Ini 7 Manfaat Massage Wanita Setelah Melahirkan

massage wanita

Massage wanita setelah melahirkan atau yang disebut juga dengan pijat post partum memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Umumnya, pijatan ini dilakukan setelah 12 minggu pertama hari melahirkan. Pijat post partum menargetkan otot-otot tertentu di tubuh yang tegang setelah melahirkan dan meningkatkan suasana hati pada ibu baru untuk mempercepat pemulihan.

Manfaat Massage Wanita Setelah Melahirkan

Massage wanita atau post partum dikenal baik untuk mempercepat pemulihan setelah melahirkan dan memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya tentang 7 manfaat pijat post partum.

Mengurangi Perasaan Cemas

Banyak orang tua baru yang mungkin mengalami baby blues terkait dengan perubahan hormonal, tanggung jawab baru, dan keengganan untuk beradaptasi dengan tugas baru. Beberapa diantaranya bahkan mungkin mengalami depresi pasca persalinan. 

Depresi pasca persalinan adalah kondisi yang lebih serius dan cenderung bertahan lebih lama dari pada sindrom baby blues. Dukungan penuh oleh suami dan keluarga serta mendapatkan pijatan dapat membantu selama masa transisi ini. 

Dalam hal ini, pijatan bermanfaat untuk mengendurkan otot, meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan hormon stres, dan mereka juga memiliki efek relaksasi pada tubuh, yang dapat membantu mengelola stres. Dengan pijatan yang tepat, depresi dan kecemasan bisa berkurang.

Melancarkan Produksi ASI

Mendapatkan ASI eksklusif dari sang ibu adalah hadiah terbaik untuk bayi yang baru lahir. Namun terkadang proses menyusui bisa terkendala bagi beberapa ibu karena yang lain mungkin memiliki ASI yang kurang lancar. Terapi pijat dapat membuat tubuh si ibu jadi lebih rileks, melancarkan peredaran darah dan meningkatkan produksi ASI. 

Penelitian menunjukkan bahwa pijat dapat meningkatkan kadar prolaktin, atau hormon laktasi yang berperan dalam menyusui. Mendapatkan pijatan pada ibu akan membantu menjaga kesehatan sirkulasi dalam tubuh.

Menghilangkan Rasa Nyeri

Nyeri tubuh merupakan hal yang wajar yang akan dirasakan oleh wanita pasca melahirkan. Selain itu, menyusui dan mengasuh anak dapat memperburuk rasa nyeri di lengan, bahu, dan punggung. Mendapatkan pijatan adalah cara yang efektif untuk mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit tanpa menggunakan obat penghilang rasa sakit.

Menjaga Keseimbangan Hormon

Kadar estrogen dan progesteron sangat tinggi selama kehamilan, dan perlahan menurun setelah melahirkan. Tingkat hormon prolaktin dan oksitosin meningkat untuk memfasilitasi menyusui. Selain itu, juga sangat mungkin bahwa beberapa wanita memiliki kadar kortisol yang tinggi. Kortisol atau hormon stres ini, bisa diturunkan dengan mendapatkan pijatan. Menggunakan minyak esensial tertentu selama pemijatan juga dapat menyeimbangkan hormon dan suasana hati.

massage wanita

Membantu Mengurangi Pembengkakan

Banyak ibu yang merasa tubuhnya membengkak setelah melahirkan. Hal ini benar karena sekitar 50% volume cairan tubuh meningkat selama kehamilan dan persalinan. Massage wanita atau pijat dapat membantu mendistribusikan kembali air dalam tubuh dan meningkatkan drainase dan sirkulasi kelebihan cairan. Edema juga dipengaruhi oleh hormon yang berubah setelah lahir. Pijat juga dapat membantu mengatur hormon yang mengurangi pembengkakan.

Memperbaiki Postur dan Meningkatkan Stabilitas

Selama kehamilan, otot inti pada tubuh akan meregang dan melemah. Perubahan berat badan menyebabkan perubahan postur, dan perubahan hormonal menyebabkan melonggarnya jaringan ikat. Dengan mendapatkan pijatan setelah melahirkan, dapat membantu mengembalikan perubahan yang terjadi selama kehamilan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kelelahan setelah melahirkan dialami oleh sebagian besar wanita yang baru saja melahirkan. Ditambah lagi dengan merawat dan menjaga bayi selama 24 jam, yang akan mengurangi waktu tidur. Mendapatkan pijatan dapat membantu menghilangkan rasa lelah, meningkatkan relaksasi, dan meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang cukup adalah kunci pemulihan pasca persalinan. Ketika Anda mendapatkan istirahat yang cukup, segalanya akan terasa lebih baik, terutama dengan tidur malam yang nyenyak.

Sebelum melakukan pijatan untuk wanita pasca melahirkan, sebaiknya pastikan tubuh telah terasa nyaman. Selain itu, apabila persalinan dilakukan secara sesar, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kapan waktu yang aman untuk mendapatkan pijat.

Proses kehamilan 9 bulan lamanya mungkin memberikan tekanan penuh pada tubuh. Mendapatkan pijatan pasca melahirkan dapat menjadi solusi untuk mengembalikan tubuh ke kondisi semula serta menguatkan otot. Dengan begitu, ibu bisa mendapatkan kekuatannya kembali secara alami dan mempercepat masa pemulihan.

Itulah uraian tentang 7 manfaat massage bagi wanita setelah melahirkan, yang mungkin dapat bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda membutuhkan layanan massage wanita home service, bisa memesannya melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Kami akan menghubungkan Anda dengan terapis profesional dan berpengalaman.

massage wanita
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.