muaythai

Manfaat Muaythai untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Jika Anda bosan dengan jenis olahraga yang itu-itu saja, olahraga yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda. Muaythai, sebuah bentuk seni bela diri yang berasal dari Thailand menjadi sangat populer di berbagai negara di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Muaythai berbeda dari tinju konvensional ala Barat dan bahkan kickboxing yang banyak dipraktekkan di negara-negara lain, karena Muaythai memanfaatkan empat anggota tubuh yang membuat olahraga ini menjadi sangat menarik dan menyenangkan untuk ditonton. Muaythai merupakan olahraga body combat yang membutuhkan banyak kelincahan dan kecepatan di dalam ring.

Ketika sebagian besar orang belajar muaythai karena menginginkan olahraga yang lebih keras untuk membantu menurunkan berat badan, sebenarnya ada manfaat yang lebih besar daripada hal itu semua. Muaythai lebih dari sekedar mempelajari tentang teknik pertahanan diri dan melemparkan pukulan dan tendangan yang tepat.

Dapat meraih kekuatan di dalam diri dan kepercayaan diri adalah manfaat terbesar dari muaythai, hadiah utama dari segala kerja keras dan usaha Anda. Namun Anda harus mengerti bahwa olahraga seni bela diri ini sangat menuntut kerja keras dan ketekunan. Tapi jangan takut, dengan mendorong kemampuan fisik dan mental melampaui batas-batas, Anda akan belajar bagaimana mengendalikan tubuh, pikiran, dan jiwa Anda untuk mencapai tujuan-tujuan besar—baik dalam latihan atau dalam kehidupan sehari-hari.

Apa yang muaythai berikan untuk membangun kekuatan dalam diri dan karakter, serta manfaatnya bagi kesehatan, yang berbeda dengan aktivitas olahraga lainnya? Beberapa hal di bawah ini merupakan empat manfaat muaythai yang perlu Anda ketahui:

Meningkatkan Kondisi Kardiovaskular (Jantung)

Tak ada cabang olahraga yang dapat melatih jantung sebaik muay thai. Dengan jenisnya yang aerobik maupun anaerobik, muay thai menempatkan tekanan besar pada sistem kardiopulmonal Anda. Dengan latihan secara rutin, tubuh Anda akan terbiasa dengan tekanan-tekanan dalam olahraga ini dan peningkatan kinerja kardiovaskular adalah salah satu hadiahnya!

934783_1513671985511163_1988189638593859402_n
Foto: Latihan muay thai di Asta Muay Thai.

Menguatkan Tungkai Kaki

Gerakan menendang dan gerakan kaki lainnya memainkan peranan besar dalam seni bela diri muay thai. Salah satu gerakan yang khas pada muay thai adalah tendangan “the roundhouse kick”, yang merupakan sebuah tendangan kaki yang diayunkan dengan gerakan setengah lingkaran, menyerang dengan bagian depan kaki.

Belajar cara menendang dapat memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah. Setiap otot tersebut akan mendapatkan manfaat dari berlatih berbagai tendangan dan latihan gerak kaki yang tergabung dalam olahraga ini. Muay thai menawarkan mulai dari daya tahan otot, kekuatan, kelincahan atau membentuk betis.

IMG_4519
Foto: Latihan muay thai di Bandung Muay Thai Club.

Menguatkan Otot Inti

Umumnya ketika seseorang membicarakan otot intinya, ia mengacu pada otot perutnya. Namun, hal itu sebenarnya adalah salah kaprah. Otot inti atau inti dari tubuh Anda adalah setiap otot yang terletak di batang tubuh Anda, dan bukan otot perut saja! Sifat rotasi semua gerakan dalam olahraga ini benar-benar memperkuat inti otot Anda. Gerakan tonjokan ke tubuh juga cukup membantu. Serangan, gerakan defensif dan menjepit akan membantu Anda memperkuat semua otot inti.

11080915_350118781848360_2034912210784318761_n
Foto: Latihan muay thai di Legacy Muay Thai.

Meningkatkan Fleksibilitas Pinggul

Tentu saja, hal ini tak akan terjadi dalam semalam, namun pada saat Anda melakukan gerakan menendang dan menyerang dengan lutut, fleksibilitas pinggul Anda pun meningkat. Memiliki pinggul sehat dapat menyelamatkan Anda dari rasa sakit yang serius dan berbagai kondisi medis mengerikan lainnya di kemudian hari. Hanya ingatlah untuk selalu melakukan gerakan peregangan sebelumnya. Pergilah ke klinik terapi pijat dan dapatkan pijatan pada pinggul Anda sesekali, niscaya pinggul Anda akan terasa luar biasa!

10592856_1513672225511139_5597738857182866309_n
Foto: Latihan muay thai di Asta Muay Thai.

Keberanian

Karena jadwal latihan dan pertandingan yang padat, seseorang yang mendalami muay thai akan membangun keberanian, tekad dan kepercayaan diri. Sesi latihan yang melelahkan tidak hanya akan menciptakan stamina fisik semata, namun juga menguatkan stamina mental dan tekad yang dapat mencegah Anda dari keputusasaan. Sesi latihan muay thai dibuat untuk mengasah teknik dan mengembangkan rasa percaya diri untuk membuat keputusan yang datang secara tiba-tiba.

11960023_1614826452113989_2972148324334006887_n
Foto: Latihan muay thai di Warrior Camp Bekasi.

Kecerdasan

Muay thai menumbuhkan kecerdasan melalui taktik, teknik, dan trik. Pertama, Anda mempelajari teknik. Berikutnya, mereka mempelajari taktik—seni dan ilmu dalam menggunakan teknik untuk memperoleh keuntungan atau kesuksesan. Terakhir, Anda mempelajari trik—siasat yang digunakan untuk mengecoh lawan. Kemajuan dalam latihan Anda ditambah dengan pengalaman akan menciptakan kecerdasan.

12196292_1634437846823653_8211897782823833076_n
Foto: Latihan muay thai di Pitbull Academy.

Rasa Hormat

Secara profesional, muay thai bisa menjadi olahraga yang brutal dan membuat Anda babak belur. Bahkan banyak orang yang mengalami cedera yang cukup serius jika tidak mendapat tindakan yang tepat. Oleh karena itu, Anda harus menunjukkan rasa hormat kepada olahraga ini, pelatih Anda, dan tentu saja ke setiap lawan Anda.

Bahkan, keterampilan teknis Anda yang unggul tidak akan berharga jika Anda tidak menghormati nilai historis dan budaya dari olahraga muay thai ini.

10269433_1549233788621649_8401976247842208368_n
Foto: Pertandingan muay thai oleh Asta Muay Thai.

Meredakan Stres

1471134_897592996963914_6275079910698197105_n
Foto: Pertandingan muay thai oleh Real Muay Thai Boxing.

Ini bisa jadi manfaat kesehatan terpenting yang Anda dapat dari muay thai. Sebagian besar orang menumpuk cukup banyak stres di siang hari. Mari kita hadapi saja masalah tersebut. Ketika Anda sedang marah di kantor atau stres dengan tagihan-tagihan yang belum dibayar, memukul sesuatu dapat membuat Anda merasa lebih baik. Karena sifat cepat dari olahraga ini, Anda tidak akan menyusahkan diri dengan rasa khawatir berlebihan saat latihan. Berlatih seni bela diri memungkinkan Anda untuk fokus pada diri sendiri, bukan hal yang lain. Melakukan sesuatu secara teratur dapat membantu Anda menjadi individu yang lebih bahagia dan periang.

Manfaat kesehatan yang luar biasa untuk kekuatan tubuh dan mental ini akan mendorong Anda untuk mengunjungi pusat pelatihan muay thai di kota Anda. Sebelum Anda mencoba muay thai, pastikan Anda menyesuaikan latihan dengan tingkat kebugaran Anda saat memulainya. Jangan pernah merasa malu-malu untuk beristirahat atau memodifikasi gerakan untuk membuatnya cocok bagi Anda. Juga perlu diingat, dalam latihan olahraga jenis apapun selalu ada risiko cedera. Pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional medis setiap Anda hendak memulai jenis olahraga baru dan biarkan pelatih Anda mengetahui adanya cedera atau kondisi fisik yang mungkin Anda miliki sebelum mulai berlatih.

Tak peduli di mana posisi Anda di dalam kehidupan ini sekarang. Ambilah tantangan untuk belajar muay thai dan dapatkan manfaat untuk kekuatan tubuh dan kedamaian jiwa yang layak Anda dapatkan.

Temukan rekomendasi kelas muay thai di Sejasa.com!

muaythai

Kami akan mencarikan rekomendasi kelas muay thai untuk membuat penawaran kepada Anda. Beritahu kami detil permintaan Anda.

 

 

 

Share This Article!

2 thoughts on “Manfaat Muaythai untuk Kesehatan Tubuh dan Mental”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *