10 Tahun Lebih Muda Dengan Yoga

Saat Anda menonton televisi, perhatikan iklan-iklan yang ditayangkan dan Anda akan menemukan pola yang muncul—setiap 1 dari 3 iklan yang ada adalah iklan produk kosmetik.

Setiap orang ingin berpenampilan prima, dan kosmetik menjamin bahwa mereka dapat memberikan apa yang Anda butuhkan. Namun, penawaran ini datang dengan banyak permasalahan. Produk kosmetik masa kini penuh dengan bahan kimia yang menyebabkan sakit kepala, alergi, reaksi pada kulit, rambut rontok, penuaan, dan bahkan kanker. Sudah menjadi hal yang umum diketahui bahwa perempuan lebih sering memakai kosmetik dibandingkan pria. Sebagai konsekuensinya, perempuan mengalami resiko yang lebih besar terhadap dampak dari pemakaian produk kosmetik.

Tapi berpenampilan prima tidak perlu diganjar dengan harga yang mahal ditambah begitu banyaknya efek buruk yang tak diinginkan. Pada zaman dahulu di India, yoga dan ayurveda (tradisi perawatan kesehatan kuno) sangat berperan terhadap hampir seluruh aspek kesehatan jasmani. Meskipun sudah ribuan tahun yang lalu, keampuhan yoga dan ayurveda masih berlaku sampai saat ini, dan yang paling menariknya kedua hal tersebut bersifat alami dan bebas efek samping.

Penuaan merupakan fenomena yang alami dan tidak bisa dihindarkan. Namun ada kabar baiknya, Anda memiliki banyak pilihan alami untuk memperlambat penuaan dengan mengikuti tips ini:

1. Downward Facing Dog

Banyak orang menilai bahwa yoga tidak begitu bermanfaat untuk kecantikan karena tidak begitu banyak gerakan seperti layaknya senam atau aerobik. Tapi pada kenyataanya, selain khasiat relaksasi untuk awet muda, yoga juga memiliki gerakan-gerakan tertentu yang mana gerakan inilah yang bisa membuat Anda awet muda. Salah satu gerakan yoga yang membuat Anda tampak lebih awet muda adalah gerakan downward facing dog. Gerakan downward facing dog termasuk gerakan yang lebih mudah dibandingkan shoulder stand karena Anda hanya melakukan gerakan setengah telungkup. Meski begitu, jika tidak serius dan berlatih, gerakan ini pun akan terasa susah.

Untuk melakukan gerakan ini, tangan dan kaki dilebarkan sejajar bahu dengan posisi tubuh setengah telungkup. Letakkan telapak tangan di atas lantai. Capai permukaan lantai dengan tumit dan bokong menghadap ke atas. Kemudian buat rileks leher Anda.

578947_620096754684091_895887538_n
Foto: Gerakan downward facing dog dipraktekkan di Dini Yoga.

2. Plow

Selain membuat Anda menjadi lebih awet muda, gerakan plow memiliki banyak manfaat jika dilakukan secara rutin. Gerakan ini juga sangat berpotensi mencegah penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung.

Untuk melakukan gerakan ini, posisi Anda harus berbaring di yoga mat atau lantai, kaki diangkat ke atas dengan sudut 90°. Dengan kedua tangan di sisi badan, dorong perut sambil mengangkat punggung hingga kaki hampir menyentuh wajah. Tahan posisi ini hingga 45 detik dan turunkan secara perlahan-lahan.

10450157_10152971822600971_5842171944483813571_n
Foto: Gerakan plow dipraktekkan di Iyengar Yoga Indonesia.

3. Pranayama

Pranayama adalah jenis latihan yoga yang berkaitan dengan fungsi pernafasan. Kata “prana” memiliki arti nafas dan “ayama” memiliki arti pengaturan. Jadi, apabila digabungkan pranayama adalah pengaturan nafas. Bernafas merupakan kebutuhan yang penting bagi tubuh. Apabila Anda mampu mengatur irama pernafasan, hal ini tentu dapat membantu Anda memperoleh tubuh dan pikiran yang lebih sehat.

Untuk melakukan gerakan ini, Anda harus duduk bersila yang santai dan jangan tegang. Tarif nafas melalui hidung sampai rongga dada penuh secara pelan-pelan dalam tujuh hitungan atau detik. Lalu tahan nafas di paru-paru selama tujuh detik. Kemudian hembuskan nafas keluar melalui hidung pelan-pelang selama tujuh detik. Demikian berulang-ulang, kalau bisa sampai 108 kali putaran.

10430913_10152477677722651_1552290026555729611_n
Foto: Gerakan pranayama dipraktekkan di Yoga Leaf.

4. Forward Bend

Gerakan forward bend merupakan gerakan berdiri dengan melebarkan kaki sejajar dengan pinggul. Setelah itu, Anda kemudian membungkukkan badan hingga tangan menyentuh jari kaki. Rilekskan leher dan silangkan tangan Anda. Tahan posisi ini selama 45 detik hingga 1 menit. Manfaat dari gerakan ini adalah dapat menenangkan pikiran, merenggangkan tulang belakang, bahu, dan hamstring, membantu agar pencernaan lancar, dan meringankan sakit kepala dan rasa lelah.

10991361_846228335449169_7229262642742227462_n (1)
Foto: Gerakan forward bend dipraktekkan di Bikram Yoga.

5. Meditasi

Wajah adalah refleksi dari apa yang terjadi di dalam pikiran. Pikiran yang sedang kalut dan marah akan menghasilkan wajah yang tegang dan berkerut, sementara jika pikiran bahagia maka akan menghasilkan wajah yang tenang dan tentram. Meditasi dalam yoga membantu menjaga pikiran terfokus, tenang dan bebas dari ketegangan bahkan ketika Anda sedang mengerjakan deadline pekerjaan.

Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa meditasi membantu memperlambat proses penuaan. Salah satu penelitian mengatakan bahwa dengan mempraktekkan meditasi secara teratur akan melindungi kromosom dari degenerasi dan melawan penuaan dini.

12108137_1513669285622345_5206672424820569520_n
Foto: Meditasi dipraktekkan di Real Yoga.

Gerakan-gerakan yoga di atas, jika Anda praktekkan secara rutin, akan membuat Anda lepas dari kelelahan akibat rutinitas kerja yang akan sangat merusak penampilan Anda. Cara yang bisa dikatakan sederhana ini sangat efektif membuat penampilan Anda selalu awet muda karena sangat baik untuk tubuh dan pikiran. Mungkin Anda belum percaya bahwa melakukan gerakan yoga seperti yang telah dijelaskan di atas akan membuat Anda terlihat seperti 10 tahun lebih muda dari usia Anda yang sebenarnya. Gerakan yoga seperti di atas juga dapat membuat Anda terbebas dari penyakit serta membantu mengatur keseimbangan jiwa, tubuh dan pikiran.

Temukan rekomendasi kelas yoga dan instruktur yoga terpercaya di Sejasa.com!

Discover the CoastsHidden surf Spots (7)

Kami akan mencarikan rekomendasi kelas yoga dan instruktur yoga yang cocok untuk membuat penawaran kepada Anda. Beritahu kami detail permintaan Anda.

Share This Article!

1 thought on “10 Tahun Lebih Muda Dengan Yoga”

  1. Pingback: Manfaat Mengikuti Kelas Yoga Untuk Ibu Hamil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *