Renovasi dan Remodel Pada Properti, Apa Perbedaan Keduanya?

perbedaan renovasi dan remodel

Disaat ingin melakukan perubahan pada rumah, kata renovasi dan remodel sering digunakan. Baik dalam  lingkup real estate, jasa kontraktor, serta desain interior. Namun, ternyata kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Baik renovasi maupun remodel melibatkan perubahan fisik pada properti, namun berbeda dalam biaya dan jenis konstruksi yang dilakukan. 

Dengan mengetahui perbedaan renovasi dan remodel properti, akan sangat membantu untuk mengetahui proyek mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda pun dapat memiliki perencanaan anggaran dan ruang lingkup pengerjaannya.

Perbedaan Renovasi dan Remodel

Apabila dilihat dari definisi harfiah, renovasi adalah proses untuk mengembalikan ke kondisi yang lebih baik, atau membuat hal hal yang baru. Sedangkan remodelling bermakna mengubah struktur.

Renovasi merupakan proses menghidupkan kembali suatu properti agar terlihat lebih baik. Ini dapat berupa pengecatan ulang, memasang kembali lemari, mengganti lampu, hingga menambahkan sentuhan lainnya pada properti. Terlepas dari adanya perubahan tersebut, desain aslinya tidak berubah banyak. 

Misalnya, renovasi pada dapur rumah tidak hanya membuat ruangan lebih menarik, tapi juga menambah kesan personalisasi yang ramah. Merenovasi dapur akan membuatnya terasa lebih personal dan nyaman. 

Remodelling atau perombakan merupakan proses mengubah struktur properti. Ini lebih mengarah ke pembuatan ulang properti secara lengkap. Apabila Anda ingin mengerjakan proyek yang sepenuhnya mengubah tata letak, struktur, hingga gaya ruangan, maka disebut sebagai remodelling.

Contoh remodelling atau perombakan properti adalah ketika Anda ingin menggabungkan dapur dengan ruang makan, sehingga tata letaknya jadi lebih terbuka. Tidak hanya itu, apabila Anda ingin memasang kabinet atau meja tengah dapur untuk menciptakan ruang memasak yang lebih fungsional, maka ini termasuk remodelling.

Pada dasarnya, proyek yang melibatkan perubahan drastis pada ruangan sehingga memberikan tampilan dan nuansa baru adalah remodelling, bukan renovasi.

Renovasi Remodeling
Melibatkan pembaruan Mengubah struktur atau tata letak
Lingkup pengerjaan kecil Lingkup pengerjaan lebih besar
Menghidupkan kembali ruangan tanpa perubahan yang besar Dapat mengubah fungsi suatu area
Umumnya pengerjaan lebih sederhana dan dilakukan oleh sejumlah tenaga kerja Melibatkan banyak tenaga kerja
Umumnya tidak memerlukan izin untuk pengerjaan Sering membutuhkan izin
Biaya lebih sedikit dibanding remodel Biaya sangat mahal

Contoh Pengerjaan Renovasi vs Remodel

Berikut adalah contoh pengerjaan renovasi yang umumnya dilakukan pada properti:

  • Pengecatan ulang
  • Memasang perlengkapan lampu baru
  • Mengganti jendela
  • Memperbarui peralatan
  • Menambahkan perangkat keras baru
  • Mengganti ubin atau lantai
  • Mengganti sistem yang sudah rusak

Sedangkan contoh pengerjaan remodelling yang umumnya dilakukan adalah:

  • Menggabungkan dua kamar menjadi satu
  • Memasang meja tengah dapur
  • Menaikkan langit-langit
  • Mengubah tata letak ruangan

Bagaimana Perbandingan Biayanya?

Proyek renovasi dapat diperkirakan biayanya tergantung proyeknya seperti apa dan seberapa banyak bagian rumah yang dilakukan perbaikan. Dalam kebanyakan kasus, renovasi akan menjadi pilihan yang lebih murah daripada remodel atau merombak.

Karena remodel akan melibatkan lebih banyak hal daripada renovasi, sehingga cenderung lebih mahal. Anda mungkin memerlukan bantuan jasa yang lebih profesional daripada yang Anda lakukan dalam renovasi. Bantuan ini bisa dari ahli seperti arsitek, tukang listrik, atau tukang ledeng. Selain itu, kebanyakan proyek remodel memerlukan izin, yang dapat menambah lebih banyak biaya.

Berikut adalah faktor-faktor yang perlu diperhitungkan dalam membuat anggaran biaya renovasi maupun remodel:

  • Bahan material (kayu, lantai, cat)
  • Tenaga kerja, kontraktor, biaya konsultasi
  • Izin pengerjaan (jika diperlukan)
  • Peralatan, perlengkapan, dan perangkat keras
  • Ukuran ruangan yang akan direnovasi atau remodel
  • Usia dan kondisi rumah

Itulah informasi mengenai perbedaan renovasi dan remodel pada properti. Jika Anda sedang membutuhkan jasa kontraktor, arsitek, maupun interior designer, bisa menemukannya pada Aplikasi Sejasa dan website sejasa.com. Kami akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa terbaik dan profesional di bidangnya. Anda pun bisa melihat review dan portofolio pengerjaan mitra.

Konsultasi gratis dan dapatkan saran mengenai harga, material, dan detail lainnya. Anda akan mendapatkan proteksi dari penipuan dan garansi dengan SejasaPay. Buat permintaan jasa sekarang.

perbedaan renovasi dan remodel
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *