Tips Jaga Produktivitas Selama Kerja dari Rumah (1/2)

Pemerintah kita telah menyarankan untuk bekerja dan belajar di rumah dalam situasi pandemi COVID-19 ini. Beberapa kantor dan sekolah menerapkan sistem ini demi menghindari dan mengurangi penyebaran virus. Bagi sebagian orang, kerja dari rumah (work from home) atau remote merupakan hal baru yang memerlukan adaptasi. Jika Anda salah satunya, tips ini akan sangat berguna bagi Anda. Artikel ini membahas informasi penting mengenai apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga produktivitas selama masa karantina di rumah.

Terapkan rutinitas meski di rumah

bangun pagi
Julian Hochgesang / Unsplash

Ketika Anda harus bekerja dari rumah, salah satu tantangannya adalah harus pintar membedakan suasana hangat dan nyamannya rumah dengan suasana kerja di kantor. Kuncinya yaitu Anda perlu mengikuti rutinitas pagi seperti biasa. Hal ini dimaksudkan demi membangun suasana produktif dan semangat dalam menyelesaikan prioritas kerja. 

Bangun pagi seperti biasa, lalu mandi, dan sarapan sebelum beraktivitas. Karena Anda tidak harus menghabiskan waktu di jalan, Anda punya waktu lebih untuk sedikit santai. Misalnya menyiapkan sarapan bergizi untuk keluarga. Jika biasanya Anda diburu waktu dan berangkat awal demi terhindar dari macet, ini saatnya membuat sarapan tanpa tergesa-gesa. Anda pun bisa memulai hari dengan membersihkan rumah atau membaca surat kabar hari itu.

Anda harus tetap disiplin waktu.  Kalau jam kerja Anda dimulai pada jam 8-9 pagi, maka patuhilah aturan itu. Dengan melakukan beberapa aktivitas sebelum bekerja, mood Anda akan baik sepanjang hari.

Buat suasana kerja/belajar yang nyaman

kerja dari rumah
Racool Studio / Freepik

Adalah sebuah keuntungan bagi Anda yang memiliki ruang home office. Ruangan khusus untuk bekerja tanpa distraksi yang diisi perabotan yang mendukung. Akan tetapi, bagaimana dengan hunian yang luasnya terbatas seperti kamar kost atau apartemen kecil? 

Siapkan tempat khusus untuk Anda bekerja dan tempat belajar anak. Hindari kamar tidur dan sofa yang bikin Anda terhasut “mager”. Namun, jika Anda tidak punya pilihan lain selain sofa ruang tamu atau tempat tidur, atur dan rapikan sedemikian rupa agar Anda nyaman saat bekerja. 

Apabila pekerjaan Anda diharuskan untuk terkoneksi dengan jaringan internet seperti WiFi, pastikan koneksinya tersedia dan lancar. Jika tempat Anda tidak memiliki jaringan WiFi, maka pilihan terakhir adalah menyiapkan data selular dan hubungkan ke perangkat laptop atau komputer Anda.

Jaga kebersihan lingkungan kerja

membersihkan lingkungan kerja
Whatwolf / Freepik

Ketika Anda telah menyiapkan spot khusus untuk bekerja, tidak ada salahnya untuk memelihara kebersihannya. Anda bisa mengelap permukaan meja, merapikan berkas, membersihkan lantai, serta jendela setiap pagi. Bila perlu, gunakan desinfektan supaya debu, kotoran, jamur, dan partikel mikro lainnya bisa dibersihkan secara menyeluruh. 

Sebuah penelitian di Amerika tahun 2017 menghasilkan temuan bahwa rumah yang berantakan akan menyebabkan penghuninya merasa kewalahan dan membuat penghuninya cenderung menunda aktivitas. Dengan kata lain, lingkungan kerja yang bersih dan rapi mampu meningkatkan produktivitas.

Jika Anda tidak sempat membersihkannya, Anda bisa memesan jasa daily cleaning sebelum memulai kegiatan. Menggunakan jasa bersih-bersih adalah solusi tepat sebab akan lebih menghemat waktu Anda di pagi hari. 

Bersihkan Rumah Sekarang >>

 

Tetap berkomunikasi saat kerja dari rumah

telepon tips kerja dari rumah
Pressfoto / Freepik

Bagi yang tidak terbiasa bekerja secara remote, bekerja sendiri menjadi hal yang membosankan. Tidak ada orang lain yang bisa diajak ngobrol atau bertatap muka secara langsung. Terkadang, hal ini membuat individu merasa terisolasi. 

Cara mengatasinya adalah hubungi rekan kerja, teman, atau bahkan keluarga untuk mengobati kesepian. Anda bisa menelepon atau video call sesama rekan kerja. Begitu juga dengan teman atau anggota keluarga. Rasa kesepian tak hanya membuat Anda bosan, tapi juga bisa memunculkan stres. Oleh sebab itu, manfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi supaya Anda tetap terhubung dengan orang-orang terdekat.

Jaga kesehatan dan kebersihan

cuci tangan
Nathan Dumlao / Unsplash

Hal penting selanjutnya adalah menjaga kesehatan. Berbagai paparan informasi yang kita terima setiap harinya selalu mengingatkan kita akan pentingnya menjaga tubuh agar tetap fit. Memperkuat sistem imun akan sangat membantu kita dalam beraktivitas. 

Tipsnya adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, istirahat cukup, dan mempraktikkan kebiasaan bersih. Cuci tangan setidaknya 20 detik, tidak memegang wajah, dan menutup mulut serta hidung dengan tisu tiap batuk atau bersin. 

Apabila Anda sudah merasa kurang enak badan, jangan paksakan untuk bekerja dan hubungi atasan Anda jika perlu menggunakan cuti sakit. Semakin Anda memaksakan diri untuk bekerja kala sakit, akan semakin lama Anda butuh istirahat. Tingkat produktivitas justru bakal lebih menurun.

Sejasa punya beberapa kiat lain untuk mendukung sistem kerja dari rumah. Nantikan tipsnya di artikel berikutnya!

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.