Lakukan 3 Pijatan Ini untuk Mengatasi Flu dan Hidung Tersumbat

pijatan untuk mengatasi flu

Hidung tersumbat adalah keadaan yang sangat mengganggu siapapun, sehingga tidak nyaman saat beraktivitas. Saat hidung terasa tersumbat, ini bisa disebabkan oleh iritasi akibat menghirup polusi udara yang buruk, alergi, serta infeksi. Untuk mengobatinya, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter maupun melakukan pijatan. Simak penjelasan pijatan untuk mengatasi flu dan hidung tersumbat di bawah ini.

Penyebab Hidung Tersumbat 

Kondisi hidung tersumbat dapat terjadi akibat beberapa hal, berikut penjelasannya.

Flu

Flu atau influenza dapat menyerang tubuh seseorang pada sistem pernapasan yang meliputi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Keadaan ini dapat memicu hidung tersumbat.

Batuk Pilek

Batuk disertai pilek kerap terjadi apabila ada peradangan pada saluran pernafasan, tepatnya pada hidung dan tenggorokan. Saat merasakan batuk dan pilek, hidung pun juga dapat tersumbat.

Alergi

Disaat orang yang memiliki alergi terpapar zat penyebab alergi, tubuhnya akan bereaksi. Hal ini bisa menyebabkan adanya gangguan pada sistem pernapasan seperti bersin, pilek, hingga hidung tersumbat.

Sinusitis akut

Kondisi ini berkembang saat seseorang merasakan batuk dan pilek. Sinusitis akan membuat jaringan dalam hidung meradang dan membengkak, sehingga rongga hidung menyempit serta hidung tersumbat.

Pijatan untuk Meredakan Flu dan Hidung Tersumbat

Pijat Sinus Frontal

pijatan untuk mengatasi flu

Lakukan pijatan pada bagian tengah dahi, memanjang dari tulang alis ke bagian atas hidung. Ikuti beberapa langkah ini untuk melakukan pemijatan:

  • Bersihkan dan hangatkan tangan dengan merendamnya menggunakan air hangat.
  • Letakkan telunjuk dan jari tengah kedua tangan di tengah tulang alis.
  • Pijat lembut dengan gerakan melingkar, kemudian bergerak ke arah pelipis.
  • Pijat kembali ke tengah dahi, dan kembali ke arah pelipis. Lanjutkan selama kurang lebih 30 detik.

Pijat Sinus Maksilaris

pijatan untuk mengatasi flu

Pijatan ini berada pada bagian rongga berbentuk piramida yang di belakang pipi di kedua sisi hidung. Rongga ini memanjang dari bagian bawah mata hingga langit-langit mulut. Lakukan pijatan lembut pada area tersebut dengan gerakan memutar selama kurang lebih 30 detik.

Pijat Sinus Sphenoid dan Ethmoid

 

pijatan untuk mengatasi fluArea ini berada di tengah tengkorak, tepatnya di antara pangkal hidung dan tepi bagian dalam rongga mata. Pemijatan pada area ini bisa dilakukan dengan langkah:

  • Letakkan ibu jari dan jari telunjuk pada pangkal hidung.
  • Temukan ruang antara hidung dan sudut mata bagian dalam, kemudian beri tekanan perlahan pada area ini selama 15 detik.
  • Tekan dengan ibu jari dan jari telunjuk ke bagian bawah di sepanjang sisi hidung, lakukan pijatan selama 30 detik.

Tentang Layanan Pijat Panggilan Sejasa

Apabila Anda membutuhkan layanan pijat panggilan untuk meredakan kondisi tubuh yang kurang sehat, Anda bisa memesan Sejasa Massage. Terdapat layanan body massage dan layanan tambahan berupa pijat refleksi, totok wajah, srub, serta kerokan.

Terapis yang bergabung dengan layanan Sejasa Massage memiliki keterampilan sebagai terapis pijat. Selain itu, terapis telah mendapatkan pelatihan serta sertifikasi dari lembaga terkait. Dengan begitu, terapis yang akan memberikan layanan pijat adalah mereka yang berkualitas dan profesional.

Buat permintaan jasa pijat melalui aplikasi Sejasa maupun website sejasa.com. Terapis terbaik Sejasa akan datang langsung ke alamat Anda dengan peralatan yang lengkap. Pesan sekarang.

pijat untuk mengatasi flu
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *