Tanda-tanda AC Mengalami Sumbatan Serta Biaya Flushing AC

biaya flushing ac

Sebagai pengguna AC, Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai perawatan unit AC. Salah satunya adalah flushing. Teknik flushing merupakan cara menanggulangi kondisi AC yang tersumbat akibat adanya tumpukan kotoran pada saluran AC. Jika ini terjadi, maka akan menghambat kinerja AC dan memperpendek usia AC Anda. Tim Sejasa telah merangkum informasi mengenai tanda AC mengalami sumbatan, alasan penting dan biaya flushing AC.

Tanda-tanda AC Mengalami Sumbatan

Tekanan AC Tidak Stabil

Saat adanya sumbatan pada AC, tekanan di dalam AC akan cenderung tidak stabil. Keadaan ini dapat diketahui dengan penggunaan manifold gauge. Saat tekanan AC bermasalah, jarum pada alat ini akan bergerak tidak normal.

Ada Suara Aneh

Apabila Anda mendengar suara desiran air pada indoor maupun outdoor AC, menandakan ada masalah pada salurannya. Keadaan ini menyebabkan terhambatnya kinerja kompresor AC.

Alasan Pentingnya Melakukan Flushing AC

Apabila terdapat sumbatan kotoran pada AC, melakukan flushing adalah solusinya. Dengan begitu, sistem AC dapat bekerja lebih optimal. Berikut penjelasannya.

Sistem Akan Bekerja Maksimal

Dengan melakukan flushing AC, saluran AC jadi bersih dan proses pendinginan ruangan jadi lebih optimal.

Tekanan AC Lebih Stabil

Flushing akan membuat unit AC lebih stabil karena tidak ada kotoran yang membuat sistem terganggu.

Meringankan Kerja Kompresor

Saluran AC yang bersih akan memperlancar kinerja kompresor, sehingga dapat mensirkulasikan refrigerant pada sistem pendingin.

Konsumsi Daya Lebih Terkendali

Kinerja kompresor yang ringan akan berpengaruh baik pada konsumsi daya unit AC. Semakin ringan kerja kompresor, maka akan semakin kecil pula daya listrik yang diserap.

Biaya Flushing AC

Dengan keadaan saluran AC yang penuh kotoran, Anda harus segera melakukan flushing AC. Anda bisa memanggil teknisi service AC untuk melakukannya. Berikut adalah estimasi biaya flushing AC di Sejasa.

Layanan Biaya
Vacuum & Flushing AC Rp300.000
Flushing Evaporator Rp175.000
Vacuum Rp125.000

Anda dapat memanggil teknisi Sejasa untuk melakukan flushing AC. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membuat pemesanan jasa melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Anda bisa memilih layanan Service AC, dan memilih layanan vacuum dan flushing AC. Apabila terdapat kebutuhan jasa lainnya, Anda dapat menambahkannya.

Setelah selesai mengisi form, kami akan segera menghubungkan Anda dengan penyedia jasa yang nantinya akan menghubungi Anda langsung untuk detail pekerjaan. Sangat mudah dan praktis! Terdapat garansi hingga 30 hari untuk menjamin kualitas layanan. Anda juga bisa menemukan layanan service AC Sejasa di aplikasi Grab.

biaya flushing ac
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.