pengajuan pinjaman renovasi rumah

Ini Syarat untuk Pengajuan Pinjaman Renovasi Rumah

Pinjaman renovasi rumah adalah salah satu solusi keuangan bagi mereka yang ingin melakukan perbaikan rumah. Anda dapat menggunakan pinjaman bank ini dalam kasus di mana kebutuhan untuk renovasi lebih mendesak, tetapi Anda masih tidak memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Seperti yang Anda ketahui, renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika bagian rumah yang perlu diperbaiki cukup besar. Bahkan bagi mereka yang memiliki tabungan cukup, terkadang pinjaman bank masih menjadi pilihan untuk mendanai kebutuhan renovasi rumah.

Oleh karena itu, wajar jika pinjaman renovasi rumah masih populer di kalangan masyarakat. Selain itu, dibandingkan dengan produk sejenis lainnya seperti pinjaman tanpa agunan atau multiguna, pinjaman renovasi rumah memiliki keunggulan tersendiri bagi calon peminjam. Jika Anda salah satu orang yang membutuhkan renovasi segera, cari tahu tentang informasi detailnya sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke bank. Nah, simak penjelasan di bawah ini.

Tentang Pinjaman Renovasi Rumah

Banyak bank dan lembaga keuangan di Indonesia yang menawarkan produk pinjaman ini yang masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pinjaman renovasi rumah menawarkan tingkat bunga yang sangat rendah sekitar 9-13% per tahun. Selain itu, jangka waktu pinjaman saat ini cukup panjang dan bisa sampai 30 tahun dengan batas kredit yang besar. Tentu saja, ini akan membuat pembayaran bulanan Anda semakin mudah.

Namun, produk keuangan ini juga memiliki beberapa kelemahan. Pertama, yaitu adanya syarat agunan. Seperti halnya pinjaman multiguna, agunan atau jaminan diminta sebagai syarat pinjaman dalam pinjaman renovasi rumah. Jaminan yang diperlukan dalam hal ini adalah rumah atau tempat tinggal yang akan direnovasi. Ini berarti bahwa hanya mereka yang sudah memiliki rumah atau telah melunasi pembayaran KPR yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman. Bank akan membutuhkan sertifikat rumah Anda sebagai agunan pinjaman, dan jika sertifikat itu masih ada di bank pemberi KPR Anda, maka Anda tidak akan dapat memenuhinya.

Selain itu, proses aplikasi untuk pinjaman ini memiliki proses aplikasi yang sangat panjang, dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya. Gaji, lokasi dan kondisi rumah, persyaratan Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan lain-lain. Kerugian terakhir dari pinjaman renovasi rumah adalah hanya dapat membiayai hingga 80% dari total biaya renovasi yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan dana tunai sebesar 20% dari uang pribadi.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan

Secara umum, persyaratan untuk mengajukan pinjaman biasanya sebagai berikut:

Persyaratan Umum:

  • Warga Negara Indonesia
  • Bagi karyawan yang telah bekerja di perusahaan terakhir minimal satu tahun atau memiliki total pengalaman kerja minimal dua tahun
  • Pernah bekerja di bidang yang sama minimal dua tahun untuk pengusaha atau professional
  • Berusia paling sedikit 18 tahun atau sudah menikah
  • Untuk profesional atau pengusaha, usia maksimum pada saat pinjaman berakhir adalah 65 tahun.
  • Untuk karyawan, usia maksimal saat pinjaman berakhir adalah 55 tahun.

Persyaratan dokumen:

  • Formulir Pengajuan KPR dilengkapi pas foto
  • Fotocopy KTP/Kartu Identitas, Kartu Keluarga, Surat Nikah/Cerai, NPWP/SPT PPh 21
  • Rekening koran 3 (tiga) bulan terakhir
  • Surat Keterangan Domisili 
  • Surat Rekomendasi dari Sejasa.com
  • Surat Keterangan Usaha dari Lurah/Kades atau Dinas Pasar dari lokasi usaha pemohon yang menerangkan pemohon adalah pemilik usaha sendiri (bila memiliki usaha sendiri)
  • Memiliki catatan sederhana hasil penjualan (bila memiliki usaha sendiri)

Apabila persyaratan sudah disiapkan semua, maka Anda bisa menghubungi pihak bank untuk menanyakan prosedur pengajuan, sehingga Anda akan mendapatkan penjelasan yang detail dari pihak bank. Selanjutnya bank akan melakukan tahapan-tahapan untuk memverifikasi pengajuan pinjaman Anda. Dan apabila dari hasil verifikasi tersebut Anda dinyatakan layak menerima pinjaman maka bank akan memproses pinjaman Anda.

Pastikan untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum Anda mengajukan pinjaman ke bank untuk pengajuan renovasi rumah. Jika Anda membutuhkannya, Sejasa menyediakan fasilitas melalui BTN. Klik di sini untuk detailnya.

Jika Anda membutuhkan jasa kontraktor bangunan untuk proses renovasi atau perbaikan rumah, temukan jasa profesional dan terpercaya di Sejasa. Buat permintaan jasa melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. sekarang. Tim Sejasa akan membantu Anda untuk mewujudkan rumah impian yang nyaman dan tenang. Anda akan mendapatkan penawaran terbaik dari penyedia jasa profesional Sejasa. Tersedia pula layanan Project Controller yang akan memastikan kualitas proyek rumah Anda.

pinjaman renovasi rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *