pipa ac

Tips Dalam Memilih dan Merawat Pipa AC Agar Awet

Pipa merupakan salah satu komponen utama yang selalu terdapat pada produk AC. Ini didesain untuk mengalirkan freon atau refrigerant pada AC dari indoor ke outdoor. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa komponen ini mirip dengan pembuluh darah manusia yang tentunya sangat penting. Jika tidak ada pipa AC, freon atau zat dingin tidak dapat mengalir melalui AC. Komponen ini merupakan material yang paling mahal dalam instalasi AC. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih dan merawat pipa AC dengan baik.

Tips Pemilihan Pipa AC

Ketebalan

Fakta bahwa pipa AC terbuat dari tembaga tidak menjamin bahwa itu adalah ketebalan yang benar. Pilih yang tebal agar tahan lama, karena ini berguna untuk mengalirkan freon, maka yang dipilih harus berkualitas baik dan tebal. Jika pipa Anda sangat tipis, ada risiko bocor atau berlubang, yang pasti dapat membahayakan Anda. Jika terjadi kebocoran, maka freon akan terbuang percuma sehingga AC tidak dingin, dan harus segera diganti dengan yang baru.

Bahan Utama

Seperti yang kita ketahui, bahan utama pipa AC adalah tembaga yang tentunya sangat awet dan bisa bertahan lama. Jadi pilihlah pipa tembaga murni, karena saat ini banyak orang yang tidak bertanggung jawab mencampur bahan tembaga ini dengan bahan lain untuk menekan biaya produksi.

Ketebalan Standar

Bagi Anda yang mungkin belum tahu, pipa AC memiliki standar ketebalan tersendiri untuk pipa cair dan gas untuk kedua jenis tersebut. Ketebalan pipa tembaga tebal tidak boleh kurang dari 0,5 mm untuk gas dan 0,48 mm untuk cairan. Oleh karena itu, saat ingin membeli sebaiknya memperhatikan ukuran ketebalan pipa.

Tips Merawat Pipa AC

Jangan Pasang AC Sendiri

Salah satu penyebab paling mematikan dari masalah pipa AC adalah pemasangan yang ceroboh. Pemasangan yang salah atau tergesa-gesa dapat menyebabkan korosi, malfungsi, kebocoran freon, kebocoran air, penyumbatan, dan sejumlah masalah lainnya. Sebaiknya gunakan jasa profesional yang cukup berpengalaman untuk memasang AC dan memastikan semua komponen berada pada tempatnya. Ini tidak hanya memperpanjang masa pakainya, tetapi juga memperpanjang masa pakai seluruh unit AC.

Pastikan Anda Menggunakan Bahan yang Berkualitas

Kualitas pipa AC Anda akan berdampak besar pada waktu ketahanannya. Pipa AC yang dirancang untuk beroperasi di bawah tekanan tinggi dalam kehidupan sehari-hari kehilangan kualitasnya seiring waktu karena tekanan konstan. Dengan begitu, pipa AC yang baik akan mengalami penurunan kualitas yang lebih lama karena lebih tahan terhadap tekanan.

Sangat penting untuk memperhatikan isolasi selama pemasangan. Isolasi membutuhkan bahan yang berkualitas, isolasi yang buruk akan meningkatkan kemungkinan pengembunan pada pipa, yang akan menyebabkan kebocoran. Anda harus memastikan bahwa bahan pipa yang digunakan baik, kualitas bahan isolasi pipa, dan semua komponen terpasang dengan benar. Oleh karena itu, bahan berkualitas jelek dan pemasangan yang salah akan merusak seluruh sistem pendingin udara.

Lakukan Perawatan yang Terjadwal

Masalah pipa AC dapat dideteksi sejak dini dengan perawatan rutin. Dengan melakukan pengecekan secara berkala, Anda tidak hanya dapat menemukan masalah yang relatif kecil, tetapi juga memastikan masalah tersebut tidak merembet ke masalah lain atau merusak unit AC.

Itulah ulasan tentang memilih beserta tips merawat pipa AC yang dapat Anda lakukan. Bagi Anda yang akan memasang AC ataupun melakukan perbaikan pada AC, Anda dapat membuka website Sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Temukan jasa pemasangan dan perawatan AC yang berkualitas di platform Sejasa.

merawat pipa ac
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *