tukang taman

Percantik Rumah Dengan Jasa Tukang Taman

Tidak ada yang lebih berharga daripada mendengarkan kicauan burung-burung dan suara daun dari pohon yang jatuh setiap kali angin bertiup. Bayangkan Anda berada tepat di taman rumah sendiri—lengkap dengan tanaman hijau, bunga yang berwarna-warni, dan tanah yang subur. Jasa tukang taman bisa jadi solusi ideal untuk Anda.

Rumah yang baik tidak hanya dinilai dari tampilan eksteriornya ataupun struktur yang kokoh. Namun rumah yang baik adalah yang juga mampu memberikan tempat tinggal yang sehat bagi penghuninya. Tentunya Anda setuju jika tempat tinggal yang sehat adalah rumah yang bersih, rapih, serta memiliki sirkulasi udara yang baik.

Salah satu cara menciptakan rumah yang sehat adalah dengan membuat taman kecil atau besar di sekitar maupun di dalam rumah. Taman pada rumah memiliki manfaat dari segi kesehatan dan keindahannya.

Taman pada rumah memiliki beragam bentuk, dari bentuk taman yang hanya terdiri dari beberapa tanaman di pot sampai taman besar di halaman belakang rumah Anda. Lebih dari sekedar tempat untuk menanam tumbuhan dan buah, sebuah taman dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, lingkungan dan kenyamanan untuk Anda. Manfaat dari adanya taman di rumah menjadikan biaya dan tenaga yang dikeluarkan untuk membuat atau memperbaiki taman menjadi sebanding dengan keuntungan yang didapatkan.

Berikut ini merupakan penjabaran manfaat dari taman pada rumah Anda:

Memberi Nilai Estetika

Sebuah taman pada rumah akan memberikan sentuhan yang berbeda. Dengan hadirnya taman akan menambah nilai estetika pada sebuah rumah. Adanya taman yang dipelihara dan ditata dengan baik akan meningkatkan kebersihan dan keindahan rumah Anda, sehingga akan semakin menambah nilai estetika. Taman rumah yang indah, dapat juga digunakan untuk Anda dan keluarga berkumpul dan bisa juga menjadi tempat anak-anak bermain.

Copy_of_img015__FILEminimizer_
Foto: Taman di halaman depan rumah oleh Tukang Taman DynarArt.

Penerangan Alami

Jika Anda sering merasa rumah Anda terlalu gelap, taman bisa menjadi solusi yang tepat. Taman pada rumah Anda dapat dijadikan tempat untuk menyerap sinar matahari, sehingga penerangan alami dapat dioptimalkan, Anda pun dapat menghemat penggunaan listrik di siang hari.

Memperlancar Sirkulasi Udara

Ruang yang baik haruslah menerapkan sistem cross ventilation atau udara mengalir lurus dari satu sisi ke sisi yang lain. Dengan adanya taman pada rumah Anda maka sistem ini akan mudah dilaksanakan. Salah satu ciri rumah yang sehat adalah jika udara mengalir lancar di dalam rumah.

Tempat Melepas Penat

Perasaan suntuk, marah, stres, gelisah biasanya datang karena aktifitas yang monoton. Oleh karena itu, taman sebagai ruang yang bersifat alami dapat dijadikan tempat untuk memperoleh udara segar sekaligus melepaskan kepenatan.

CP14
Foto: Taman dengan kolam renang oleh Tukang Taman Minimalis.

Manfaat Untuk Kesehatan Mata

Selain manfaat yang sudah dijelaskan di atas, memiliki taman pada rumah ternyata juga memiliki keuntungan sendiri untuk mata Anda. Betapa pentingnya tumbuhan hijau bagi makhluk hidup terutama untuk kesehatan mata. Jika Anda ingin mata Anda tetap sehat dan tidak sakit, ada baiknya Anda sering melihat tumbuhan hijau di taman, terutama di pagi hari.

Manfaat Lingkungan

Tanaman di taman Anda dapat mengurangi polusi udara karena kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida dan untuk memberikan lebih banyak oksigen dalam lingkungan. Taman juga dapat membantu dalam mengurangi polusi suara karena dapat membantu memblokir kebisingan.

Meningkatkan Nilai Properti

Sebuah taman yang indah dapat menambah nilai lebih untuk rumah Anda. Taman yang asri dan sehat dapat meningkatkan nilai jual rumah Anda. Maka sebaiknya Anda melakukan perawatan rutin untuk taman agar terjaga keasriannya.

KELAPA-GADING-Residences
Foto: Taman di Kelapa Gading Residences oleh Najwa Garden.

Berkebun Itu Menyenangkan!

Bagi sebagian orang dengan hobi bercocok tanam atau berkebun terutama bagi rumah tangga, taman pada rumah akan memudahkan mereka dalam menyalurkan hobinya tanpa harus keluar rumah. Tentu sangat menyenangkan untuk bercocok tanam di taman sendiri. Anda dapat meluangkan waktu untuk menanam dan menata taman seperti apa yang Anda inginkan. Bahkan Anda juga bisa menjadikan sebuah sudut di taman Anda untuk binatang peliharaan Anda. Memang, membuat taman dan merawatnya adalah pekerjaan yang tidak bisa dibilang ringan, namun hasilnya akan sangat memuaskan dan dapat dinikmati oleh seluruh keluarga. Anda dapat mempercayakan pembuatan taman yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda pada tukang taman yang profesional dan terpercaya.

Ada pun beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat taman pada rumah adalah sebagai berikut:

a. Menentukan tema. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema yang akan diaplikasikan sebelum melanjutkan ke tahapan lainnya. Tema yang saat ini umum dijadikan referensi di antaranya: Jepang, Bali, Tropis, dan minimalis. Namun sebaiknya dalam menentukan tema harus disesuaikan dengan luasan lahan. Bila lahan yang tersedia cukup luas, Anda dapat memilih model taman dengan jenis landscape yang beragam seperti tema Bali, ataupun Jepang. Jika lahan yang tersedia terbatas, sebaiknya pilihlah tema yang sederhana seperti model minimalis. Tema yang telah dipilih dapat dijadikan sebagai acuan untuk memilih tanaman, bunga ataupun ornamen yang mendukung tema terpilih.

b. Langkah kedua yang harus dilakukan adalah pembuatan instalasi. Instalasi listrik dan air harus dirancang dengan baik sehingga aman dan tidak menganggu perancangan maupun aktifitas pada taman.

c. Langkah ketiga adalah pemilihan tanaman. Pemilihan tanaman harus dilakukan secara cermat dan disesuaikan dengan kondisi lahan taman yang disediakan, intensitas matahari, serta suhu udara dan kelembaban. Sebagai contoh, apabila lokasi taman akan terkena banyak sinar matahari, sebaiknya pilihlah tanaman yang kuat terhadap sinar matahari, karena jika sebaliknya maka akan menyebabkan tanaman tidak berkembang atau mati.

Tentunya taman Anda akan terlihat menarik jika memiliki beragam variasi. Pilihlah tanaman tanaman yang berbeda-beda dari segi ukuran, jenis, warna, sehingga tidak monoton. Selain itu, penting untuk tetap memperhatikan keserasian posisi peletakkan tanaman agar taman terlihat rapih dan menarik.

d. Taman juga akan terlihat indah dan menarik jika Anda tepat memilih penghias taman, seperti pot tanaman, batu-batuan, pasir maupun benda pendukung lain yang akan memberikan kesan lebih pada taman.

e. Poin terakhir dari perencanaan taman adalah pencahayaan, karena pencahayaan yang tepat akan memberikan kesan indah dan mewah terutama di malam hari. Contoh yang bisa Anda lakukan misalnya dengan memasang lampu taman atau lampu sorot taman yang mengeksploitasi satu tanaman sebagai fokusnya. Dengan pencahayaan yang baik, Anda dapat tetap menikmati keindahan taman pada malam hari.

Temukan rekomendasi Tukang Taman di Sejasa.com!

tukang taman

Memiliki taman pada rumah merupakan salah satu langkah positif dalam menanggapi isu global warming saat ini. Begitu banyak manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan lahan untuk menjadi taman. Mari ciptakan taman impian untuk rumah idaman Anda. Yuk go green!

Temukan rekomendasi tukang taman yang terpercaya untuk kebutuhan pembuatan dan perawatan taman Anda.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *