Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Pasang Keramik Kamar Mandi

Mendekorasi ruangan dalam rumah selalu menjadi hal yang menyenangkan dan challenging, bukan? Apalagi jika berhubungan dengan mendekorasi kamar mandi, banyak hal yang harus diperhatikan tapi selalu menyenangkan untuk dijalankan. Salah satu ornamen yang paling sering ditambahkan ke ruangan ini adalah: ubin! Tentunya Anda sudah melihat banyak jenis, motif dan juga warna dari ubin untuk kamar mandi dan Anda merasa Anda sudah siap untuk memasangnya di kamar mandi Anda. Tapi tunggu dulu, apakah Anda yakin Anda siap?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memasang ubin di kamar mandi rumah Anda untuk memberikan hasil yang maksimal. Dilansir dari houzz.co.uk, ini dia hal-hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan!

Apa Itu Tile Trim?

(sumber: pinterest.com)

Bagi Anda yang belum tahu, tile trim adalah alat yang digunakan untuk menutup ujung dari area yang dipasang ubin agar terlihat lebih rapi dan menutup permukaan ubin yang terbuka. Tile trim ini juga digunakan untuk melindungi bagian ujung ubin dari kerusakan. Anda bisa menggunakan tile trim berbahan plastik, aluminium atau stainless steel yang sesuai dengan konsep dari kamar mandi Anda.

Bisakah Saya Memasang Ubin di Atas Ubin?

(sumber: news24.com)

Jawabannya adalah ya. Tapi apakah situasi ini dianjurkan? Tidak. Namun jika Anda sangat ingin melakukan hal ini, Anda harus memastikan ubin lama Anda berada dalam keadaan well-sealed dan tidak terdapat rongga antara ubin dengan dinding. Anda dapat memasang ubin baru di atas ubin lama apabila ubin lama Anda lebih kecil dan lebih tipis dan dinding kamar mandi Anda dapat menahan beban dua lapis ubin. Perhatikan juga perekat yang digunakan dan transisi yang halus antara dua ubin. Dalam hal ini, Anda perlu ekstra berhati-hati!

Berapa Berat Maksimal yang Bisa Ditahan?

(sumber: freshome.com)

Jika Anda ingin memasang ubin di atas ubin lama, perhatikan akumulasi berat dari kedua ubin yang Anda gunakan. Mengapa? Karena dinding Anda hanya bisa menahan berat hingga pada batas tertentu, yaitu 20 kilogram per meter persegi yang di dalamnya termasuk dua ubin, perekat dan juga grout. Jadi pastikan Anda memperkirakan berat keduanya terlebih dahulu untuk menghindari kelebihan beban pada dinding.

Perekat Apa yang Harus Digunakan untuk Memoles Ubin?

(sumber: euroipse.org)

Dalam hal ini sebaiknya Anda menggunakan perekat campuran karena kandungan air di dalam perekat harus menguap terlebih dahulu melalui garis-garis grout agar perekat menjadi kering. Perekat lainnya yang disarankan adalah perekat dari bubuk semen dan juga perekat dari polimer yang sifatnya fleksibel dan lebih melekat pada permukaan dengan porositas rendah.

Apa yang Harus Saya Ketahui Tentang Memasang Ubin?

(sumber: navarravino.com)

Dalam memasang ubin, terutama ubin lantai, pastikan Anda mengetahui tipe permukaan lantai kamar mandi Anda. Jika lantai Anda bertipe concrete, tidak perlu menggunakan grout yang fleksibel. Sebaliknya, jika Anda memiliki lantai dengan tipe kayu, sebaiknya Anda menggunakan grout yang fleksibel. Nah, bagi Anda yang belum tahu, grout adalah jenis bahan yang digunakan untuk mengisi celah atau gap antar ubin.

Lebih Baik Keramik atau Porcelain?

(sumber: houzz.com)

Jawaban dari pertanyaan ini adalah tergantung preferensi Anda dan keluarga. Ubin porselen memiliki karakter lebih padat, lebih kuat dan lebih sering digunakan untuk penggunaan day-to-day. Sementara keramik adalah ubin yang sifatnya lebih ringan dan lebih mudah untuk dipotong. Namun kembali lagi, penggunaan keduanya dapat disesuaikan dengan tema dan konsep kamar mandi yang sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga.

Atau Menggunakan Batu Alam?

(sumber: marters.club)

Batu alam juga bisa menjadi opsi lain dari ubin kamar mandi Anda yang memberikan look natural serta elegan. Akan tetapi, Anda harus bekerja ekstra dalam melakukan sealing dari waktu ke waktu. Beberapa jenis batu juga rentan pada cairan-cairan seperti parfum dan cairan pembersih kamar mandi. Jika Anda sangat menginginkan tampilan batu alam tetapi tidak ingin melakukan perawatan ekstra, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan ubin porselen yang terlihat identik dengan batu asli, loh!

Bagaimana Saya Menyiapkan Dinding Sebelum Dipasang Ubin?

(sumber: kennedy-rs.com)

Persiapan sebelum memasang ubin adalah hal terpenting! Pastikan dinding dan lantai kamar mandi Anda bersih dari kotoran dan tidak basah. Anda bisa membersihkannya dengan cara biasa atau menggunakan vacuum cleaner. Selanjutnya, ratakan perekat ke permukaan yang akan dipasang ubin dan mulailah memasang ubin dengan menggerakkannya ke atas dan ke bawah agar perekat menempel dengan konsisten ke seluruh permukaan.

Setelah mengetahui hal-hal ini, Anda sudah siap untuk memasang ubin di kamar mandi rumah Anda! Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dengan instalasinya dan juga sesuaikan ubin dengan konsep kamar mandi Anda. Semoga berhasil!

Butuh Jasa Pemasangan Lantai? Percayakan Pada Sejasa.com!

Dapatkan Penawaran untuk Jasa Pemasangan Lantai di Sejasa.com

Pesan Jasa Pemasangan Lantai >>

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *