membersihkan kamar mandi

7 Tips Bersihkan Kamar Mandi Dengan Mudah, Pasti Kinclong!

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang penting dijaga kebersihannya. Sebagai penghuni rumah, Anda perlu membersihkan kamar mandi secara rutin agar noda membandel pada setiap sudut bisa teratasi. Jika jarang dibersihkan, maka lantai keramik, dinding, toilet, serta wastafel kamar mandi akan kusam dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Oleh karena itu, Anda sebagai penghuni rumah perlu untuk membuat jadwal rutin bersihkan kamar mandi, sehingga kebersihan kamar mandi akan selalu terjaga. Ingat, ada pepatah yang mengatakan, “kalau ingin memastikan rumah tersebut bersih maka lihatlah kamar mandinya.”Artinya kebersihan kamar mandi dijadikan salah satu patokan dalam menilai kebersihan rumah secara keseluruhan.

Nah, berikut ini adalah 7 tips untuk membersihkan kamar mandi rumah.

Keluarkan Barang-barang yang Ada di Dalam Kamar Mandi

Mungkin terlihat sepele, namun akan kita sadari bahwa dengan mengeluarkan barang-barang yang ada di kamar mandi, seperti tempat peralatan mandi, tumpukan baju kotor maka akan mempermudah Anda melakukan kegiatan membersihkan kamar mandi. Dengan mengeluarkan seluruh barang-barang tersebut, Anda akan lebih leluasa dan akan ada banyak ruang untuk bergerak ketika melakukan bersih-bersih kamar mandi.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus

seseorang sedang menyikat toilet dengan cairan pembersih untuk bersihkan kamar mandi

Air saja tentu tidak akan cukup untuk digunakan membersihkan kamar mandi. Untuk itu, diperlukan cairan khusus untuk membersihkan keramik, membersihkan bak kamar mandi, lantai dan dinding kamar mandi, cairan untuk menghilangkan karat ataupun cairan desinfektan untuk membunuh kuman. Dengan bantuan cairan pembersih, maka aktivitas bersih-bersih kamar mandi Anda akan lebih maksimal.

Gunakan Sarung Tangan   

Saat membersihkan gunakan sarung tangan dari karet, untuk melindungi supaya tangan Anda tidak sampai terkena bahan-bahan kimia yang ada pada cairan pembersih yang digunakan. Ini juga penting untuk mencegah berpindahnya bakteri yang menempel pada spons, sikat atau kain lap ke tangan Anda.

Bersihkan Kamar Mandi Secara Menyeluruh

Setelah proses persiapan selesai, Anda bisa mulai proses membersihkan kamar mandi. Anda bisa mulai membersihkan bagian-bagian yang sering digunakan, seperti bak mandi, wastafel, shower. Awalnya, tuangkan cairan pembersih pada bagian tersebut. Kemudian bersihkan dengan sikat yang lembut supaya tidak sampai menggores keramik.

Bersihkan secara menyeluruh setiap area tersebut hingga semua kotoran, kerak, karat ataupun noda yang menempel menjadi hilang. Jangan sampai ada yang terlewat, karena kotoran ataupun kerak semakin lama dibiarkan akan menjadi keras dan sulit untuk dibersihkan.

Bersihkan Dinding dan Langit-langit Kamar Mandi

Dinding kamar mandi juga menjadi tempat menempelnya kotoran dan kerak. Oleh karena, itu Anda perlu membersihkannya dengan cairan pembersih keramik supaya kotoran dan kerak menjadi hilang. Langit-langit kamar mandi juga perlu dibersihkan dari sarang laba-laba dengan menggunakan sapu pembersih.

Bersihkan Lantai Kamar Mandi

Tentu Anda tidak perlu untuk mengepel lantai kamar mandi, karena proses pembersihan lantai kamar mandi berbeda dengan lantai ruangan yang lainnya. Dalam membersihkan lantai kamar mandi, tuangkan cairan pembersih keramik dan bersihkan dengan cara menyikatnya. Sikatlah secara menyeluruh hingga ke sudut, sehingga kotoran dan kerak yang menempel pada lantai kamar mandi hilang, jadi terlihat seperti baru.

Cek Kondisi Saluran Air

Jangan lupa untuk mengecek kebersihan dan kondisi saluran air. Seringkali rambut yang rontok ataupun sisa sabun yang mengeras akan menyumbat aliran air, sehingga aliran air menjadi kurang lancar. Bersihkan semua kotoran yang menjadi penyebab gangguan saluran pembuangan air di kamar mandi Anda.

Itu tadi beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk bersihkan kamar mandi. Bagi Anda yang punya waktu cukup di rumah, dapat menerapkannya. Sedangkan bagi sebagian orang yang punya kesibukan di luar rumah, mungkin akan sulit untuk melakukan sendiri bersih-bersih kamar mandi. Namun, tidak perlu risau karena sekarang Anda dapat memesan layanan daily cleaning di Sejasa. Area kamar mandi dan ruangan lain di rumah Anda akan dibersihkan oleh penyedia jasa profesional.

Memanggil jasa layanan bersih rumah adalah solusi terbaik. Anda bisa mengunjungi website Sejasa.com dan download aplikasi Sejasa untuk menemukan penyedia jasa yang akan bantu bersih-bersih rumah. Pesan jasa daily cleaning sekarang untuk bikin rumah bersih, tertata rapi, dan nyaman.

layanan Daily Cleaning Sejasa dapat membantu membersihkan kamar mandi
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *