ruangan bersih dengan kursi dan meja yang tertata rapi

4 Tips Membuat Ruangan Bersih dengan Efektif dan Efisien

Memiliki rumah dengan ruangan bersih, sehat dan nyaman merupakan impian bagi setiap orang. Namun, untuk mewujudkan itu semua butuh perjuangan yang luar biasa. Rumah tentunya harus dibersihkan setiap hari, agar bakteri dan debu tidak menempel pada setiap interior rumah. Jangan sampai ada sudut ruangan yang terlewatkan untuk dibersihkan setiap harinya.

Tapi terkadang tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk membersihkan setiap ruangan yang ada di rumah. Terutama bagi yang sibuk dengan banyaknya pekerjaan dan kegiatan di luar rumah, sehingga tidak sempat untuk sekedar bersih-bersih. Anda tentunya harus mencari cara yang terbaik untuk bisa membersihkan ruangan dengan efektif dan efisien, sehingga tidak banyak waktu yang terbuang percuma.

Cara Membuat Ruangan Bersih dengan Efektif dan Efisien

Setiap orang tentunya memiliki teknik dan strategi yang berbeda-beda untuk membersihkan tiap ruangan di dalam rumahnya. Namun, tentunya ada cara yang efektif untuk membuat ruangan bersih tanpa harus bekerja keras dan membuang waktu dengan percuma. Simak penjelasan di bawah ini untuk tips selengkapnya:

Selalu Gunakan Kain Lap

seorang pekerja cleaning perempuan sedang melakukan pembersihan kaca dengan lap

Sebenarnya ada banyak alat yang bisa digunakan untuk membersihkan perabotan di dalam ruangan dari debu dan kotoran. Namun, alat yang paling efisien digunakan untuk membersihkan perabotan adalah kain lap.

Kain lap mampu menyerap air dan bahan pembersih dengan baik dibandingkan dengan tisu yang hanya sekali pakai. Selain itu, permukaan kain lap juga efektif menangkap debu dan membersihkan kotoran dengan baik. Anda bisa menggunakannya berkali-kali pada perabotan rumah yang lain.

Awali dari Atas

Jika Anda ingin membersihkan ruangan, maka utamakan proses pembersihan dari bagian yang paing atas terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan bagian bawah atau ruangan di bawahnya. Hal ini akan lebih efisien bila dibandingkan Anda membersihkan yang bagian bawah ruangan dahulu. 

Produk Pembersih Secukupnya

Sebagian orang berpikir, bahwa menggunakan produk pembersih dalam jumlah yang banyak akan membuat ruangan bersih lebih cepat. Namun, hal ini tidak efektif untuk dilakukan karena Anda harus membersihkan kembali dari sisa produk pembersih yang Anda gunakan. Sebaiknya, gunakan produk pembersih yang secukupnya untuk membersihkan ruangan. Apabila tidak terlalu kotor maka Anda bisa hanya dengan menggunakan kain lap basah untuk membersihkan debu yang menempel.

Gunakan Bahan Alami

Tidak semua produk pembersih yang digunakan dapat efektif membersihkan setiap sudut ruangan. Ada kalanya, penggunaan bahan alami yang ada di sekitar kita juga sangat ampuh untuk membersihkan ruangan, salah satu contohnya adalah baking soda.

Siapa sangka salah satu bahan yang ada di dapur ini bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel. Anda tidak perlu menyikat terlalu lama atau menggunakan produk pembersih yang berharga mahal. Dengan menggunakan baking soda, membersihkan rumah jadi lebih mudah dan ruangan bersih dengan cepat.

Bahan alami lainnya yang tidak kalah dengan baking soda adalah buah lemon. Buah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk membersihkan kotoran. Bahkan, banyak produk pembersih yang menggunakan buah lemon sebagai bahan dasar dalam produknya. Kandungan asam yang terdapat pada buah lemon, mampu menghilangkan kotoran membandel yang menempel pada setiap interior yang ada di dalam rumah. Ruangan di rumah Anda akan terlihat bersih dan wangi alami dalam waktu yang bersamaan. Tentunya ini cara yang efektif dan efisien dalam membersihkan rumah.

Itulah tips menjadikan ruangan bersih secara efektif dan efisien yang dapat Anda terapkan dalam membersihkan rumah. Dengan menjaga kebersihan dan kerapian ruangan, Anda dan anggota keluarga lainnya akan lebih nyaman.

Apabila tidak mempunyai waktu luang untuk membersihkan rumah, kunjungi website Sejasa.com atau download aplikasi Sejasa. Pilih jasa daily cleaning, lalu isi form permintaan jasanya dengan detail sesuai kebutuhan Anda.

Daily Cleaning Sejasa dapat membantu menjadikan ruangan bersih dan rapi
Share This Article!