Cara Mudah

Apakah Anda sering dikejutkan dengan tagihan listrik Anda yang meninggkat di setiap bulannya? Mengapa hal itu terjadi? Alasannya sederhana, karena kita memiliki peralatan elektronik yang semakin banyak. Dalam satu rumah tangga saja bisa terdapat iPad, beberapa telepon genggam, pemanas air, game console, TV, dan AC.

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk menghemat tagihan listrik. Beberapa hanya membutuhkan perubahan kecil dalam kebiasaan Anda menggunakan peralatan elektronik, dan beberapa metode lainnya memerlukan bantuan dari penyedia jasa profesional.

1. Efektif dalam Menggunakan Mesin Cuci

shutterstock_238016830

Gunakanlah mesin cuci dengan lebih efektif. Jangan menggunakan mesin cuci hanya untuk mencuci sepasang kaos kaki saja atau melakukan beberapa kali cuci dalam satu hari. Kumpulkanlah pakaian yang hendak dicuci terlebih dahulu dan penuhi mesin cuci. Gunakan air dingin supaya tidak perlu boros untuk pemanas air.

2. Jemur Pakaian Anda

shutterstock_252454768

Banyak apartemen dan kondominium modern yang menyediakan mesing pengering pakaian. Tapi negara tropis seperti Indonesia memiliki pengering natural yang paling efektif; sinar matahari. Dibanding menggunakan mesin pengering, jemurlah pakaian Anda di balkon dan keringkan pakaian secara natural dengan angin dan panas matahari.

3. Menggunakan Kipas Angin di Siang Hari

shutterstock_15210691

Apakah rambut Anda menjadi bercabang dan kulit Anda kering? Ini bisa saja karena Anda menggunakan Air Conditioner (AC) terlalu lama! Memang terkadang udara terasa sangat panas tak tertahankan dan membuat kepala penat. Tapi daripada menggunakan AC terus-menerus seharian, gunakanlah kipas angin. Anda tidak perlu menyalakan semua AC dalam satu rumah hanya untuk mendinginkan kepala Anda, cukup satu kipas angin dengan kekuatan yang pas pasti tidak akan membuat Anda masuk angin.

4. Manfaatkan Jendela Rumah Anda

shutterstock_302752751

Pada siang hari, hematlah listrik untuk lampu dengan memanfaatkan cahaya alami. Bukalah jendela dan tirainya untuk membiarkan sinar matahari masuk ke rumah Anda. Selain menghemat tagihan listrik, sinar matahari pagi dapat menyemangati Anda untuk memulai hari. Anda akan termotivasi untuk hidup lebih produktif!

5. Cabut Peralatan Elektronik yang Tidak Digunakan

shutterstock_269585585

Ada beberapa peralatan elektronik yang terus-menerus menyerap listrik walaupun dalam keadaan standby. Termasuk di antaranya adalah TV dan telepon genggam yang masih di-charge meskipun baterainya sudah penuh. Karena itu, cabutlah charger dari stop kontak ketika sudah selesai men-charge telepon genggam Anda. Dan jangan lupa mematikan lampu yang sedang tidak digunakan.

Untuk AC, Anda dapat mengatur timer sehingga AC akan mati dengan sendirinya pada jam tertentu di pagi hari.

6. Mandi Tanpa Air Panas

shutterstock_94616959

Daripada menghabiskan uang untuk pemanas air, mandilah dengan air dingin! Lagipula udara Indonesia tidak terlalu dingin sehingga Anda harus mandi dengan air panas setiap saat. Selain itu, hindarilah mandi terlalu malam supaya udara belum jadi terlalu dingin.

7. Service AC dengan Teratur

shutterstock_210711853

Banyak dari kita menggunakan AC setiap hari. Ini akan menyebabkan kotoran menumpuk di AC Anda. Hal ini membuat AC Anda bekerja dua kali lebih berat dan menyebabkan tagihan listrik membengkak. Karena itu, ingatlah untuk membersihkan AC secara teratur.

Selain membersihkannya, Anda juga perlu melakukan service AC dengan teratur untuk menjaga gas pendingin tidak habis dan AC dapat bekerja dengan efektif. Jika AC Anda bocor, Anda juga dapat memperbaikinya sekaligus.

Dapatkan Jasa Service AC di Sejasa.com!

AC

Jika Anda membutuhkan jasa service AC, Anda bisa mendapatkan yang terbaik di Sejasa.com. Kami sudah mengumpulkan daftar ahli jasa terbaik untuk perbaikan dan pemeliharaan rumah di Indonesia. Dan Anda akan dihubungi oleh penyedia jasa service AC hanya dalam beberapa jam setelah permintaan. Ayo kita berkontribusi untuk mengurangi pemborosan energi sekaligus menghemat tagihan listrik kita! 

5/5 (1)

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.