5 Menu Catering Masakan Indonesia Favorit

catering masakan indonesia

Siapa yang tidak suka memanjakan lidah dengan menikmati beragam masakan Indonesia yang menggugah selera?

Masakan Indonesia terkenal karena kelezatannya, sehingga membuat kita selalu mencari masakan Indonesia saat berkumpul dengan keluarga atau saat menghadiri acara-acara besar seperti pernikahan, gathering, halal bihalal, maupun acara launching product sebuah perusahaan.

Namun, masakan apa yang cocok untuk segala acara Anda? Terkadang kita merasa kesulitan menentukan menu apa yang harus dihidangkan, western food atau Indonesian food? Bagaimana jika keduanya? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mungkin timbul di benak Anda. Tak apa memilih keduanya, tetapi pastikan masakan yang disajikan sesuai dengan tema acara Anda, agar tercipta keharmonisan di dalamnya.

Hal yang paling penting ketika menyelenggarakan sebuah acara adalah Anda memerlukan banyak orang yang terdiri dari tim untuk mengerjakan sesuatu. Jasa catering menjadi pilihan terbaik untuk mengerjakan departemen makanan dalam sebuah acara. Jika Anda melakukannya sendiri, maka banyak hal yang harus dikerjakan dan dipikirkan yang tentu saja akan menyita waktu dan pikiran.

Hampir semua orang menyukai masakan Indonesia, namun ada beberapa masakan yang selalu menjadi favorit di acara-acara besar:

1. Rendang

Daging rendang adalah masakan tradisional nusantara dari Minangkabau juga Melayu. Biasanya menggunakan daging sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya dan disajikan bersantan. Saat ini rendang tidak hanya mudah didapatkan serta dikonsumsi sehari-hari, tapi sebagai masakan bergengsi saat adanya acara pernikahan atau acara-acara besar lainnya. Daging rendang sudah menjadi sesuatu hal wajib yang harus ada dalam setiap acara pernikahan ataupun acara peresmia, sunatan, syukuran dan kumpul keluarga besar. Rendang bahkan menjadi makanan wajib yang dihidangkan saat lebaran.

rendang-padang-prasmanan-dlina-catering
Foto: Rendang Padang disajikan pada acara Buka Puasa Bersama di Bukit Golf Hijau, Sentul City, Bogor oleh dLina Catering & Events.

2. Nasi Bakar

Salah satu sajian menu Sunda yang banyak penggemarnya adalah nasi bakar, khususnya nasi bakar pepes isi ayam. Baunya yang beraroma gosong daun pisang ditambah daun kemangi rasanya sangat menggoda. Apalagi isinya khas bumbu pepes ditambah serai yang gurih akan sangat mengundang selera makan Anda. Menu masakan nasi pepes bakar ini cocok untuk disajikan di acara pernikahan karena bentuknya yang praktis dan rasanya yang gurih. Ditambah bungkus nasi bakar yang sangat unik, semakin membuat masakan ini menjadi favorit.

Nasi-Pepes-Bakar
Foto: Nasi Pepes Bakar oleh Resep Bunda.

3. Sate Lilit

Sate lilit merupakan salah satu sajian kuliner Indonesia yang berasal dari Bali. Sate lilit Bali merupakan sajian khas yang terbuat dari daging cacah yang telah dibumbui dan dililitkan di batang sereh. Sate lilit memiliki rasa yang gurih, empuk dan lezat, sehingga membuat masakan khas Bali ini memiliki banyak penggemar dari kalangan anak-anak sampai orang tua.

sate-lilit-ayam-dlina-catering-jakarta-tangerang
Foto: Sate lilit ayam disajikan sebagai salah satu menu prasmanan pada acara di Kediaman Ibu Nia di Puri Bintaro oleh dLina Catering & Events.

4. Ayam Woku

Ayam woku adalah makanan khas asal Manado yang kaya akan rasa dan aroma yang khas. Kekhasan yang paling kental dari ayam woku adalah rasanya yang pedas serta ciri khas daun kemangi nya yang membuat rasa spesial di mulut. Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering dimasak sebagai bahan dasar, selain karena bisa dimasak beragam, ayam sendiri juga mengandung banyak gizi yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber protein hewani. Bila Anda sedang bingung ingin memilih menu ayam tetapi tidak mau yang itu-itu saja tanpa ada variasi, ayam woku dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kebingungan Anda. Ayam woku sangat cocok bila disajikan saat hangat dengan ditemani nasi putih sebagai hidangan makan besar.

ayam-woku-dlina-catering
Foto: Ayam woku disajikan prasmanan pada acara ulang tahun Ibu Evi di Serpong, Tangerang oleh dLina Catering & Events.

5. Nasi Tumpeng

tumpeng-oke
Foto: Nasi tumpeng oleh Hani Catering.

Nasi tumpeng yang menggunakan nasi kuning di dalamnya merupakan hidangan khas Indonesia yang spesial yang seringkali ada dalam berbagai acara, termasuk acara syukuran atau peresmian acara kantor dan berbagai jenis kegiatan. Bahan utama yang digunakan pada nasi tumpeng adalah beras yang dimasak dengan santan dan kunyit dengan tambahan rempah-rempah pilihan sehingga racikan bumbu dapat meresap ke dalam nasi dan membuat menu hidangan ini menjadi istimewa. Inilah yang menyebabkan nasi tumpeng kuning menjadi gurih dan nikmat dibandingkan nasi putih biasa. Kenikmatan nasi tumpeng juga ditunjang dengan beragam lauk pauk dan juga sayuran yang dapat menambah nilai gizi dari nasi tumpeng.

Sewa Jasa Catering di Sejasa.com!

Discover the CoastsHidden surf Spots (9)

Kami akan mencarikan rekomendasi jasa catering untuk membuat penawaran kepada Anda untuk setiap event. Beritahu kami detil permintaan Anda.

 

 

Share This Article!

3 thoughts on “5 Menu Catering Masakan Indonesia Favorit”

    1. Dear Ibu Erika,

      Anda dapat langsung mengakses website kami di Sejasa.com, dan pilih penyedia jasa yang sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian isi ‘Request Details’ dan klik ‘Dapatkan Penawaran’. Jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silahkan menghubungi email kami [email protected]

  1. Pingback: 5 Tips Memilih Makanan untuk Catering Pernikahan 

Leave a Comment

Your email address will not be published.