seorang terapis sedang memberikan pijat kepada perempuan

Pijat Perut, Salah Satu Pijat Perempuan yang Banyak Manfaatnya

Pijat perut adalah salah satu jenis terapi pijat perempuan yang sering dilakukan untuk memanjakan diri setelah lelah beraktivitas seharian. Apalagi, bagi Anda yang sering mengalami sakit perut atau masalah pencernaan, maka pijat ini dapat membantu untuk meredakannya.

Apa saja manfaat dari pijat perut? Yuk, kita cari tahu jawaban selengkapnya lewat ulasan berikut ini.

Meredakan sembelit perut

seorang sedang melakukan pijat perut untuk perempuan

Dalam keadaan otot perut yang tegang, umumnya membuat kita susah buang air besar atau sembelit. Permasalahan ini dapat diatasi dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, serta dengan melakukan pijat perut.

Sebuah hasil penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal Gastroenterology Nursing tahun 2016, melibatkan dua kelompok peserta yang sama-sama terkena sembelit setalah operasi. Satu kelompok diberi perlakuan pijat perut, sedangkan kelompok lainnya tanpa diberi perlakuan pijat perut. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok yang diberi perlakuan pijat perut merasa gejala sembelitnya berkurang. Mereka pun tidak banyak meghabiskan banyak waktu ketika buang air besar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melakukan pijat perut secara tidak langsung mampu mengatasi gangguan perut sembelit.

Melancarkan saluran pencernaan

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice mengungkapkan bahwa pijat perut dapat melancarkan sistem pencernaan pada pasien yang menjalani operasi tabung endotrakeal. Tabung endotrakeal adalah tabung pernapasan yang dimasukkan ke dalam trakea pasien untuk membuka jalan napas, sehingga udara dapat mencapai paru-paru pasien.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa pasien yang rutin mendapatkan pijat perut selama 15 menit sebanyak dua kali dalam sehari selama tiga hari. Tidak hanya melancarkan pencernaan saja, namun mereka juga mengalami penurunan cairan dalam perut, lingkar perut dan durasi buang air besar yang turun drastis.

Mengurangi perut kembung

Bagi Anda yang sering mengalami perut kembung, pijat perut bisa menjadi solusi. Sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan bahwa tekanan lembut yang disertai gerakan memutar pada perut, efektif mengeluarkan gas dan kelebihan cairan di perut. Dengan begitu, perut kembung Anda akan perlahan membaik.

Meredakan gejala PMS

Sebagian wanita rutin melakukan pijat perut karena percaya terapi pijat perempuan ini dapat meredakan kram perut dan gejala PMS lainnya. Pijat perut memang bisa meredakan kram perut menjelang menstruasi.

Wanita yang rutin melakukan pijat perut 5 menit dalam sehari selama 6 hari berturut-turut menjelang haid, cenderung lebih jarang mengalami kram perut dibandingkan yang tidak melakukannya. Meskipun demikian, masih dibutuhkan lagi penelitian lebih lanjut mengenai hal ini, sehingga bisa memperoleh hasil yang akurat.

Hindari melakukan pijat perut sendiri tanpa bantuan terapis!    

Pijat perut memang memberikan banyak manfaat. Namun, melakukan pijat perut yang aman ialah dengan terapis profesional yang berpengalaman. Anda tidak disarankan untuk melakukan pijat perut sendiri tanpa memahami teknik khusus dari pijat perut ini. Hal tersebut akan sangat membahayakan kesehatan Anda.

Tekanan pijat perut yang terlalu keras dapat menyebabkan resiko memar atau cedera otot pada bagian perut. Itu akan menyebabkan otot melepaskan protein ke dalam aliran darah. Hal tersebut akan berdampak pada timbulnya radang yang menyebabkan rasa nyeri, bengkak dan pelemahan otot pada bagian tubuh yang terkena.

Agar mendapatkan manfaat pijat terutama untuk perempuan, pastikan melakukan pijat perut dengan terapis yang profesional dan bersertifikat. Temukan jasa layanan pijat perempuan hanya di aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Anda dapat menemukan terapis yang berpengalaman dengan kemampuan pijat yang enak.

Buat permintaan jasa massage dengan mengisi form, dalam waktu beberapa menit Anda akan mendapatkan notifikasi penawaran jasa oleh terapis Sejasa. Sangat praktis dan mudah. Anda pun tidak perlu keluar rumah, karena terapis akan datang langsung ke alamat Anda sesuai waktu yang dipilih.

layanan massage Sejasa dapat dipesan untuk kebutuhan pijat perempuan
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *